Definisi teknologi pendidikan menurut AECT
Ada beberapa pendapat tentang apa yang dimaksud dengan teknologi pendidikan. Istilah yang digunakan dalam bahasa Inggris adalah instructional technology atau educational technology. Definisi teknologi pendidikan selalu mengalami perubahan, baik itu rumusan yang diajukan oleh Association for Educational Communication and Technology (AECT) maupun para pakar lain. Pada rumusan teknologi pendidikan tahun 1977, AECT menghasilkan rumusan terpisah antara teknologi pendidikan dan teknologi pembelajaran (Prawiradilaga, 2012: 28). Perbedaannya adalah jika teknologi pendidikan cakupannya terletak pada proses belajar secara umum, sedangkan teknologi pembelajaran merujuk pada proses belajar yang terarah dan terpantau dalam cakupan yang lebih sempit atau khusus misalnya pada suatu kelas.
Rumusan tahun 1994, AECT merumuskan satu rumusan yaitu teknologi pembelajaran. AECT dalam Prawiradilaga (2012: 29) menyatakan bahwa :
“Instructional technology is the theory and practice of design, development, utilization, management, and evaluation of processes and resources for learning”
Definisi ini mengerucut dalam istilah yang digunakan yaitu teknologi pembelajaran kemunculan istilah teori dan praktik, bermakna mendalam. Teknologi pembelajaran menekankan adanya teori-teori yang memandu para praktisi untuk berkiprah lebih baik dengan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Selanjutnya masukan yang diperoleh dari lapangan diteliti agar apabila terjadi kekeliruan dalam teori yang telah ada dapat diperbaiki. Dengan demikian, landasan keilmuan teknologi pembelajaran menjadi lebih kukuh dan dinamis. Kemudian istilah proses menunjukkan bahwa teknologi pembelajaran bekerja sebagai suatu siklus dan berkesinambungan.
Selang sepuluh tahun kemudian yakni tahun 2004, AECT kemudian meluncurkan definisi terbarunya.
Educational technology is the study and ethical practice of facilitating learning and improving performace by creating, using, and managing appropriate technological processes and resources. (Januszewski dan Molenda dalam Prawiradilaga, 2012: 31)
Teknologi pendidikan adalah studi dan praktek etis memfasilitasi belajar dan meningkatkan kinerja dengan menciptakan, menggunakan, dan mengelola proses dan sumber teknologi yang tepat
Prawiradilaga (2012: 31), memaparkan beberapa keistimewaan definisi 2004 sebagai berikut :
- Belajar dan kinerja
Upaya peningkatan mutu kemampuan seseorang (human development) melalui jalur pendidikan formal, yaitu sekolah atau belajar serta jalur pendidikan dalam organisasi atau profesi sebagai peningkatan kinerja (performance improvement). - Proses teknologis dan sumber (technological processes and resources)
Kemajuan teknologi yang pesat ini tidak hanya berdampak pada kemajuan industri dan gaya hidup seseorang diperkotaan. Pendidikan dan pembelajaran juga tidak luput terkena dampak pengaruh perubahan yang cepat karena kemunculan teknologi dan jaringan global. Untuk itu, teknologi pembelajaran mengadopsi dan mengadaptasikan temuan mutakhir ini dalam proses belajar. - Mengindahkan etika dan estetika
Dampak penggunaan teknologi dam jaringan yang berlebihan menyebabkan kurangnya interaksi secara fisik. Komunikasi yang terjadi biasanya terjadi karena interaksi maya. Oleh karena itu, teknologi pendidikan dan pembelajaran merasa perlu mengingatkan setiap teknolognya akan pentingnya mengindahkan hak orang lain. Selanjutnya, berdasarkan definisi teknologi pendidikan tahun 1977, 1994.
Pembahasan lainnya :
- Karakteristik Media Gambar
- Prinsip-Prinsip dalam Belajar
- Karakteristik Siswa Kelas 4 SD
- Pengertian Media Visual Gambar
- Unsur dan Prinsip Desain Busana
- Jenis-Jenis Karangan dan Contohnya
- Pengertian Belajar Menurut Para Ahli
- Pengertian Seni Kaligrafi dalam Islam
- Ciri-Ciri Kreativitas Menurut Para Ahli
- Kelebihan dan Kekurangan Media Visual
- Pengertian Kreativitas Menurut Para Ahli
- Manfaat dan Efek Bahaya Sinar Matahari
- Langkah Langkah Membuat Desain Busana
- Pengertian Hasil Belajar Menurut Para Ahli
- Pengertian Media Visual Menurut Para Ahli
- Definisi Teknologi Pendidikan Menurut AECT
- Teori Perkembangan Bahasa Menurut Vygotsky
- Pengertian Karangan Narasi Menurut Para Ahli
- Kelebihan dan Kekurangan Media Visual Gambar
- Pengertian Media Audio Visual Menurut Para Ahli
- Pemanfaatan Media Gambar dalam Pembelajaran
- Klasifikasi Hasil Belajar Menurut Benyamin Bloom
- Tujuan Pembelajaran IPA di SD Menurut Kurikulum
- Pengertian Keterampilan Menulis Menurut Para Ahli
- Faktor-Faktor yang mempengaruhi Hasil Belajar Siswa
- Penggolongan Busana Pesta Menurut Enny Zuhni Khayati