Indikator Loyalitas Merek Menurut Ahli Ballester

Indikator Loyalitas Merek Menurut Ahli Ballester

Brand atau merek menjadi hal dominan pada era globalisasi saat ini. Merek adalah salah satu faktor penting dalam kompetensi dan merupakan aset perusahaan yang bernilai. Merek juga sangat berpengaruh dalam menciptakan keunggulan bersaing melalui kapabilitasnya dibenak konsumen. Merek digunakan untuk memberikan diferensiasi produk dari pesaingnya. Dari brand inilah tercipta simbol atau aribut yang merupakan identitas dari merek itu sendiri dan bagi konsumennya. (Inong dalam Rini, 2010).



Asosiasi Pemasaran Amerika mengidentifikasikan merek (brand) sebagai “nama, istilah, tanda, symbol, rancangan, atau kombinasi dari semuanya, yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang atau jasa penjual atau kelompok penjual untuk mendiferensiasikannya dari produk atau jasa pesaing”. Dengan demikian, sebuah merek adalah produk atau jasa penambah dimensi yang dengan cara tertentu mendiferensiasikannya dari produk atau jasa lain yang dirancang untuk memuaskan kebutuhan yang sama (dalam Kotler & Keller, 2007 ).

Kotler & Armstrong (1997) mengartikan merek sebagai nama, kaidah, tanda, simbol, atau desain, atau kombinasi dari semua itu dengan tujuan mengidentifikasi barang atau jasa dari seorang penjual atau sekelompok penjual dan untuk membedakannya dari produk dan jasa pesaing.



Indikator Loyalitas Merek Menurut Ahli Ballester

Indikator loyalitas merek Menurut Ballester dan Aleman (2005:191) loyalitas merek secara umum dapat diukur dengan indikator sebagai berikut :

  1. Membeli merek yang sama secara terus menerus ketika membutuhkannya.
  2. Merekomendasikan kepada orang lain.
  3. Kekebalan terhadap merek lain.
  4. Puas dengan manfaat yang diberikan.

 

 

 

Pembahasan lainnya : 

  1. Fungsi Loyalitas Merek
  2. Manfaat-Manfaat Loyalitas Merek
  3. Tingkatan Brand Loyalty Loyalitas Merek
  4. Indikator Kepuasan Pelanggan Menurut Tjiptono

 

 

 






 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Manajemen Pemasaran