Faktor Faktor Pembentuk Identitas Merek

Faktor Faktor Pembentuk Identitas Merek

Adanya faktor-faktor dalam membentuk identitas merek (brand identity) menurut Kotler dan Pfoertsch (2008) elemen brand adalah upaya visual yang bertindak untuk mengidentifikasi dan membedakan suatu produk atau jasa perusahaan. Elemen brand formal seperti nama, jenis logo, dan slogan bersatu untuk membentuk suatu identitas visual suatu brand atau perusahaan. Beberapa elemen brand identity adalah sebagai berikut :



Faktor Faktor Pembentuk Identitas Merek

  1. Nama Brand adalah yang pertama dan ekspresi terbesar atau wajah dari suatu produk. Nama yang dpilih dengan baik oleh suatu perusahaan produk atau jasa dapat menjadi asset yang berharga, seperti halnya brand itu sendiri. Nama brand akan digunakan dalam segala bentuk komunikasi antara perusahaan dengan konsumen.
  2. Logo adalah bentuk dari tampilan grafis dari nama brand atau perusahaan. Manusia cenderung lebih mudah menerima citra dan simbol dibanding yang lainnya, seperi logo yang kuat dapat memberi kohesi dan membangun kesadaran akan identitas brand, serta memudahkan pengenalan dan ingatan kembali. Oleh karena itu kekuatan akan simbol tidak boleh dianggap remeh.



  3. Slogan brand (Tagline) adalah kalimat yang mudah diingat dan dikenal yang seringkali menyertai nama brand dalam program komunikasi pemasaran. Slogan mempunyai tujuan utama yang mendukung citra merek yang diproyeksikan oleh nama dan logo merek. Contohnya, Yamaha dengan “Semakin di Depan”.
  4. Kisah Merek adalah kehidupan dalam perusahaan menjadi lebih penting jika memiliki kisah. Kisah bahkan memenangkan tempat berpijak yang penting dalam perdebatan tentang cara sebuah brand akan dibentuk di masa yang akan datang. Brand menjadi benar-benar spesial jika memiliki kisah semacam legenda tentang bagaimana perusahaan dimulai.

 

 



 

 

Pembahasan lainnya : 

  1. Elemen Brand Identity
  2. Fungsi Loyalitas Merek
  3. Pengukuran Brand Image
  4. Tingkatan Loyalitas Merek
  5. 6 Tingkat Pengertian Merek
  6. Manfaat dari Atribut Produk
  7. Tahapan Loyalitas Pelanggan
  8. Alternatif Strategi Pemasaran
  9. Pengertian Kepercayaan Merek
  10. Manfaat-Manfaat Loyalitas Merek
  11. Strategi Pemasaran Produk Adalah
  12. Indikator-Indikator Kualitas Produk
  13. Pengertian Merek Menurut Para Ahli
  14. Tujuan Kualitas Produk Menurut Ahli
  15. Indikator Loyalitas Merek Menurut Ahli
  16. Alasan Memproduksi Produk Berkualitas
  17. Dimensi Kualitas Produk Menurut Garvin
  18. Tingkatan Brand Loyalty Loyalitas Merek
  19. Tingkatan Produk Ada Lima Menurut Ahli
  20. Dimensi Kualitas Produk Menurut Tjiptono
  21. Pengertian Citra Merek Menurut Para Ahli
  22. Faktor Yang Mempengaruhi Brand Loyalty
  23. Manfaat Penggunaan Merek Bagi Produsen
  24. Indikator Brand Loyalty Menurut Para Ahli
  25. Pengertian Brand Image Menurut Para Ahli
  26. Pengertian Ekuitas Merek Menurut Para Ahli
  27. Unsur-Unsur Kualitas Produk dan Contohnya
  28. Pengertian Brand Identity Menurut Para Ahli
  29. Pengaruh Brand Image Terhadap Brand Trust
  30. Pengertian Kualitas Produk Menurut Para Ahli
  31. Klasifikasi Produk Berdasarkan Keberwujudan
  32. Pengertian Loyalitas Merek Menurut Para Ahli
  33. Hubungan Brand Trust dengan Brand Loyalty
  34. Hubungan Brand Image dengan Brand Loyalty
  35. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Brand Trus
  36. Indikator Kepuasan Pelanggan Menurut Tjiptono
  37. Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Merek
  38. Pengertian Kepercayaan Merek Menurut Para Ahli
  39. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Produk
  40. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Merek
  41. Cara Membangun Kepercayaan Konsumen Pelanggan
  42. Faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan Terhadap Merek

 

 






 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Manajemen Pemasaran