Alasan Memproduksi Produk Berkualitas

Alasan Memproduksi Produk Berkualitas

Menurut Suyadi Prawirosentono (2012:2-3) bahwa produk yang berkualitas prima akan lebih atraktif untuk pelanggan sehingga dapat meningkatkan volume penjualan. Akan tetapi terlebih dari itu produk mempunyai kualitas yang penting sebagai berikut :



Alasan Memproduksi Produk Berkualitas

  1. Pelanggan yang membeli produk dengan berdasarkan taraf. Pada umumnya produk memiliki loyalitas produk yang lebih besar dibandingkan dengan pelanggan yang hanya membeli berdasarkan harga. Pelanggan akan membeli produk sesuai dengan mutu sampai pelanggan tersebut sudah merasa tidak puas sebab ada produk yang lebih bermutu. Akan tetapi jika produk selalu memperbaiki mutu pelanggan akan selalu setia dan tetap membelinya. Berbeda dengan pelanggan yang hanya mencari produk dengan harga yang lebih murah apapun mereknya. Maka konsumen tersebut tidak memiliki loyalitas produk.
  2. Bersifat kontradiktif dengan cara berpikir bisnis tradisional, selain memproduksi barang yang bermutu, secara otomatis akan lebih mahal dibandingkan produk yang bermutu rendah. Banyak perusahaan yang menemukan bahwa memproduksi suatu barang yang bermutu tidak harus memiliki harga yag lebih mahal. Produk yang menghasilkan mutu tinggi secara simultan meningkatkan produktivitas, sebagai berikut mengurangi penggunaan bahan dan mengurangi biaya.



  3. Menjual barang yang tidak bermutu, kemungkinan banyak yang akan menerima keluhan dan pengembalian barang dari konsumen atau biaya yang untuk perbaikan menjadi lebih besar, selain memperoleh citra yang tidak baik. Belum lagi kecelakaan yang dialami konsumen pada produk tersebut yang mengakibatkan pemakaian produk tersebut bernilai rendah. Mungkin pelanggan akan meminta ganti rugi melalui pengadilan. Jadi berdasarkan dari ketiga alas an tersebut bahwa memproduksi sebuah barang yang memiliki mutu lebih tinggi lebih banyak memberikan keuntungan untuk konsumen berbeda dibandingkan dengan produsen yang menghasilkan produk bermutu rendah.

 

 

 



 

 

Pembahasan lainnya : 

  1. Fungsi Loyalitas Merek
  2. Manfaat dari Atribut Produk
  3. Manfaat-Manfaat Loyalitas Merek
  4. Indikator-Indikator Kualitas Produk
  5. Tujuan Kualitas Produk Menurut Ahli
  6. Indikator Loyalitas Merek Menurut Ahli
  7. Dimensi Kualitas Produk Menurut Garvin
  8. Tingkatan Brand Loyalty Loyalitas Merek
  9. Tingkatan Produk Ada Lima Menurut Ahli
  10. Dimensi Kualitas Produk Menurut Tjiptono
  11. Unsur-Unsur Kualitas Produk dan Contohnya
  12. Pengertian Kualitas Produk Menurut Para Ahli
  13. Klasifikasi Produk Berdasarkan Keberwujudan
  14. Indikator Kepuasan Pelanggan Menurut Tjiptono
  15. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Produk

 

 

 






 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Manajemen Pemasaran