Tokoh pendidikan nasional, Ki Hajar Dewantara sering menyebut-nyebut pepatah yang menggambarkan tugas seorang pemimpin dalam hal ini guru yaitu: Ing ngarsa sung tulada, Ing madya mangun karsa dan Tut wuri handayani. Jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia yaitu didepan memberi teladan, ditengah membangun semangat dan di belakang memberikan dorongan. Dari pepatah tersebut sudah jelas bahwa menjadi seorang pemimpin apalagi didalam kelas tidak perlu menunjukkan kekuasaan secara berlebihan kepada siswa dalam upaya mengarahkan mereka untuk mencapai tujuan pendidikan secara cepat dan efisien. Pemimpin dikelas hendaklah memberi teladan, membangun semangat dan menanamkan pengaruh yang baik supaya siswa memiliki prilaku yang baik seperti yang ditetapkan dalam tujuan pendidikan.
Pengertian kepemimpinan dikemukakan oleh para ahli.
- Menurut George R. Terry, dalam buku pemimpin dan kepemimpinan (Tambunan, 2015:44), kepemimpinan diartikan sebagai kemampuan seseorang atau pemimpin, untuk mempengaruhi perilaku orang lain menurut keinginan-keinginannya dalam suatu keadaan tertentu.
- Richard L. Daft masih dalam buku Tambunan (2015:44), mengemukakan kepemimpinan merupakan penggunaan pengaruh untuk memberikan motivasi kepada karyawan untuk tujuan organisasi.
Berdasarkan pendapat para ahli diatas, dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan merupakan kemampuan seseorang untuk mempengaruhi perilaku orang lain guna mencapai tujuan tertentu.
Contoh Pengertian Kepemimpinan Guru Menurut Para Ahli
Kompetensi Kepemimpinan Guru Adalah..
- Kepemimpinan guru menurut Muslich dalam Asma (2017:13) merupakan suatu kemampuan dan kesiapan yang harus dimiliki oleh seorang guru untuk mempengaruhi, membimbing dan mengarahkan atau mengelola peserta didiknya agar mereka mau membuat sesuatu demi tercapainya tujuan pembelajaran.
- Winardi dalam Ardha Harya Kusuma (2013:18), menyatakan bahwa kepemimpinan guru merupakan seorang guru yang tidak mendapatkan pengangkatan formal yuridis sebagai pemimpin, memiliki sejumlah kemampuan untuk memimpin suatu kelompok dalam proses pembelajaran guna pencapaian tujuan yang telah ditetapkan.
Adapun kepemimpinan guru pada dasarnya adalah kemampuan seorang guru dalam membimbing, mempengaruhi dan mengarahkan siswa agar mereka termotivasi untuk belajar serta kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efisien..
Lihat juga judul terkait lainnya
- Gaya kepemimpinan kinerja guru
- Indikator kemampuan komunikasi guru
- Upaya guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa