Promosi berasal dari kata promote dalam bahasa Inggris yang diartikan sebagai mengembangkan atau meningkatkan. Promosi merupakan salah satu komponen dari bauran pemasaran (marketing mix). Fungsi promosi dalam bauran pemasaran adalah untuk mencapai berbagai tujuan komunikasi dengan konsumen.Promosi merupakan aktivitas yang mengkomunikasikan keunggulan produk dan membujuk pelanggan sasaran untuk membelinya menurut Kotler dan Keller (2016:47).
Menurut Tjiptono dikembangkan oleh Budi (2015:1572) Promosi adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran yang merupakan aktifitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi atau membujukdan meningkatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli, dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.
Terdapat indikator yang menjadi suatu ciri dari variabel promosi yang dijadikan sebagai hal-hal yang membentuk variabel promosi
Indikator Promosi Menurut Para Ahli
-
Indikator promosi menurut Kotler dan Keller (2016:272)
- Pesan Promosi Adalah tolak ukur seberapa baik pesan promosi dilakukan dan disampaikan kepada pasar.
- Media Promosi Adalah media yang digunakan oleh perusahaan guna melaksanakan promosi.
- Waktu Promosi Adalah lamanya promosi yang dilakukan oleh perusahaan.
- Frekuensi Promosi Adalah jumlah promosi penjualan yang dilakukan dalam suatu waktu melalui media promosi penjualan.
-
Indikator promosi menurut Setyaningrum, Udaya dan Effendi (2015:233)
- Iklan dan publikasi bentuk presentasi dan menginformasikan tentang keberadaan perusahaan dan presentasi dan mendeskripsikan tentang gagasan, informasi memalui media tertentu seperti : koran, poster, radio, tv, papan iklan dan lain-lain .
- Penjualan pribadi sebuah presentasi oral dalam pembicaraan dengan satu atau beberapa pembeli prospektif, tujuannya melakukan penjualan.
- Promosi penjualan kegiatan- kegiataan pemasaran selain penjualan pribadi iklan atau publikasi dan usaha untuk menarik minat yang tujuannya adalah merupakan kegiatan jangka pendek.
Pembahasan terkait :
- Fungsi Pemasaran
- Aspek Aspek Minat Beli
- 4 Variabel Marketing Mix
- Kendala Pemasaran Online
- Sumber Informasi Konsumen
- Cara Kerja Pemasaran Online
- Komponen Pemasaran Online
- Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam
- Komponen Strategi Pemasaran
- Keuntungan Pemasaran Online
- Kekurangan Pemasaran Online
- Tujuan Pemasaran Menurut Ahli
- 7P Menurut Kotler dan Amstrong
- Karakteristik Jasa dan Contohnya
- 2 Jenis Saluran Pemasaran Online
- Fungsi Marketing Public Relations
- Strategi Marketing Public Relations
- Model Analisis SWOT dan Contohnya
- Indikator Promosi Menurut Para Ahli
- Konsep Pemasaran Menurut Para Ahli
- Pengertian Marketing Public Relations
- Indikator Minat Beli Menurut Para Ahli
- Pengertian Minat Beli Menurut Para Ahli
- Jenis Strategi Pemasaran dan Contohnya
- Indikator Pemasaran Online Menurut Ahli
- Elemen Penting Dalam Konsep Pemasaran
- Konsep Strategi Pemasaran dan Contohnya
- Pengertian Kepercayaan Menurut Para Ahli
- Konsep Inti Pemasaran Menurut Sudaryono
- Proses Manajeman Pemasaran Menurut Ahli
- Indikator Kualitas Produk Menurut Para Ahli
- Pengertian Analisis SWOT Menurut Para Ahli
- Dimensi Kualitas Pelayanan Menurut Tjiptono
- Manfaat Strategi Pemasaran Bagi Perusahaan
- Pengertian Kualitas Produk Menurut Para Ahli
- Pengertian Penetapan Harga Menurut Para Ahli
- Dua Elemen Pokok Penyusun Konsep Pemasaran
- Pengertian Pemasaran Online Menurut Para Ahli
- Dimensi Kepuasan Konsumen Menurut Para Ahli
- Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli
- Macam-Macam Media Promosi Pemasaran Produk
- Pengertian Kepuasan Pelanggan Menurut Para Ahli
- Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Produk
- Strategi Pemasaran Untuk Menarik Calon Pelanggan
- Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli
- Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen
- Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Strategi Pemasaran
- Manfaat Pemasaran Online bagi Konsumen dan Perusahaan
- Tahap Tahap dalam Proses Keputusan Pembelian Konsumen