Indikator Minat Beli Menurut Para Ahli Ferdinand

Indikator Minat Beli Menurut Para Ahli Ferdinand

Kotler (Rizky & Yasin, 2014) menyatakan bahwa minat membeli terjadi sebelum keputusan membeli. Minat membeli ialah suatu respon efektif atau proses merasa suka terhadap suatu produk namun belum sampai pada tahap pembelian. Kotler (Hidayat, Elita, & Setiaman, 2012) juga menyatakan minat membeli muncul setelah melalui proses melihat sehingga muncul keinginan untuk mencoba suatu produk hingga pada akhirnya ingin membeli agar dimiliki. Sementara menurut E. Jerome Mc. Carthy (Hidayat, Elita, & Setiaman, 2012) minat beli adalah dorongan yang timbul dalam diri seseorang untuk membeli suatu produk agar memenuhi kebutuhannya. Adapun indikator dari minat beli menurut Ferdinand (Hidayat, Elita, & Setiaman, 2012) dan minat beli menurut Ferdinand (2016:129) dalam Putri dan yathriri (2016:397-398), minat beli dapat diidentifikasi melalui indikator-indikator sebagai berikut :



Indikator Minat Beli Menurut Para Ahli

Indikator Minat Beli Menurut Ferdinand 2012

  1. Minat transaksional, yaitu kecenderurang individu untuk membeli suatu produk.
  2. Minat refrensial, yaitu kecenderungan individu untuk merefrensikan suatu produk kepada orang lain.
  3. Minat preferensial, yaitu minat yang menunjukkan perilaku individu yang menjadikan suatu produk pilihan utama. Pilihan utama ini hanya dapat digantikan jika terjadi sesuatu dengan produk tersebut.
  4. Minat eksploratif, yaitu minat yang menunjukkan perilaku individu yang selalu mencari informasi seputar produk yang diminati untuk mendukung sifat-sifat positif yang ada pada produk tersebut.



Indikator Minat Beli Menurut Ferdinand 2016

  1. Minat transaksional yaitu kecenderungan seseorang dalam membeliproduk.
  2. Minat referensial yaitu kecenderungan seseorang mereferensikan produk kepada orang lain.
  3. Minat preferensial yaitu menunjukan perilaku seseorang yang memiliki preferensial utama pada produk tersebut. Preferensi ini dapat diganti jika terjadi sesuatu dengan produk preferensinya.
  4. Minat eksploratif yaitu menunjukan perilaku seseorang yang selalu mencari informasi mengenai produk yang diminati atau mencari informasi lain yang akan mendukung sifat-sifat positif dari produk tersebut.

Dari beberapa definisi di atas, dapat disimpulkan minat membeli adalah dorongan yang timbul atas suatu produk untuk mencoba atau memiliki produk tersebut.

 

 

Pembahasan terkait : 

  1. Fungsi Pemasaran
  2. Aspek Aspek Minat Beli
  3. 4 Variabel Marketing Mix
  4. Kendala Pemasaran Online
  5. Sumber Informasi Konsumen
  6. Cara Kerja Pemasaran Online
  7. Komponen Pemasaran Online
  8. Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam
  9. Komponen Strategi Pemasaran
  10. Keuntungan Pemasaran Online
  11. Kekurangan Pemasaran Online
  12. Tujuan Pemasaran Menurut Ahli
  13. 7P Menurut Kotler dan Amstrong
  14. Karakteristik Jasa dan Contohnya
  15. 2 Jenis Saluran Pemasaran Online
  16. Fungsi Marketing Public Relations
  17. Strategi Marketing Public Relations
  18. Model Analisis SWOT dan Contohnya
  19. Indikator Promosi Menurut Para Ahli
  20. Konsep Pemasaran Menurut Para Ahli
  21. Pengertian Marketing Public Relations
  22. Indikator Minat Beli Menurut Para Ahli
  23. Pengertian Minat Beli Menurut Para Ahli
  24. Jenis Strategi Pemasaran dan Contohnya
  25. Indikator Pemasaran Online Menurut Ahli
  26. Elemen Penting Dalam Konsep Pemasaran
  27. Konsep Strategi Pemasaran dan Contohnya
  28. Pengertian Kepercayaan Menurut Para Ahli
  29. Konsep Inti Pemasaran Menurut Sudaryono
  30. Proses Manajeman Pemasaran Menurut Ahli
  31. Indikator Kualitas Produk Menurut Para Ahli
  32. Pengertian Analisis SWOT Menurut Para Ahli
  33. Dimensi Kualitas Pelayanan Menurut Tjiptono
  34. Manfaat Strategi Pemasaran Bagi Perusahaan
  35. Pengertian Kualitas Produk Menurut Para Ahli
  36. Pengertian Penetapan Harga Menurut Para Ahli
  37. Dua Elemen Pokok Penyusun Konsep Pemasaran
  38. Pengertian Pemasaran Online Menurut Para Ahli
  39. Dimensi Kepuasan Konsumen Menurut Para Ahli
  40. Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli
  41. Macam-Macam Media Promosi Pemasaran Produk
  42. Pengertian Kepuasan Pelanggan Menurut Para Ahli
  43. Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Produk
  44. Strategi Pemasaran Untuk Menarik Calon Pelanggan
  45. Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli
  46. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen
  47. Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Strategi Pemasaran
  48. Manfaat Pemasaran Online bagi Konsumen dan Perusahaan
  49. Tahap Tahap dalam Proses Keputusan Pembelian Konsumen

 

 




How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Manajemen Pemasaran