Kepuasan pelanggan telah menjadi fokus penting setiap organisasi atau perusahaan. Persaingan yang semakin ketat dimana semakin banyak produsen yang terlibat dalam penemuhan kebutuhan dan keinginan konsumen menyebabkan setiap perusahaan harus menempatkan orientasi pada kepuasan pelanggan sebagai salah satu tujuan pokok.
Kepuasan (satisfaction) berasal dari bahasa Latin “satis” (artinya cukup baik, memadai) dan “facio” (melakukan atau membuat).Kepuasan bisa diartikan sebagai “upaya pemenuhan sesuatu atau membuat sesuatu memadai”(Tjiptono, 2016:204)Kepuasan pelanggan adalah adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang dihasilkan dari membandingkan suatu produk atau kinerja yang dirasakan (atau hasil) terhadap harapan.Jika kinerja tidak sesuai harapan, pelanggan kecewa.Jika sesuai dengan harapan, pelanggan merasa puas.Jika kinerja melebihi harapan, pelanggan merasa sangat bahagia. (Kotler & Keller, 2016:153).
Dari beragam definisi kepuasan konsumen yang telah diteliti dan didefinisikan oleh para ahli pemasaran dapat disimpulkan bahwa kepuasan konsumen merupakan suatu tanggapan perilaku konsumen berupa evaluasi purna beli terhadap suatu barang atau jasa yang dirasakannya (kinerja produk) dibandingkan dengan harapan konsumen. Kepuasan konsumen ini sangat tergantung pada persepsi dan harapan konsumen itu sendiri. Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi dan harapan konsumen ketika melakukan pembelian suatu barang atau jasa adalah kebutuhan dan keinginan yang dirasakan oleh konsumen tersebut pada saat melakukan pembelian suatu barang atau jasa, pengalaman masa lalu ketika mengkonsumsi barang atau jasa tersebut serta pengalaman teman-teman yang telah mengkonsumsi barang atau jasa tersebut dan periklanan. Kepuasan pelanggan menurut Kotler dan Keller (2012:140) mempertahankan pelanggan merupakan hal penting dari pada mengikat pelanggan oleh karena itu, terdapat 4 indikator :
Indikator Kepuasan Pelanggan Menurut Kotler dan Keller
- Re-purchase adalah membeli kembali, dimana pelanggan tersebut akan kembali kepada perusahaan untuk mencari barang / jasa.
- Menciptakan Word-of-Mouth adalah Dalam hal ini, pelanggan akan mengatakan hal-hal yang baik tentang perusahaan kepada orang lain.
- Menciptakan Citra Merek adalah Pelanggan akan kurang memperhatikan merek dan iklan dari produk pesaing.
- Menciptakan keputusan adalah Pembelian pada Perusahaan yang sama : Membeli produk lain dari perusahaan yang sama.
Pembahasan terkait :
- Fungsi Pemasaran
- Aspek Aspek Minat Beli
- 4 Variabel Marketing Mix
- Kendala Pemasaran Online
- Sumber Informasi Konsumen
- Cara Kerja Pemasaran Online
- Komponen Pemasaran Online
- Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam
- Komponen Strategi Pemasaran
- Keuntungan Pemasaran Online
- Kekurangan Pemasaran Online
- Tujuan Pemasaran Menurut Ahli
- 7P Menurut Kotler dan Amstrong
- Karakteristik Jasa dan Contohnya
- 2 Jenis Saluran Pemasaran Online
- Fungsi Marketing Public Relations
- Strategi Marketing Public Relations
- Model Analisis SWOT dan Contohnya
- Indikator Promosi Menurut Para Ahli
- Konsep Pemasaran Menurut Para Ahli
- Pengertian Marketing Public Relations
- Indikator Minat Beli Menurut Para Ahli
- Pengertian Minat Beli Menurut Para Ahli
- Jenis Strategi Pemasaran dan Contohnya
- Indikator Pemasaran Online Menurut Ahli
- Elemen Penting Dalam Konsep Pemasaran
- Konsep Strategi Pemasaran dan Contohnya
- Pengertian Kepercayaan Menurut Para Ahli
- Konsep Inti Pemasaran Menurut Sudaryono
- Proses Manajeman Pemasaran Menurut Ahli
- Indikator Kualitas Produk Menurut Para Ahli
- Pengertian Analisis SWOT Menurut Para Ahli
- Dimensi Kualitas Pelayanan Menurut Tjiptono
- Manfaat Strategi Pemasaran Bagi Perusahaan
- Pengertian Kualitas Produk Menurut Para Ahli
- Pengertian Penetapan Harga Menurut Para Ahli
- Dua Elemen Pokok Penyusun Konsep Pemasaran
- Pengertian Pemasaran Online Menurut Para Ahli
- Dimensi Kepuasan Konsumen Menurut Para Ahli
- Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli
- Macam-Macam Media Promosi Pemasaran Produk
- Pengertian Kepuasan Pelanggan Menurut Para Ahli
- Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Produk
- Strategi Pemasaran Untuk Menarik Calon Pelanggan
- Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli
- Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen
- Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Strategi Pemasaran
- Manfaat Pemasaran Online bagi Konsumen dan Perusahaan
- Tahap Tahap dalam Proses Keputusan Pembelian Konsumen