Setiap produk yang terjual di pasaran memiliki citra tersendiri di mata konsumennya yang sengaja diciptakan oleh pemasar untuk membedakannya dari para pesaing menurut Kotler dan Keller (2016). Citra merek dapat dianggap sebagai jenis asosiasi yang muncul dalam benak konsumen ketika mengingat suatu merek tertentu. Asosiasi tersebut secara sederhana dapat muncul dalam bentuk pemikiran atau citra tertentu yang dikaitkan dengan suatu merek, sama halnya ketika seseorang berpikir tentang orang lain.
Asosiasi tersebut dapat dikonseptualisasi berdasarkan jenis, dukungan, kekuatan, dan keunikan. Jenis asosiasi merek meliputi atribut, manfaat, dan sikap. Atribut terdiri dari atribut yang berhubungan dengan produk, misalnya harga, pemakai, dan citra penggunaan. Sedangkan manfaat mencakup manfaat secara fungsional, manfaat secara simbolis, dan manfaat berdasarkan pengalaman (Shimp, 2013). Sebuah produk yang dapat mempertahankan citranya agar lebih baik dari pesaing akan mendapatkan tempat di hati para konsumen dan akan selalu diingat. Menurut (Sangadji & Sopiah, 2013, 328) mengatakan bahwa komponen citra merek sebagai berikut :
Komponen Citra Merek Menurut Ahli Sangadji & Sopiah
- Asosiasi merek (brand association)
Asosiasi merupakan atribut yang ada di dalam pengalaman berhubungan daengan merek tersebut. Berbagai asosiasi yang diingat oleh konsumen dapat dirangkai sehingga membentuk citra merek (brand image).- Nilai yang dirasakan (perceived value) yaitu unsur pembentukan nilai. Ada lima unsur pembentukan nilai yang dirasakan yaitu :
- Kualitas produk
Kualitas produk terdiri dari enam elemen yaitu :- ✓ Kinerja
- ✓ Reliablitas
- ✓ Fitur
- ✓ Keawetan
- ✓ Degain
- Harga
- Kualitas layanan
- Factor emosional
- Kemudahan
- Kualitas produk
- Nilai yang dirasakan (perceived value) yaitu unsur pembentukan nilai. Ada lima unsur pembentukan nilai yang dirasakan yaitu :
- Dukungan Asosiasi Merek
Dukungan asosiasi merek merupakan respons konsumen terhadap atribut, manfaat, serta keyakinan dari suatu merek produk berdasarkan penilaian mereka atas produk. Atribut di sini tidak berkaitan dengan fungsi produk, tetapi berkaitan dengan citra merek. - Kekuatan Asosiasi Merek
Kekuatan asosiasi merek ditunjukkan dengan reputasi baik yang dimiliki produk tersebut dimata konsumen, produk tersebut dirasa memiliki manfaat ekspresi diri dan menambah rasa percaya diri konsumen. Itulah yang membuat ingatan konsumen semakin kuat terhadap asosiasi merek. - Keunikan Asosiasi Merek
Jika sebuah produk mempunyai ciri khas yang membedakannya dari produk yang lain, produk tersebut akan diingat oleh konsumen. Ingatan konsumen itu akan semakin kuat jika konsumen sudah merasakan manfaat dari sebuah produk dan merasa bahwa merek lain tidak akan bias memuaskan keinginannya tersebut.
Pembahasan lainnya :
- Fungsi Asosiasi Merek
- Elemen Brand Identity
- Fungsi Loyalitas Merek
- Pengukuran Brand Image
- Tingkatan Loyalitas Merek
- 6 Tingkat Pengertian Merek
- Manfaat dari Atribut Produk
- Tahapan Loyalitas Pelanggan
- Alternatif Strategi Pemasaran
- Pengertian Kepercayaan Merek
- Manfaat-Manfaat Loyalitas Merek
- Strategi Pemasaran Produk Adalah
- Indikator-Indikator Kualitas Produk
- Pengertian Merek Menurut Para Ahli
- Tujuan Kualitas Produk Menurut Ahli
- Dimensi Asosiasi Merek dan Contohnya
- Indikator Loyalitas Merek Menurut Ahli
- Alasan Memproduksi Produk Berkualitas
- Dimensi Kualitas Produk Menurut Garvin
- Tingkatan Brand Loyalty Loyalitas Merek
- Tingkatan Produk Ada Lima Menurut Ahli
- Faktor Faktor Pembentuk Identitas Merek
- Dimensi Kualitas Produk Menurut Tjiptono
- Pengertian Citra Merek Menurut Para Ahli
- Faktor Yang Mempengaruhi Brand Loyalty
- Manfaat Penggunaan Merek Bagi Produsen
- Indikator Brand Loyalty Menurut Para Ahli
- Pengertian Brand Image Menurut Para Ahli
- Pengertian Ekuitas Merek Menurut Para Ahli
- Unsur-Unsur Kualitas Produk dan Contohnya
- Pengertian Brand Identity Menurut Para Ahli
- Pengertian Asosiasi Merek Menurut Para Ahli
- Pengaruh Brand Image Terhadap Brand Trust
- Pengertian Kualitas Produk Menurut Para Ahli
- Klasifikasi Produk Berdasarkan Keberwujudan
- Pengertian Loyalitas Merek Menurut Para Ahli
- Hubungan Brand Trust dengan Brand Loyalty
- Hubungan Brand Image dengan Brand Loyalty
- Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Brand Trus
- Indikator Kepuasan Pelanggan Menurut Tjiptono
- Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Merek
- Pengertian Kepercayaan Merek Menurut Para Ahli
- Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Produk
- Unsur Utama Berdasarkan Pembagian Ekuitas Merk
- Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Merek
- Cara Membangun Kepercayaan Konsumen Pelanggan
- Faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan Terhadap Merek