Kotler (Rizky & Yasin, 2014) menyatakan bahwa minat membeli terjadi sebelum keputusan membeli. Minat membeli ialah suatu respon efektif atau proses merasa suka terhadap suatu produk namun belum sampai pada tahap pembelian. Kotler (Hidayat, Elita, & Setiaman, 2012) juga menyatakan minat membeli muncul setelah melalui proses melihat sehingga muncul keinginan untuk mencoba suatu produk hingga pada akhirnya ingin membeli agar dimiliki. Sementara menurut E. Jerome Mc. Carthy (Hidayat, Elita, & Setiaman, 2012) minat beli adalah dorongan yang timbul dalam diri seseorang untuk membeli suatu produk agar memenuhi kebutuhannya. Adapun indikator dari minat beli menurut Ferdinand (Hidayat, Elita, & Setiaman, 2012) dan minat beli menurut Ferdinand (2016:129) dalam Putri dan yathriri (2016:397-398), minat beli dapat diidentifikasi melalui indikator-indikator sebagai berikut :
Indikator Minat Beli Menurut Para Ahli
Indikator Minat Beli Menurut Ferdinand 2012
- Minat transaksional, yaitu kecenderurang individu untuk membeli suatu produk.
- Minat refrensial, yaitu kecenderungan individu untuk merefrensikan suatu produk kepada orang lain.
- Minat preferensial, yaitu minat yang menunjukkan perilaku individu yang menjadikan suatu produk pilihan utama. Pilihan utama ini hanya dapat digantikan jika terjadi sesuatu dengan produk tersebut.
- Minat eksploratif, yaitu minat yang menunjukkan perilaku individu yang selalu mencari informasi seputar produk yang diminati untuk mendukung sifat-sifat positif yang ada pada produk tersebut.
Indikator Minat Beli Menurut Ferdinand 2016
- Minat transaksional yaitu kecenderungan seseorang dalam membeliproduk.
- Minat referensial yaitu kecenderungan seseorang mereferensikan produk kepada orang lain.
- Minat preferensial yaitu menunjukan perilaku seseorang yang memiliki preferensial utama pada produk tersebut. Preferensi ini dapat diganti jika terjadi sesuatu dengan produk preferensinya.
- Minat eksploratif yaitu menunjukan perilaku seseorang yang selalu mencari informasi mengenai produk yang diminati atau mencari informasi lain yang akan mendukung sifat-sifat positif dari produk tersebut.
Dari beberapa definisi di atas, dapat disimpulkan minat membeli adalah dorongan yang timbul atas suatu produk untuk mencoba atau memiliki produk tersebut.
Pembahasan terkait :
- Fungsi Pemasaran
- Aspek Aspek Minat Beli
- 4 Variabel Marketing Mix
- Kendala Pemasaran Online
- Sumber Informasi Konsumen
- Cara Kerja Pemasaran Online
- Komponen Pemasaran Online
- Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam
- Komponen Strategi Pemasaran
- Keuntungan Pemasaran Online
- Kekurangan Pemasaran Online
- Tujuan Pemasaran Menurut Ahli
- 7P Menurut Kotler dan Amstrong
- Karakteristik Jasa dan Contohnya
- 2 Jenis Saluran Pemasaran Online
- Fungsi Marketing Public Relations
- Strategi Marketing Public Relations
- Model Analisis SWOT dan Contohnya
- Indikator Promosi Menurut Para Ahli
- Konsep Pemasaran Menurut Para Ahli
- Pengertian Marketing Public Relations
- Indikator Minat Beli Menurut Para Ahli
- Pengertian Minat Beli Menurut Para Ahli
- Jenis Strategi Pemasaran dan Contohnya
- Indikator Pemasaran Online Menurut Ahli
- Elemen Penting Dalam Konsep Pemasaran
- Konsep Strategi Pemasaran dan Contohnya
- Pengertian Kepercayaan Menurut Para Ahli
- Konsep Inti Pemasaran Menurut Sudaryono
- Proses Manajeman Pemasaran Menurut Ahli
- Indikator Kualitas Produk Menurut Para Ahli
- Pengertian Analisis SWOT Menurut Para Ahli
- Dimensi Kualitas Pelayanan Menurut Tjiptono
- Manfaat Strategi Pemasaran Bagi Perusahaan
- Pengertian Kualitas Produk Menurut Para Ahli
- Pengertian Penetapan Harga Menurut Para Ahli
- Dua Elemen Pokok Penyusun Konsep Pemasaran
- Pengertian Pemasaran Online Menurut Para Ahli
- Dimensi Kepuasan Konsumen Menurut Para Ahli
- Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli
- Macam-Macam Media Promosi Pemasaran Produk
- Pengertian Kepuasan Pelanggan Menurut Para Ahli
- Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Produk
- Strategi Pemasaran Untuk Menarik Calon Pelanggan
- Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli
- Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen
- Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Strategi Pemasaran
- Manfaat Pemasaran Online bagi Konsumen dan Perusahaan
- Tahap Tahap dalam Proses Keputusan Pembelian Konsumen