5 Dimensi Kualitas Pelayanan Menurut Tjiptono

5 Dimensi Kualitas Pelayanan Menurut Tjiptono

Menurut Parasuraman (Tjiptono, 2000.hal.70) kualitas pelayanan yaitu seberapa jauh perbedaan antara kenyataan dan harapan pelanggan atas layanan yang diterima atau diperoleh. Dalam kulitas pelayanan terdapat lima dimensi sebagai berikut :



5 Dimensi Kualitas Pelayanan Menurut Tjiptono

  1. Bukti Langsung (Tangibles)
    Penampilan fasilitas fisik, peralatan, personil, dan material komunikasi.
  2. Keandalan (Reliability)
    Kemampuan perusahaan untuk memberikan pelayanan secara akurat dan andal, dapat dipercaya, bertanggung jawab atas apa yang dijanjikan, tidak pernah memberikan janji yang berlebihan dan selalu memenuhi janjinya.
  3. Daya Tanggap (Responsiveness)
    Keinginan untuk membantu pelanggan dan memberikan pelayanan yang cepat dan tepat, selalu memperoleh definisi yang tepat dan segera mengenai pelanggan.
  4. Jaminan (Assurance)
    Kepemilikan keterampilan dan pengetahuan yang dimiliki staf untuk menimbulkan kepercayaan dan keyakinan konsumen, misalnya kesopanan dan rasa hormat, keramahan pelayanan.
  5. Empati (Empathy)
    Kemudahan untuk mendekati dan menghubungi, memberikan informasi kepada pelanggan dengan bahasa yang tepat, mengetahui pelanggan dan kebutuhan khususnya, peduli dan memberikan perhatian khusus kepada pelanggan.

 

 

Pembahasan lainnya : 

  1. Tujuan Pemasaran Menurut Ahli
  2. 7P Menurut Kotler dan Amstrong
  3. Karakteristik Jasa dan Contohnya
  4. 2 Jenis Saluran Pemasaran Online
  5. Fungsi Marketing Public Relations
  6. Strategi Marketing Public Relations
  7. Model Analisis SWOT dan Contohnya
  8. Konsep Pemasaran Menurut Para Ahli
  9. Pengertian Marketing Public Relations
  10. Jenis Strategi Pemasaran dan Contohnya
  11. Indikator Pemasaran Online Menurut Ahli
  12. Elemen Penting Dalam Konsep Pemasaran
  13. Konsep Strategi Pemasaran dan Contohnya
  14. Konsep Inti Pemasaran Menurut Sudaryono
  15. Proses Manajeman Pemasaran Menurut Ahli

 

 




How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Manajemen Pemasaran