Alat-Alat Promosi Penjualan Menurut Ahli

Alat-Alat Promosi Penjualan Menurut Ahli

Dalam mempergunakan alat-alat promosi penjualan, perusahaan harus memperhitungkan jenis pasar, tujuan promosi, keadaan pesaing, dan efektivitas biaya untuk setiap alat. Menurut Abdurrahman dalam (Wulandari, 2016), Jenis-jenis alat promosi adalah sebagai berikut :



Alat-Alat Promosi Penjualan Menurut Ahli Abdurrahman

  • Sampel

    Yaitu tawaran produk gratis atau percobaan gratis kepada konsumen dengan harapan mereka menyukai produk tersebut dan melakukan pembelian ulang.

  • Kupon

    Yaitu semacam sertifikat yang memberikan hak kepada pemegangnya sehingga dapat menghemat pembelian produk tertentu.

  • Kemasan harga khusus atau paket harga

    Yaitu potongan harga lebih rendah dari pada harga biasa kepada konsumen yang diterapkan pada label atau bungkus.

  • Premi

    Yaitu barang dagangan yang ditawarkan dengan harga sangat rendah atau gratis sebagai insentif apabila orang membeli produk tersebut.

  • Tranding Stamp atau stiker dagang

    Merupakan jenis premi khusus yang diterima konsumen yang membeli produk dan bisa menembus barang produk tersebut di pusat penembusan stiker barang.

  • Demonstrasi

    Yaitu pertunjukan yang dilakukan untuk membuktikan ke efektifan atau cara penggunaan produk.

  • Tawaran uang kembali (Money-refuns offer)

    Yaitu pengembalian uang kepada konsumen apabila terjadi ketidaksesuaian antara produk dan harga atau terjadi kerusakan produk yang dibeli berdasarkan perjanjian.

  • Promosi dagang

    Merupakan penawaran tunjangan pembelian yaitu penawaran potongan harga pada setiap pembelian pada jangka waktu tertentu.

  • Pemajangan di tempat pembelian

    Yaitu pemajangan di tempat pembelian untuk menarik pembeli.

  • Pameran dagang

    Yaitu memamerkan produk-produk yang dihasilkan kepada pembeli untuk memberitahukan kepada pembeli tentang produk perusahaan tersebut.

  • Kontes

    Yaitu dengan mengundang para konsumen untuk mengumpulkan sesuatu.

  • Undian

    Yaitu mengajak konsumen untuk mengumpulkan nama mereka untuk diundi.

  • Permainan

    Yaitu memberikan sesuatu kepada konsumen setiap kali mereka memberikan nomor bingo. Huruf yang hilang mungkin bisa membantu konsumen untuk memenangi hadiah.

 

 

Pembahasan lainnya : 

 

 

 



 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Manajemen Pemasaran