Faktor Yang Mempengaruhi Penempatan Pegawai

Faktor Yang Mempengaruhi Penempatan Pegawai

Penempatan pegawai merupakan usaha manajemen untuk mengisi setiap posisi yang lowong dalam suatu organisasi dengan pegawai yang memenuhi syarat pada saat dibutuhkan. Proses seleksi dan penempatan pegawai di dalam perusahaan sesuai dengan bidang peminatan dan keahlian yang dimilikinya juga, karenanya berpengaruh bagi produktivitas perusahaan. Proses seleksi dan penempatan yang baik dan benar akan membuat pegawai memiliki semangat dalam bekerja, karena bidang yang digelutinya merupakan apa yang diminati oleh dirinya dan pekerjaan itu merupakan sesuatu hal yang dikuasai dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah proses seleksi dan penempatan pegawai berpengaruh terhadap produktivitas kerja pegawai.



Menurut Bambang wahyudi yang dikutip suwatno (2003: 129) dalam melakukan penempatan pegawai hendaknya mempertimbangkan faktorfaktor sebagai berikut :

Faktor Yang Mempengaruhi Penempatan Pegawai

  • Pendidikan

    Pendidikan yang harus dimiliki oleh seorang pegawai, pendidikan minimum yang disyaratkan meliputi :

    1. Pendidikan yang disyaratkan
    2. Pendidikan alternatif
  • Pengetahuan kerja

    Pengetahuan yang yang harus dimiliki oleh seorang pegawai dengan wajar yaitu pengetahuan kerja ini sebelum ditempatkan dan yang baru diperoleh pada waktu pegawai tersebut bekerja dalam pekerjaan tersebut.

  • Keterampilan kerja

    Kecakapan atau keahlian untuk melakukan suatu pekerjaan yang harus diperoleh dalam praktek, keterampilan kerja ini dapat dikelompokan menjadi 3 (tiga) kategori yaitu :

    1. Keterampilan mental, seperti menganalisa data, membuat keputusan dan lain-lain.
    2. Keterampilan fisik, seperti membetulkan listrik, mekanik dan lain lain.
    3. Keterampilan sosial, seperti memengaruhi orang lain, mewarkan barang atau jasa dan lain-lain.



  • Pengalaman kerja

    Pengalaman seorang pegawai untuk melakukan pekerjaan tertentu. Pengalman kerja dapat menjadi bahan pertimbangan untuk :

    1. Pekerjaan yang harus ditempatkan
    2. Lamanya melakukan pekerjaan

Dalam melakukan penempatan terhadap pegawai, hendaknya manajemen perusahaan tidak terlalu terpaku kepada prestasi akademis dari seorang calon pegawai, hal ini disebabkan karena ternyata kemampuan, keterampilan, keahlian dan pengalaman dari seorang calon pegawai memiliki hubungan yang lebih kuat terhadap prestasi kerja pegawai tersebut dibandingkan tingkat pendidikan ataupun tingkat kecerdasan yang dimilikinya.

 

 

 

Pembahasan lainnya :

 

 

 






 

 

 

Sumber : http://eprints.ipdn.ac.id/2402/1/Buku%20GATI%20dan%20EKO%20Kependudukan%20LENGKAP.pdf

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Manajemen SDM