Indikator Minat Beli Konsumen Menurut Ahli Kotler & Keller

Indikator Minat Beli Konsumen Menurut Ahli Kotler & Keller

Menurut Putri et al (2016) Minat beli adalah perilaku konsumen yang mempunyai keinginan untuk membeli suatu produk atau mengambil tindakan yang berhubungan dengan pembelian suatu produk tertentu.Minat beli diperoleh dari suatu proses belajar dan proses pemikiran yang membentuk suatu persepsi. Minat beli ini menciptakan suatu motivasi yang terus terekam dalam benaknya dan menjadi suatu keinginan yang sangat kuat yang pada akhirnya ketika seorang konsumen harus memenuhi kebutuhannya akan mengaktualisasikan apa yang ada didalami benaknya itu (Kotler, 2000).



Menurut Febiana(2014)menyatakan bahwa “minat merupakan salah satu aspek psikologis yang memiliki pengaruh cukup besar terhadap sikap perilaku”. Penilaian konsumen terhadap produk tergantung pada pengetahuannya akan informasi tentang fungsi sebenarnya dari produk tersebut, dengan demikian konsumen yang berminat untuk melakukan pembelian suatu produk dipengaruhi oleh informasi yang diterima.



Indikator Minat Beli Konsumen Menurut Ahli Kotler

Menurut Kotler & Keller (2007), minat beli dapat diidentifikasikan melalui indikator-indikator sebagai berikut :

  1. Minat transaksional, yaitu kecenderungan seseorang untuk membeli produk.
  2. Minat referensial, yaitu kecenderungan seseorang untuk mereferensikan produk kepada orang lain.
  3. Minat preferensial, yaitu minat yang menggambarkan perilaku seseorang yang memiliki preferensi utama pada produk tersebut. Preferensi ini hanya dapat diganti jika terjadi sesuatu dengan produk preferensi nya.
  4. Minat eksploratif, minat ini menggambarkan perilaku seseorang yang selalu mencari informasi mengenai produk yang diminatinya dan mencari informasi untuk mendukung sifat-sifat positif dari produk tersebut.

 

 

 

Pembahasan lainnya : 

  1. Fungsi Loyalitas Merek
  2. Manfaat Word Of Mouth
  3. Jenis Jenis Word Of Mouth
  4. Tujuan Promosi Menurut Tjiptono
  5. Elemen Program Kepuasan Pelanggan
  6. Tujuan Promosi Menurut Basu Swastha
  7. Jenis-Jenis dan Tingkatan Word Of Mouth
  8. Indikator Promosi Menurut Tjiptono 2008
  9. Dimensi Word Of Mouth Menurut Para Ahli
  10. Tugas Manajemen Pemasaran Menurut Ahli
  11. Cara Untuk Mengukur Kepuasan Pelanggan
  12. Faktor Yang Mempengaruhi Word Of Mouth
  13. Indikator Word Of Mouth Menurut Para Ahli
  14. Pengertian Word Of Mouth Menurut Para Ahli
  15. Proses Keputusan Pembelian Model Lima Tahap
  16. Karakteristik Word Of Mouth Menurut Para Ahli
  17. Indikator Kepuasan Pelanggan Menurut Tjiptono
  18. Indikator Kualitas Pelayanan Menurut Fandy Tjiptono
  19. Hubungan Word Of Mouth dengan Keputusan Pembelian
  20. Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian
  21. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pelaksanaan Promosi
  22. Metode Pengukuran Kepuasan Pelanggan Menurut Tjiptono
  23. Alat-Alat Yang Dapat Dipergunakan Untuk Mempromosikan Produk
  24. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen
  25. Cara Sederhana Yang Digunakan Untuk Mengukur Kepuasan Pelanggan

 

 

 






 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Manajemen Pemasaran