Dimensi Persepsi Kualitas Produk

Dimensi Persepsi Kualitas Produk

Simamora (2003: 78), menyatakan bahwa persepsi kualitas adalah persepsi konsumen terhadap kualitas atau keunggulan suatu produk atau jasa layanan ditinjau dari fungsinya secara relatif dengan produk-produk lain. Sedangkan menurut Durianto, dkk (2004: 96), persepsi kualitas merupakan persepsi konsumen terhadap keseluruhan kualitas atau keunggulan suatu produk atau jasa layanan berkaitan dengan apa yang diharapkan oleh konsumen.



Berdasarkan definisi di atas dapat disimpulkan bahwa persepsi kualitas merupakan persepsi dari konsumen terhadap keseluruhan kualitas atau keunggulan suatu produk atau jasa layanan berkaitan dengan harapan konsumennya. Persepsi kualitas mencerminkan perasaan konsumen secara menyeluruh mengenai suatu merek. Untuk memahami persepsi kualitas suatu merek diperlukan pengukuran terhadap dimensi yang terkait dengan karakteristik produk. Mengacu kepada pendapat Garvin dalam Durianto, dkk (2004: 98), dimensi persepsi kualitas dibagi menjadi tujuh, yaitu :



Dimensi Persepsi Kualitas Produk

  1. Kinerja
    Melibatkan berbagai karakteristik operasional utama.
  2. Pelayanan
    Mencerminkan kemampuan memberikan pelayanan pada produk tersebut.
  3. Ketahanan
    Mencerminkan umur ekonomis dari produk tersebut.
  4. Keandalan
    Konsistensi dari kinerja yang dihasilkan suatu produk dari satu pembelian ke pembelian berikutnya.
  5. Karakteristik produk
    Bagian-bagian tambahan dari produk (feature). Penambahan ini biasanya digunakan sebagai pembeda yang penting ketika dua merek produk terlihat hampir sama.
  6. Kesesuaian dengan spesifikasi
    Merupakan pandangan mengenai kualitas proses manufaktur (tidak ada cacat produk) sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan dan diuji.
  7. Hasil
    Mengarah kepada kualitas yang dirasakan yang melibatkan enam dimensi sebelumnya. Jika perusahaan tidak dapat menghasilkan hasil akhir produk yang baik maka kemungkinan produk tersebut tidak akan mempunyai atribut kualitas yang penting.



Persepsi kualitas mempunyai peranan yang penting dalam membangun suatu merek, dalam banyak konteks persepsi kualitas sebuah merek dapat menjadi alasan yang penting pembelian serta merek mana yang akan dipertimbangkan konsumen yang pada gilirannya akan memengaruhi konsumen dalam memutuskan merek mana yang akan dibeli.

 

 

Pembahasan lainnya : 

  1. Fungsi Asosiasi Merek
  2. Elemen Brand Identity
  3. Fungsi Loyalitas Merek
  4. Pengukuran Brand Image
  5. Tingkatan Loyalitas Merek
  6. 6 Tingkat Pengertian Merek
  7. Manfaat dari Atribut Produk
  8. Tahapan Loyalitas Pelanggan
  9. Alternatif Strategi Pemasaran
  10. Pengertian Kepercayaan Merek
  11. Manfaat-Manfaat Loyalitas Merek
  12. Strategi Pemasaran Produk Adalah
  13. Indikator-Indikator Kualitas Produk
  14. Pengertian Merek Menurut Para Ahli
  15. Komponen Citra Merek Menurut Ahli
  16. Tujuan Kualitas Produk Menurut Ahli
  17. Dimensi Asosiasi Merek dan Contohnya
  18. Indikator Loyalitas Merek Menurut Ahli
  19. Alasan Memproduksi Produk Berkualitas
  20. Dimensi Kualitas Produk Menurut Garvin
  21. Tingkatan Brand Loyalty Loyalitas Merek
  22. Tingkatan Produk Ada Lima Menurut Ahli
  23. Faktor Faktor Pembentuk Identitas Merek
  24. Dimensi Kualitas Produk Menurut Tjiptono
  25. Pengertian Citra Merek Menurut Para Ahli
  26. Faktor Yang Mempengaruhi Brand Loyalty
  27. Manfaat Penggunaan Merek Bagi Produsen
  28. Indikator Brand Loyalty Menurut Para Ahli
  29. Pengertian Brand Image Menurut Para Ahli
  30. Pengertian Ekuitas Merek Menurut Para Ahli
  31. Unsur-Unsur Kualitas Produk dan Contohnya
  32. Pengertian Brand Identity Menurut Para Ahli
  33. Pengertian Asosiasi Merek Menurut Para Ahli
  34. Pengaruh Brand Image Terhadap Brand Trust
  35. Pengertian Kualitas Produk Menurut Para Ahli
  36. Klasifikasi Produk Berdasarkan Keberwujudan
  37. Pengertian Loyalitas Merek Menurut Para Ahli
  38. Hubungan Brand Trust dengan Brand Loyalty
  39. Hubungan Brand Image dengan Brand Loyalty
  40. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Brand Trus
  41. Indikator Kepuasan Pelanggan Menurut Tjiptono
  42. Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Merek
  43. Pengertian Kepercayaan Merek Menurut Para Ahli
  44. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Produk
  45. Unsur Utama Berdasarkan Pembagian Ekuitas Merk
  46. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Merek
  47. Cara Membangun Kepercayaan Konsumen Pelanggan
  48. Faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan Terhadap Merek

 

 

 






 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Manajemen Produksi