Unsur Utama Berdasarkan Pembagian Ekuitas Merk

Unsur Utama Berdasarkan Pembagian Ekuitas Merk

Apa saja unsur utama berdasarkan pembagian ekuitas merk…? Berikut ini merupakan unsur unsur utama berdasarkan pembagian ekuitas merk yang diungkap menurut Aaker dalam Sudomo (2013:36), pembagian ekuitas merek berdasarkan 4 unsur utama, yaitu: brand awareness, brand association, perceived quality, dan brand loyalty.



Unsur Utama Berdasarkan Pembagian Ekuitas Merk

  1. Kesadaran Merek (Brand Awareness)
    Tingkat kesadaran merek menggambarkan keberadaan merek dalam benak konsumen yang dapat menjadi penentu dalam beberapa kategori dan mempunyai peran kunci dalam ekuitas merek. Kesadaran merek yang tinggi akan menumbuhkan asosiasi yang melekat pada merek, konsumen akan merasa akrab dengan merek sehingga timbul rasa suka. Kesadaran merek juga akan mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian. Konsumen cenderung memilih merek yang sudah dikenalinya, karena konsumen merasa lebih aman terhadap sesuatu yang telah dikenal dan merasa merek yang terkenal lebih bisa diandalkan dan terjamin kualitasnya.
  2. Asosiasi Merek (Brand Associations)
    Asosiasi merek adalah segala hal yang berkaitan dengan ingatan mengenai merek. Jadi asosiasi merek merupakan segala kesan yang muncul dibenak seseorang yang terkait dengan ingatannya mengenai sebuah merek. Asosiasi merek akan semakin kuat apabila dilandasi dengan semakin banyaknya pengalaman konsumen dalam mengkonsumsi atau menggunakan merek dan seringnya melihat merek tersebut dalam strategi komunikasi perusahaan. Berbagai asosiasi merek saling berhubungan dan menimbulkan suatu rangkaian yang disebut citra merek atau brand image dalam benak konsumen. Semakin banyak asosiasi merek yang berkaitan maka semakin kuat citra mereknya. Konsumen yang terbiasa menggunakan merek tertentu cenderung memiliki konsistensi terhadap citra merek. Selanjutnya konsumen akan beranggapan merek tertentu secara fisik berbeda dengan merek lain, hal tersebut akan dijadikan pertimbangan dalam membuat keputusan pembelian.



  3. Peresepsi Kualitas (Preceived Quality)
    Persepsi kualitas adalah persepsi pelanggan terhadap keseluruhan kualitas atau keunggulan suatu produk atau jasa layanan berkaitan dengan maksud yang diharapkan. Persepsi terhadap kualitas keseluruhan suatu produk atau jasa dapat menentukan nilai dari produk atau jasa tersebut dan berpengaruh langsung kepada keputusan pembelian konsumen serta loyalitas mereka terhadap merek. Jika persepsi kualitas konsumen terhadap merek positif berarti produk disukai, dan sebaliknya jika negatif produk tidak disukai dan tidak akan bertahan lama di pasar.
  4. Loyalitas Merek (Brand Loyalty)
    Brand loyalty adalah ukuran dari kesetiaan konsumen terhadap merek. Ukuran tersebut dapat memberi gambaran mengenai kemungkinan seorang pelanggan beralih ke produk lain, terutama jika merek tersebut terdapat adanya perubahan baik harga atau atribut lainnya. Konsumen yang loyal umumnya akan setia pada merek tersebut dalam hal pembelian ulang walaupun dihadapkan pada berbagai alternatif pilihan merek lain. Loyalitas sangat penting bagi perusahaan karena memberi jaminan perolehan laba perusahaan di masa mendatang.

 

 



 

 

Pembahasan lainnya : 

  1. Elemen Brand Identity
  2. Fungsi Loyalitas Merek
  3. Pengukuran Brand Image
  4. Tingkatan Loyalitas Merek
  5. 6 Tingkat Pengertian Merek
  6. Manfaat dari Atribut Produk
  7. Tahapan Loyalitas Pelanggan
  8. Alternatif Strategi Pemasaran
  9. Pengertian Kepercayaan Merek
  10. Manfaat-Manfaat Loyalitas Merek
  11. Strategi Pemasaran Produk Adalah
  12. Indikator-Indikator Kualitas Produk
  13. Pengertian Merek Menurut Para Ahli
  14. Tujuan Kualitas Produk Menurut Ahli
  15. Indikator Loyalitas Merek Menurut Ahli
  16. Alasan Memproduksi Produk Berkualitas
  17. Dimensi Kualitas Produk Menurut Garvin
  18. Tingkatan Brand Loyalty Loyalitas Merek
  19. Tingkatan Produk Ada Lima Menurut Ahli
  20. Faktor Faktor Pembentuk Identitas Merek
  21. Dimensi Kualitas Produk Menurut Tjiptono
  22. Pengertian Citra Merek Menurut Para Ahli
  23. Faktor Yang Mempengaruhi Brand Loyalty
  24. Manfaat Penggunaan Merek Bagi Produsen
  25. Indikator Brand Loyalty Menurut Para Ahli
  26. Pengertian Brand Image Menurut Para Ahli
  27. Pengertian Ekuitas Merek Menurut Para Ahli
  28. Unsur-Unsur Kualitas Produk dan Contohnya
  29. Pengertian Brand Identity Menurut Para Ahli
  30. Pengaruh Brand Image Terhadap Brand Trust
  31. Pengertian Kualitas Produk Menurut Para Ahli
  32. Klasifikasi Produk Berdasarkan Keberwujudan
  33. Pengertian Loyalitas Merek Menurut Para Ahli
  34. Hubungan Brand Trust dengan Brand Loyalty
  35. Hubungan Brand Image dengan Brand Loyalty
  36. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Brand Trus
  37. Indikator Kepuasan Pelanggan Menurut Tjiptono
  38. Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Merek
  39. Pengertian Kepercayaan Merek Menurut Para Ahli
  40. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Produk
  41. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Merek
  42. Cara Membangun Kepercayaan Konsumen Pelanggan
  43. Faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan Terhadap Merek

 

 

 






 

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Manajemen Pemasaran