Volume penjualan adalah penjualan yangg berhasil dicapai aatau ingin dicapaioleh suatu perusahaanmemalui jumlah produk atau merek suatu perusahaan yang terjual dalam suatu jangka waktu tertentu (Kamelia, 2006:38). Volume penjualan adalah pencapaian yang dinyatakan secara kuantitatif dari segi fisik atau volume atau unit suatu produk. Volume penjualan merupakan suatu yang menandakan naik turunnya penjualan dan dapat dinyatakan dalam bentuk unit, kilo, ton atau liter (Rangkuti, 2009:207).
Menurut Kotler dalam Swasta dan Irwan (2014:423), indikator dari volume penjualan adalah :
- Mencapai volume penjualan tertentu
- Mendapat laba tertentu
- Menunjang pertumbuhan perusahaan
Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Volume Penjualan
- Kualitas barang
Turunnya mutu barang dapat mempengaruhi volume penjualan, jikabarang yang diperdagangkan mutunya menurun aka dapat menyebabkan pembelinya yang sudah menjadi pelanggan dapat merasakan kecewa sehingga mereka bisa berpaling kepada barang lain yang mutunnya lebih baik. - Selera konsumen
Selera konsumen tidaklah tetap dan dapat berubah setiap saat, apabila selera konsumen terhadap barang-barang yang kita perjualkan berubah maka volume penjualan akan menurun. - Servis terhadap pelanggan
Merupakan faktor pentinng dalam usaha memperlancar penjualan terhadap usaha dimana tingkat persaingan semakin tajam. Dengan adanya servis yang baik terhadap para pelanggan sehingga dapatmeningkatkan volume penjualan. - Persaingan menurunkan harga jual
Potongan harga dapat iberikan dengan tujuan agar penjual dengan keuntungan perusahaan dapat ditingkatkna dari sebelumnya. Potongan harga tersebut dpat diberikan kepada pihak tertentu dengan syarat-syarat tertentu pula.
Pembahasan terkait lainnya :
- Pengertian Komunikasi Pemasaran Terpadu Menurut Para Ahli
- Pengaruh Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian
- Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli
- Pengaruh Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian
- Pengaruh Persepsi Terhadap Keputusan Pembelian
- Faktor Yang Mempengaruhi Volume Penjualan
- Konsep Dasar Pengembangan Program IMC
- Pengertian Komunikasi Pemasaran Terpadu
- Unsur-Unsur Marketing Communication
- Unsur-Unsur Komunikasi Pemasaran
- Pengertian Merek dan Ekuitas Merek