Direct marketing (pemasaran langsung) adalah hubungan langsung dengan konsumen individual yang ditargetkan secara cermat untuk memperoleh respons langsung dan membangun hubungan pelanggan yang langgeng – penggunaan surat langsung, telepon, televisi respons langsung, e-mail, internet, dan sarana lain untuk berkomunikasi secara langsung dengan konsumen tertentu (Kotler & Keller, 2016).
Bentuk Bentuk Pemasaran Langsung dan Penjelasannya
- Direct Mail
Direct mail adalah pemasaran langsung (direct marketing) dengan menggunakan surat penawaran, pengumuman, juga dengan mengirim audio-tape, video-tapes, CD, disket, kepada calon-calon konsumen yang sudah dikenal, ini berkembang dengan mengirim faxmail, voice mail, atau melalui answering mechine di rumahrumah konsumen. - Pemasaran Katalog
Pemasaran katalog yaitu pemasaran langsung melalui pengiriman satu atau beberapa katalog produk kepada alamat terpilih, katalognya bisa berisi seluruh item barang, atau barang khusus, atau business katalog, kadang-kadang juga berupa CD dan video. - Pemasaran Telepon
Pemasaran telepon yaitu pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan telepon untuk menarik calon-calon konsumen. Penjual juga memasang iklan dalam dalam koran atau majalah kemudian konsumen bisa memutar nomer telepon bebas pulsa dan segera mendapat layanan. - Pemasaran Tatap
Muka Pemasaran tatap muka merupakan kunjungan penjualan yang dilakukan oleh para tenaga penjual atau armada penjual. Face to face selling mrupakan salah satu media untuk memasarkan suatu produk atau jasa yang menggunakan sales person untuk menarik para pelanggan, dengan memasarkan secara langsung dapat mempermudah pemesanan sesuai kebutuhan yang dinginkan calon konsumen. - Pemasaran Kios
Kiosk marketing adalah pemasaran dengan cara penjual menempatkan cutomer order- placing mechines yang ditempatkan ditoko, bandara dan tempat lainnya. Konsumen yang memesan melalui mesin tersebut, apabila ia tidak mendapat barang yang cocok dengan selerannya di toko tersebut. Misalnya dalam membeli sepatu tidak ada nomor yang cocok, warna, model, dan sebagainya dapat dipesan langsung ke produsen. - Saluran Marketing
Saluran online adalah saluran yang dapat dijangkau seseorang melalui jaringan internet. Konsumen dapat meminta informasi sebagai produk, harganya, features dan mutu, dan dapat memesan bang sesuai seleranya. Tujuan dari internet adalah untuk memasarkan, mempromosikan, membangun, dan mempertahankan customer relationship melalui aktivitas online.
Pembahasan terkait lainnya :
- Tujuan Pemasaran Langsung
- Pengertian Penjualan Pribadi
- Manfaat Pemasaran Langsung
- Karakteristik Iklan Media Cetak
- Proses Kegiatan Personal Selling
- Tujuan Pemasaran Menurut Ahli
- Pengertian Pemasaran Langsung
- Contoh Media Pemasaran Langsung
- Pengertian Periklanan Menurut Ahli
- Bentuk Bentuk Pemasaran Langsung
- Tujuan Periklanan Menurut Para Ahli
- Periklanan Sebagai Proses Komunikasi
- Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli
- Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli
- Faktor Faktor Pemilihan Media Periklanan
- Fungsi-Fungsi Periklanan Beserta Contohnya
- Faktor Yang Mempengaruhi Kegiatan Penjualan