Hubungan Word Of Mouth dengan Keputusan Pembelian

Hubungan Word Of Mouth dengan Keputusan Pembelian

Menurut Supranto & Limakrisna (2011:79) berpendapat bahwa, Word Of Mouth (WOM) yaitu dimana para individu saling menukar informasi, khususnya tentang hal-hal yang bagus sehingga dapat mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli dan akan membuat bisnis mencapai sukses. Andreas (2012) dalam Donni Juni Priansa (2017:338) mendefinisikan, WOM yaitu pesan tentang produk atau jasa suatu perusahaan, ataupun tentang perusahaan itu sendiri, dalam bentuk komentar tentang kinerja produk, keramahan, kejujuran, kecepatan pelayanan, dan hal lainnya yang dirasakan dan dialami oleh seseorang yang disampaikan kepada orang lain.



Priansa (2017:339) mendefinisikan, WOM sebagai kegiatan pemasaran dalam memberikan informasi suatu produk/jasa dari satu konsumen kepada konsumen lainnya untuk membicarakan, mempromosikan, dan mau menjual suatu Merek kepada orang lain. Berikut ini merupakan suatu hubungan word of mouth dengan keputusan pembelian adalah..

 

 



Hubungan Word Of Mouth dengan Keputusan Pembelian

Donni Juni Priansa (2017:339) mendefinisikan, WOM sebagai kegiatan pemasaran dalam memberikan informasi suatu produk/jasa dari satu konsumen kepada konsumen lainnya untuk membicarakan, mempromosikan, dan mau menjual suatu Merek kepada orang lain. Menurut Putra (2015) pada penelitiannya yang berjudul, Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cafe Roti Gempol Dan Kopi Anjis. Menunjukan bahwa hasil penelitian Word Of Mouth secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Cafe Roti Gempol dan Kopi Anjis.

WOM dan pembelian positif saling berhubungan dalam artian ketika konsumen usai mengkonsumsi suatu produk atau jasa akan memberikan sebuah komentar terhadap apa yang sudah dikonsumsinya. Selanjutnya konsumen akan membicarakan produk atau jasa tersebut kepada orang lain sehingga terjadi komunikasi dari mulut ke mulut sekaligus juga merupakan proses pemasaran WOM. Dua nilai yang didapat yaitu kesan positif akan Merekomendasikan kepada konsumen lain sehingga memicu untuk melakukan pembelian ulang, sebaliknya jika mendapat kesan negatif maka tidak akan adanya rekomendasi untuk membeli produk atau jasa tersebut.

 

 



 

 

 

Pembahasan lainnya : 

  1. Manfaat Word Of Mouth
  2. Jenis Jenis Word Of Mouth
  3. Tujuan Promosi Menurut Tjiptono
  4. Tujuan Promosi Menurut Basu Swastha
  5. Jenis-Jenis dan Tingkatan Word Of Mouth
  6. Indikator Promosi Menurut Tjiptono 2008
  7. Dimensi Word Of Mouth Menurut Para Ahli
  8. Faktor Yang Mempengaruhi Word Of Mouth
  9. Indikator Word Of Mouth Menurut Para Ahli
  10. Pengertian Word Of Mouth Menurut Para Ahli
  11. Proses Keputusan Pembelian Model Lima Tahap
  12. Karakteristik Word Of Mouth Menurut Para Ahli
  13. Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian
  14. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pelaksanaan Promosi
  15. Alat-Alat Yang Dapat Dipergunakan Untuk Mempromosikan Produk
  16. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen

 

 

 






 

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Manajemen Pemasaran