Cara Promosi Penjualan

Cara Promosi Penjualan

Promosi penjualan adalah sebuah teknik penawaran sebuah produk dalam sebuah bisnis. Promosi penjualan adalah sebuah usaha untuk menyebarluaskan atau menawarkan sebuah produk atau jasa dengan tujuan menarik para calon konsumen untuk membelinya. Berikut adalah beberapa cara promosi penjualan menurut Stanton dalam (Fitria, 2016) promosi penjualan dapat dilakukan dengan cara :



Cara Promosi Penjualan

  • Diskon

    Cara paling klasik yang pernah ada. Tetapi berhati-hatilah dalam memasang angka diskon, karena ketika jarak angka diskon terlalu berlebihan akan membuat konsumen enggan untuk datang lagi.

  • Bonus

    Meski kadang hanya akan mendatangkan konsumen musiman namun cara ini masih dapat dikatakan ampuh untuk menarik minat komsumen. Untuk mencegah adanya konsumen musiman, ada baiknya jika memberikan bonus pada produkproduk yang dapat membuat mereka datang kembali. 3. Free Trial Beberapa produsen menyediakan free trial untuk memberi kesempatan konsumen untuk mencoba produk. Biasanya hal ini dilakukan apabila perusahaan mengeluarkan produk baru. Cara ini efektif untuk meyakinkan konsumen atas kualitas produk yang ditawarkan.

  • Gunakan sosial media

    Dengan memanfaakan sosial media di era modern ini sangatlah menguntungkan. Dimana produk dapat dipromosikan lebih luas dengan waktu yang tidak terbatas. Adapun macam-macam sosial media tersebut, yaitu :

    1. Online Communities and Forums
      Komunitas ini dapat datang dalam segala bentuk dan ukuran. Sebagian disponsori oleh perusahaan yang anggotanya berkomunikasi dengan perusahaan dan dengan satu sama lain melalui posting, instant messaging, dan chatting diskusi tentang minat khusus yang berhubungan dengan produk perusahaan dan merek.
    2. Blogs
      Ada tiga juta pengguna blog dan mereka sangat bervariasi, beberapa pribadi untuk teman-teman dekat dan keluarga, lainnya dirancang untuk menjangkau dan mempengaruhi khalayak luas.
    3. Social Networks
      Jaringan sosial telah menjadi kekuatan penting dalam bisnis ke konsumen untuk melakukan promosi. Beberapa diantaranya adalah Facebook, Twitter, Blackberry Messenger, WhatsApp, dan Instagram.

Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa dalam melakukan promosi dibutuhkan cara yang tepat sesuai dengan jenis produk yang ditawarkan. Promosi dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik itu secara langsung ataupun online. Dapat juga dengan display toko yang menarik dan diskon yang menarik.

 

 

Pembahasan lainnya : 

 

 



 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Manajemen Pemasaran