Rudi Susilana dan Cepi Riyana (2009:10) berpendapat bahwa media pembelajaran bukan merupakan fungsi tambahan, tetapi memiliki fungsi tersendiri yaitu sebagai sarana alat bantu pembelajaran yang lebih efektif. Selain itu, penggunaan media pembelajaran bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses belajar. Hal ini sesuai dengan pendapat yang dikemukakan oleh Nana Sudjana dan Ahmad Rivai (2005:2) bahwa media pengajaran dapat mempertinggi proses belajar peserta didik dalam pengajaran yang pada gilirannya diharapkan dapat mempertinggi hasil belajar yang dicapainya. Berikut adalah beberapa fungsi dari media pembelajaran menurut Rudi Susilana dan Cepi Riyana (2009:10) :
Fungsi dan Manfaat Media Pembelajaran Beserta Contohnya
- Penggunaan media pembelajaran bukan merupakan fungsi tambahan, tetapi memiliki fungsi tersendiri yaitu sebagai sarana alat bantu pembelajaran yang lebih efektif.
- Media pembelajaran penggunaanya harus relevan dengan kompetensi yang ingin dicapai. Fungsi ini mengandung makna bahwa penggunaan media pembelajaran harus selalu melihat kepada kompetensi dan bahan ajar.
- Media pembelajaran bisa berfungsi untuk mempercepat proses belajar. Fungsi ini mengandung makna bahwa penggunaan media pembelajaran peserta didik dapat menangkap tujuan pembelajaran dengan lebih mudah dan cepat.
- Media pembelajaran berfungsi untuk meningkatkan kualitas proses belajar. Pada umumnya hasil belajar peserta didik dengan bantuan media pembelajaran akan tahan lama sehingga kualitas pembelajaran memiliki nilai yang tinggi.
- Media pembelajaran meletakkan dasar-dasar konkret untuk berfikir, oleh karena itu dapat mengurangi terjadinya verbalisme.
Manfaat Media Pembelajaran Beserta Contohnya
Setelah melihat dari penjabaran fungsi media pembelajaran di atas, penggunaan media pembelajaran menurut Arsyad (2011:26) memiliki beberapa manfaat, yaitu :
- Memperjelas penyajian informasi yang diberikan oleh guru sehingga memperlancar proses pembelajaran.
- Meningkatkan motivasi, interaksi, langsung antara peserta didik dengan lingkungan, proses belajar mandiri, dan perhatian peserta didik.
- Mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan daya indera.
- Memberikan kesamaan pengalaman kepada peserta didik tentang peristiwaperistiwa di lingkungan mereka.
Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa tujuan penggunaan media pembelajaran adalah memperjelas penyampaian pesan atau materi pembelajaran dari guru kepada peserta didik dan menutupi keterbatasan pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman peserta didik dalam menerima materi pembelajaran.