Dimensi Kepuasan Konsumen Menurut Para Ahli

Dimensi Kepuasan Konsumen Menurut Para Ahli

Dimensi Kepuasan Konsumen Menurut Para Ahli

  1. Menurut Kotler dalam buku prinsip-prinsip marketing, bahwa perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara persepsi atau respon terhadap kinerja hasil dari produk yang diharapkan. istilah kepuasan pelanggan merupakan tindakan pelanggan yang terlihat, terkait dengan produk atau jasa.
  2. Menurut Wilkie dalam Fandy Tjiptono (2005:24) mendefinisikan kepuasan sebagai suatu tanggapan emosional pada evaluasi terhadap pengalaman konsumsi suatu produk atau jasa.
  3. Kotler (1997: 36) memberikan arti dari kepuasan konsumen yaitu tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan performansi (atau hasil) yang ia rasakan dibandingkan dengan harapannya.

Jadi tingkat kepuasan merupakan fungsi dari perbedaan antara kinerja yang dirasakan dengan harapannya. Apabila kinerja dibawah harapan, maka konsumen akan kecewa. Bila kinerja sesuai dengan harapan, konsumen akan puas. Sedangkan bila kinerja melebihi harapan, konsumen akan sangat puas. Harapan konsumen dapat dibentuk oleh pengalaman masa lampau, komentar dari kerabatnya serta janji dan informasi pemasar dan saingannya. Konsumen yang puas akan setia lebih lama, kurang sensitif terhadap harga dan memberi komentar yang baik tentang perusahaan.



Dimensi pengukuran kepuasan menurut Pasuraman dan Zeithaml (Simamora: 2012, 186), dalam melayani konsumen adalah :

  1. Responsiveness (ketanggapan). yaitu kemampuan untuk menolong pelanggan dan ketersediaan untuk melayani pelanggan dengan baik,.
  2. Reliability (keandalan) yaitu kemampuan untuk melakukan pelayanan sesuai yang dijanjikan dengan segera, akurat dan memuaskan.
  3. Emphaty (empati) yaitu rasa peduli untuk memberikan perhatian secara individual kepada pelanggan, memahami kebutuhan pelanggan, serta pengetahuan untuk dihubungi.
  4. Asurance (jaminan) yaitu pengetahuan, kesopanan petugas serta sifatnya yang dapat dipercaya sehingga pelanggan terbebas dari resiko.
  5. Tangibles (bukti langsung) meliputi fasilitas fisik, perlengkapan karyawan, dan sarana komunikasi. Dikatakan Philip Kotler dalam Saraswati (2008) yang menyatakan kunci untuk mempertahankan pelanggan adalah kepuasan pelanggan.



 

Menurut Dutka (dalam Melinda, 2008:11) terdapat tiga dimensi dalam mengukur kepuasan pelanggan secara universal yaitu :

  1.  Attributes related to product yaitu dimensi kepuasan yang berkaitan dengan atribut dari produk seperti penetapan nilai yang didapatkan dengan harga, kemampuan produk menentukan kepuasan, benefit dari produk tersebut.
  2. Attributes related to service yaitu dimensi kepuasan yang berkaitan dengan atribut dari pelayanan misalnya dengan garansi yang dijanjikan, proses pemenuhan pelayanan atau pengiriman, dan proses penyelesaian masalah yang diberikan.
  3. Attributes related to purchase yaitu dimensi kepuasan yang berkaitan dengan atribut dari keputusan untuk membeli atau tidaknya dari produsen seperti kemudahan mendapat informasi, kesopanan karyawan dan juga pengaruh reputasi perusahaan.

 

 

Pembahasan terkait : 

  1. Fungsi Pemasaran
  2. Aspek Aspek Minat Beli
  3. 4 Variabel Marketing Mix
  4. Kendala Pemasaran Online
  5. Sumber Informasi Konsumen
  6. Cara Kerja Pemasaran Online
  7. Komponen Pemasaran Online
  8. Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam
  9. Komponen Strategi Pemasaran
  10. Keuntungan Pemasaran Online
  11. Kekurangan Pemasaran Online
  12. Tujuan Pemasaran Menurut Ahli
  13. 7P Menurut Kotler dan Amstrong
  14. Karakteristik Jasa dan Contohnya
  15. 2 Jenis Saluran Pemasaran Online
  16. Fungsi Marketing Public Relations
  17. Strategi Marketing Public Relations
  18. Model Analisis SWOT dan Contohnya
  19. Indikator Promosi Menurut Para Ahli
  20. Konsep Pemasaran Menurut Para Ahli
  21. Pengertian Marketing Public Relations
  22. Indikator Minat Beli Menurut Para Ahli
  23. Pengertian Minat Beli Menurut Para Ahli
  24. Jenis Strategi Pemasaran dan Contohnya
  25. Indikator Pemasaran Online Menurut Ahli
  26. Elemen Penting Dalam Konsep Pemasaran
  27. Konsep Strategi Pemasaran dan Contohnya
  28. Pengertian Kepercayaan Menurut Para Ahli
  29. Konsep Inti Pemasaran Menurut Sudaryono
  30. Proses Manajeman Pemasaran Menurut Ahli
  31. Indikator Kualitas Produk Menurut Para Ahli
  32. Pengertian Analisis SWOT Menurut Para Ahli
  33. Dimensi Kualitas Pelayanan Menurut Tjiptono
  34. Manfaat Strategi Pemasaran Bagi Perusahaan
  35. Pengertian Kualitas Produk Menurut Para Ahli
  36. Pengertian Penetapan Harga Menurut Para Ahli
  37. Dua Elemen Pokok Penyusun Konsep Pemasaran
  38. Pengertian Pemasaran Online Menurut Para Ahli
  39. Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli
  40. Macam-Macam Media Promosi Pemasaran Produk
  41. Pengertian Kepuasan Pelanggan Menurut Para Ahli
  42. Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Produk
  43. Strategi Pemasaran Untuk Menarik Calon Pelanggan
  44. Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli
  45. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen
  46. Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Strategi Pemasaran
  47. Manfaat Pemasaran Online bagi Konsumen dan Perusahaan
  48. Tahap Tahap dalam Proses Keputusan Pembelian Konsumen

 

 




How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Manajemen Pemasaran