Bentuk Bentuk Pemasaran Langsung dan Penjelasannya

Bentuk Bentuk Pemasaran Langsung dan Penjelasannya

Direct marketing (pemasaran langsung) adalah hubungan langsung dengan konsumen individual yang ditargetkan secara cermat untuk memperoleh respons langsung dan membangun hubungan pelanggan yang langgeng – penggunaan surat langsung, telepon, televisi respons langsung, e-mail, internet, dan sarana lain untuk berkomunikasi secara langsung dengan konsumen tertentu (Kotler & Keller, 2016).



Bentuk Bentuk Pemasaran Langsung dan Penjelasannya

  1. Direct Mail
    Direct mail adalah pemasaran langsung (direct marketing) dengan menggunakan surat penawaran, pengumuman, juga dengan mengirim audio-tape, video-tapes, CD, disket, kepada calon-calon konsumen yang sudah dikenal, ini berkembang dengan mengirim faxmail, voice mail, atau melalui answering mechine di rumahrumah konsumen.
  2. Pemasaran Katalog
    Pemasaran katalog yaitu pemasaran langsung melalui pengiriman satu atau beberapa katalog produk kepada alamat terpilih, katalognya bisa berisi seluruh item barang, atau barang khusus, atau business katalog, kadang-kadang juga berupa CD dan video.
  3. Pemasaran Telepon
    Pemasaran telepon yaitu pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan telepon untuk menarik calon-calon konsumen. Penjual juga memasang iklan dalam dalam koran atau majalah kemudian konsumen bisa memutar nomer telepon bebas pulsa dan segera mendapat layanan.
  4. Pemasaran Tatap
    Muka Pemasaran tatap muka merupakan kunjungan penjualan yang dilakukan oleh para tenaga penjual atau armada penjual. Face to face selling mrupakan salah satu media untuk memasarkan suatu produk atau jasa yang menggunakan sales person untuk menarik para pelanggan, dengan memasarkan secara langsung dapat mempermudah pemesanan sesuai kebutuhan yang dinginkan calon konsumen.
  5. Pemasaran Kios
    Kiosk marketing adalah pemasaran dengan cara penjual menempatkan cutomer order- placing mechines yang ditempatkan ditoko, bandara dan tempat lainnya. Konsumen yang memesan melalui mesin tersebut, apabila ia tidak mendapat barang yang cocok dengan selerannya di toko tersebut. Misalnya dalam membeli sepatu tidak ada nomor yang cocok, warna, model, dan sebagainya dapat dipesan langsung ke produsen.
  6. Saluran Marketing
    Saluran online adalah saluran yang dapat dijangkau seseorang melalui jaringan internet. Konsumen dapat meminta informasi sebagai produk, harganya, features dan mutu, dan dapat memesan bang sesuai seleranya. Tujuan dari internet adalah untuk memasarkan, mempromosikan, membangun, dan mempertahankan customer relationship melalui aktivitas online.

 

 

Pembahasan terkait lainnya : 

 

 



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Manajemen Pemasaran