Faktor-Faktor yang mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Menurut Ahli Sudjana

Faktor-Faktor yang mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Menurut Ahli Sudjana

Pencapaian hasil belajar dipengaruhi oleh banyak faktor, sehingga tidaklah mengherankan apabila hasil belajar dari setiap siswa dalam satu kelas mempunyai nilai yang bervariasi. Keragaman tingkat prestasi siswa seiring dengan perbedaan siswa dalam faktor-faktor tersebut, baik secara secara internal maupun eksternal. Nana Sudjana mengemukakan ada lima faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu :

Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Menurut Sudjana

  1. Bakat siswa
  2. Waktu yang tersedia untuk belajar
  3. Waktu yang diperlukan siswa untuk menjelaskan pelajaran
  4. Kualitas pengajaran
  5. Kemampuan individu



Hasil belajar sangat bergantung pada kualitas belajar. Kualitas belajar dipengaruhi oleh faktor-faktor individual (faktor internal) dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi intelegensi, bakat, minat, motivasi, dan lain-lain sedangkan faktor eksternal adalah segala hal yang berada di luar individu siswa yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa seperti lingkungan belajar, kemampuan guru mengajar, waktu belajar, dan lain-lain.

Faktor internal merupakan faktor yang paling penting dan dominan dalam mempengaruhi kualitas belajar seseorang. Burhanuddin Salam menjelaskan bahwa :

Kegagalan mencapai prestasi akademik di sekolah bersumber dari emosi, baik gangguan yang tergolong abnormalitas, maupun normal dalam bentuk antara lain frustasi, kemarahan, tekanan, persaingan, dan ketegangan dalam masa kritik.



Demikian juga, Djamarah menjelaskan bahwa “dalam proses belajar, motivasi sangat diperlukan sebab seseorang yang tidak mempunyai motivasi dalam belajar, tak mungkin melakukan aktifitas belajar . Disamping faktor motivasi juga ada faktor lain, seperti minat dan perhatian, sikap dan kebiasaan belajar, ketekunan, faktor fisik dan psikis. Selain faktor internal, terdapat pula faktor eksternal yaitu faktor-faktor yang berada di luar individu yang ikut mempengaruhi proses belajar siswa. Faktor eksternal tersebut meliputi faktor environmental (lingkungan) dan faktor instrument input. Faktor enviromental input atau faktor yang berasal dari lingkungan terdiri dari faktor lingkungan fisik dan faktor lingkungan sosial. Kedua bentuk lingkungan ini saling berinteraksi, saling mendukung dan secara simultan mempengaruhi proses dan hasil belajar siswa. Faktor-faktor tersebut meliputi :

  1. Faktor lingkungan fisik, yakni meliputi keadaan lingkungan yang berwujud keadaan suhu, kelembaban, termaksud kesehatan lingkungan alam di sekitar sekolah. Belajar pada suhu udara yang normal akan memberikan hasil yang lebih baik dari belajar pada keadaan suhu yang terlampau panas atau terlampau dingin.
  2. Faktor lingkungan sosial yakni manusia dan lainnya seperti lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat di mana anak bertempat tinggal dan melakukan interaksi sosialnya. Anak yang bertempat tinggal pada daerah kawasan yang tidak hiruk pikuk akan lebih baik proses belajarnya dari anak yang tinggal di lingkugan keributan atau kekacauan (tidak kondusif).



Dari uraian di atas, dapat diasumsikan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas belajar seseorang dapat dikatagorikan pada dua aspek yaitu faktor internal baik secara fisik maupun psiskis yang terjadi dalam diri seseorang dan faktor eksternal berupa kualitas mengajar guru, keadaan lingkungan, fasilitas pendukung, dll. Terdapat pula tiga unsur dalam kualitas pengajaran yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yakni kompetensi guru, karakteristik kelas, karakteristik sekolah dan proses interaksi sosial siswa. Dalam konteks ini selain faktor guru juga terdapat faktor interaksi sosial merupakan komponen yang sangat berpengaruhi terhadap hasil balajar siswa.

Berdasarkan berbagai penjelasan di atas, dapat simpulkan bahwa sejatinya hasil belajar adalah hasil yang diperoleh dari suatu proses belajar tertentu dan dipengaruhi oleh beberapa faktor yakni minat, kecerdasan, bakat, motivasi, dan kemampuan-kemampuan kognitif. Secara spesifik indikator hasil belajar siswa dapat dilihat secara nyata dari kemampuan kognitif yang biasanya ditunjukkan dalam nilai rapor atau ujian akhir.

 

 

Pembahasan lainnya : 

  1. Karakteristik Media Gambar
  2. Prinsip-Prinsip dalam Belajar
  3. Karakteristik Siswa Kelas 4 SD
  4. Pengertian Media Visual Gambar
  5. Unsur dan Prinsip Desain Busana 
  6. Jenis-Jenis Karangan dan Contohnya
  7. Pengertian Belajar Menurut Para Ahli
  8. Pengertian Seni Kaligrafi dalam Islam
  9. Ciri-Ciri Kreativitas Menurut Para Ahli
  10. Kelebihan dan Kekurangan Media Visual
  11. Pengertian Kreativitas Menurut Para Ahli
  12. Manfaat dan Efek Bahaya Sinar Matahari
  13. Langkah Langkah Membuat Desain Busana
  14. Pengertian Hasil Belajar Menurut Para Ahli
  15. Pengertian Media Visual Menurut Para Ahli
  16. Definisi Teknologi Pendidikan Menurut AECT
  17. Teori Perkembangan Bahasa Menurut Vygotsky
  18. Pengertian Karangan Narasi Menurut Para Ahli
  19. Kelebihan dan Kekurangan Media Visual Gambar
  20. Pengertian Media Audio Visual Menurut Para Ahli
  21. Pemanfaatan Media Gambar dalam Pembelajaran
  22. Klasifikasi Hasil Belajar Menurut Benyamin Bloom
  23. Tujuan Pembelajaran IPA di SD Menurut Kurikulum
  24. Pengertian Keterampilan Menulis Menurut Para Ahli
  25. Faktor-Faktor yang mempengaruhi Hasil Belajar Siswa
  26. Penggolongan Busana Pesta Menurut Enny Zuhni Khayati

 

 




How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Pendidikan