Thomas L. Harris dalam bukunya The Marketer’s Guide to Public Relations (New York: John Wiley & Sons, Inc, 1993) menyebutkan perluasan fungsi public relations untuk mendukung tujuan pemasaran suatu organisasi membentuk istilah marketing public relations (MPR). Lebih lanjut Harris menjelaskan bahwa :
“In its market-support function, public relations is used to achieve a number of objectives. The most important of those are to raise awareness, to inform and educate, to gain understanding, to build trust, to make friends, to give people reasons to buy and finally to create a climate of consumer acceptance”.
Dari penjelasan di atas dapat diuraikan bahwa dalam perannya sebagai pendukung fungsi marketing, public relations berfungsi untuk :
Fungsi Marketing Public Relations
- Membangkitkan awareness khalayak tentang keberadaan produk perusahaan
- Memberi informasi dan edukasi seputar produk
- Memberi pemahaman, untuk membantu memberikan alasan khalayak membeli produk
- Menciptakan suasana harmonis antara konsumen dan produk dan perusahaan membangun kepercayaan antara konsumen dengan produk
Sementara itu Silih Agung Wasesa menambahkan peran marketing public relations dengan menggabungkan pendapat Thomas L. Harris dengan Rhenald Khasali sebagai berikut :
- Memberikan edukasi kepada konsumen; edukasi penggunaan produk yang sudah diluncurkan edukasi produk yang akan diluncurkan, edukasi manfaat produk
- Meluncurkan merek dan atau produk; meluncurkan kembali merek-merek lama, meluncurkan produk baru sebelum iklan komersial, meluncurkan produk saat tidak ada anggaran untuk iklan, meluncurkan ulang produk-produk yang sudah ada, mengenalkan produk baru pada kalangan media (press launching)
- Membangun event merek
- Mengembangkan pelayanan publik kepada konsumen; mengembangkan akses informasi konsumen ke perusahaan, menindaklanjuti keluhan baik langsung maupun dari surat pembaca
- Membantu media melakukan tes produk; memberi edukasi kepada media mengenai produk, memberi pemahaman terhadap cara-cara penggunaan produk dan kelebihannya mengajak media dan masyarakat untuk melihat proses pembuatan produk; kunjungan pabrik untuk media dan masyarakat, kunjungan ke media atau tempat-tempat publik untuk sosialisasi fungsi dan kelebihan produk, pemberian kesempatan kepada mediadan masyarakat untuk mengetes sendiri kehebatan produk.
Pembahasan terkait :
- Fungsi Pemasaran
- 4 Variabel Marketing Mix
- Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam
- Komponen Strategi Pemasaran
- Keuntungan Pemasaran Online
- Kekurangan Pemasaran Online
- Tujuan Pemasaran Menurut Ahli
- 7P Menurut Kotler dan Amstrong
- 2 Jenis Saluran Pemasaran Online
- Fungsi Marketing Public Relations
- Strategi Marketing Public Relations
- Model Analisis SWOT dan Contohnya
- Konsep Pemasaran Menurut Para Ahli
- Pengertian Marketing Public Relations
- Jenis Strategi Pemasaran dan Contohnya
- Elemen Penting Dalam Konsep Pemasaran
- Konsep Strategi Pemasaran dan Contohnya
- Konsep Inti Pemasaran Menurut Sudaryono
- Proses Manajeman Pemasaran Menurut Ahli
- Pengertian Analisis SWOT Menurut Para Ahli
- Manfaat Strategi Pemasaran Bagi Perusahaan
- Dua Elemen Pokok Penyusun Konsep Pemasaran
- Pengertian Pemasaran Online Menurut Para Ahli
- Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli
- Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli