Bauran Pemasaran (Marketing Mix) merupakan salah satu konsep utama dalam pemasaran. Bauran pemasaran mencakup sistem atau alat-alat yang membantu mengaplikasikan konsep pemasaran itu sendiri. Oleh karena itu, setiap perusahaan setelah memutuskan strategi pemasaran kompetitifnya secara keseluruhan, perusahaan harus mulai menyiapkan perencanaan bauran pemasaran yang rinci.
Bauran pemasaran adalah titik sentral dari semua aktivitas pemasaran. Tanpa adanya bauran pemasaran, maka segala aktivitas yang berkaitan dengan pemasaran tidak dapat dijalankan. Dengan kata lain, bauran pemasaran atau marketing mix merupakan sebuah komponen yang sangat penting di dalam bidang ilmu pemasaran dan manajemen pemasaran. Sehingga segala aktivitas pemasaran tidak dapat terlepas dari bauran pemasaran.
Pengertian Bauran Pemasaran Menurut Para Ahli
- Bauran pemasaran menurut (Kotler and Armstrong, 2016), Bauran Pemasaran adalah serangkaian alat pemasaran taktis yang dapat dikendalikan produk, harga, tempat (distribusi), promosi yang dipadukan oleh perusahaan untuk menghasilkan tanggapan yang diinginkan perusahaan dalam pasar sasaran.
- Kotler (2006:17) mendefinisikan bauran pemasaran sebagai berikut: “Bauran pemasaran adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk terus-menerus untuk mencapai tujuannya di pasar sasaran.”
Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa bauran pemasaran merupakan alat pemasaran yang terdiri atas produk, harga, distribusi dan promosi untuk mendapatkan respon dan dapat memuaskan pasar sasaran. Salah satu unsur penting dalam menunjang keberhasilan suatu perusahaan adalah startegi produk.
Berikut ini dibahas mengenai keempat variabel pokok dari marketing mix, yaitu :
- Produk (Product) Produk merupakan unsur pertama dalam bauran pemasaran. Karena produk yang akan dipasarkan tersebut sangat menentukan kedudukan perusahaan di pasar. Melihat situasi dewasa ini dimana persaingan cukup ketat, maka setiap perusahaan harus dapat mengimbangi teknologi yang diproduksi.
- Harga (Price) Penetapan harga yang tepat dilakukan oleh perusahaan terhadap produknya, merupakan hal penting yang harus dilaksanakan agar dapat dengan sukses memasarkan barang atau jasa yang ditawarkan. Harga merupakan satu-satunya unsur bauran pemasaran yang memberikan pemasukan dan pendapatan bagi perusahaan, sedangkan ketiga unsur lainnya (produk, promosi dan saluran distribusi) menyebabkan timbulnya biaya (pengeluaran).
- Promosi (Promotion) Promosi merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan suatu program pemasaran. Betapapun berkualitasnya suatu produk, bila konsumen belum mengetahuinya dan tidak yakin bahwa produk itu akan berguna bagi mereka, maka mereka tidak akan membelinya. Oleh karena itu kegiatan promosi yang dilakukan oleh suatu perusahaan senantiasa mengacu pada usaha untuk memengaruhi konsumen, untuk dapat menciptakan permintaan atas suatu produk untuk kemudian dipelihara dan dikembangkan.
- Distribusi (Place) Dalam upaya melancarkan arus barang dan jasa dari produsen ke konsumen, maka salah satu faktor yang sangat penting dan harus mendapat perhatian khusus adalah memilih secara tepat saluran distribusi yang akan digunakan dalam menyalurkan barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Pemilihan saluran distribusi haruslah disesuaikan dengan keadaan dan situasi perusahaan dan harus dipertimbangkan secara cermat.
Pembahasan terkait lainnya :
- Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen
- Hubungan Antara Citra Merek dengan Keputusan Pembelian
- Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli
- Komponen Komponen Citra Merek Menurut Para Ahli
- Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen
- Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Bauran Promosi
- Pengertian Bauran Pemasaran Menurut Para Ahli
- Tahapan Proses Keputusan Pembelian Konsumen
- Manfaat Strategi Pemasaran Bagi Perusahaan
- Pengertian Merek Menurut UU dan Para Ahli
- Faktor Yang Mempengaruhi Bauran Promosi
- Proses Manajeman Pemasaran Menurut Ahli
- Dimensi Kualitas Produk Menurut Para Ahli
- Pengertian Citra Merek Menurut Para Ahli
- Pengertian Bauran Promosi Menurut Ahli
- Metode Penetapan Harga Berbasis Laba
- Pengertian Promosi Menurut Para Ahli
- Tujuan Penetapan Harga Menurut Ahli
- Bauran Pemasaran Menurut Para Ahli
- Tujuan Kegiatan Promosi Penjualan
- Fungsi Promosi Menurut Para Ahli
- Dimensi Citra Merek Menurut Ahli
- 4 Karakteristik Syariah Marketing
- Tujuan Pemasaran Menurut Ahli
- Syarat-Syarat Memilih Merek
- 3 Strategi Citra Merek