Komponen Citra Merek Menurut Ahli

Komponen Citra Merek Menurut Ahli

Setiap produk yang terjual di pasaran memiliki citra tersendiri di mata konsumennya yang sengaja diciptakan oleh pemasar untuk membedakannya dari para pesaing menurut Kotler dan Keller (2016). Citra merek dapat dianggap sebagai jenis asosiasi yang muncul dalam benak konsumen ketika mengingat suatu merek tertentu. Asosiasi tersebut secara sederhana dapat muncul dalam bentuk pemikiran atau citra tertentu yang dikaitkan dengan suatu merek, sama halnya ketika seseorang berpikir tentang orang lain.



Asosiasi tersebut dapat dikonseptualisasi berdasarkan jenis, dukungan, kekuatan, dan keunikan. Jenis asosiasi merek meliputi atribut, manfaat, dan sikap. Atribut terdiri dari atribut yang berhubungan dengan produk, misalnya harga, pemakai, dan citra penggunaan. Sedangkan manfaat mencakup manfaat secara fungsional, manfaat secara simbolis, dan manfaat berdasarkan pengalaman (Shimp, 2013). Sebuah produk yang dapat mempertahankan citranya agar lebih baik dari pesaing akan mendapatkan tempat di hati para konsumen dan akan selalu diingat. Menurut (Sangadji & Sopiah, 2013, 328) mengatakan bahwa komponen citra merek sebagai berikut :



Komponen Citra Merek Menurut Ahli Sangadji & Sopiah

  • Asosiasi merek (brand association)
    Asosiasi merupakan atribut yang ada di dalam pengalaman berhubungan daengan merek tersebut. Berbagai asosiasi yang diingat oleh konsumen dapat dirangkai sehingga membentuk citra merek (brand image).

    1. Nilai yang dirasakan (perceived value) yaitu unsur pembentukan nilai. Ada lima unsur pembentukan nilai yang dirasakan yaitu :
      • Kualitas produk
        Kualitas produk terdiri dari enam elemen yaitu :

        • ✓ Kinerja
        • ✓ Reliablitas
        • ✓ Fitur
        • ✓ Keawetan
        • ✓ Degain
      • Harga
      • Kualitas layanan
      • Factor emosional
      • Kemudahan



  • Dukungan Asosiasi Merek
    Dukungan asosiasi merek merupakan respons konsumen terhadap atribut, manfaat, serta keyakinan dari suatu merek produk berdasarkan penilaian mereka atas produk. Atribut di sini tidak berkaitan dengan fungsi produk, tetapi berkaitan dengan citra merek.
  • Kekuatan Asosiasi Merek
    Kekuatan asosiasi merek ditunjukkan dengan reputasi baik yang dimiliki produk tersebut dimata konsumen, produk tersebut dirasa memiliki manfaat ekspresi diri dan menambah rasa percaya diri konsumen. Itulah yang membuat ingatan konsumen semakin kuat terhadap asosiasi merek.
  • Keunikan Asosiasi Merek
    Jika sebuah produk mempunyai ciri khas yang membedakannya dari produk yang lain, produk tersebut akan diingat oleh konsumen. Ingatan konsumen itu akan semakin kuat jika konsumen sudah merasakan manfaat dari sebuah produk dan merasa bahwa merek lain tidak akan bias memuaskan keinginannya tersebut.

 

 



 

 

Pembahasan lainnya : 

  1. Fungsi Asosiasi Merek
  2. Elemen Brand Identity
  3. Fungsi Loyalitas Merek
  4. Pengukuran Brand Image
  5. Tingkatan Loyalitas Merek
  6. 6 Tingkat Pengertian Merek
  7. Manfaat dari Atribut Produk
  8. Tahapan Loyalitas Pelanggan
  9. Alternatif Strategi Pemasaran
  10. Pengertian Kepercayaan Merek
  11. Manfaat-Manfaat Loyalitas Merek
  12. Strategi Pemasaran Produk Adalah
  13. Indikator-Indikator Kualitas Produk
  14. Pengertian Merek Menurut Para Ahli
  15. Tujuan Kualitas Produk Menurut Ahli
  16. Dimensi Asosiasi Merek dan Contohnya
  17. Indikator Loyalitas Merek Menurut Ahli
  18. Alasan Memproduksi Produk Berkualitas
  19. Dimensi Kualitas Produk Menurut Garvin
  20. Tingkatan Brand Loyalty Loyalitas Merek
  21. Tingkatan Produk Ada Lima Menurut Ahli
  22. Faktor Faktor Pembentuk Identitas Merek
  23. Dimensi Kualitas Produk Menurut Tjiptono
  24. Pengertian Citra Merek Menurut Para Ahli
  25. Faktor Yang Mempengaruhi Brand Loyalty
  26. Manfaat Penggunaan Merek Bagi Produsen
  27. Indikator Brand Loyalty Menurut Para Ahli
  28. Pengertian Brand Image Menurut Para Ahli
  29. Pengertian Ekuitas Merek Menurut Para Ahli
  30. Unsur-Unsur Kualitas Produk dan Contohnya
  31. Pengertian Brand Identity Menurut Para Ahli
  32. Pengertian Asosiasi Merek Menurut Para Ahli
  33. Pengaruh Brand Image Terhadap Brand Trust
  34. Pengertian Kualitas Produk Menurut Para Ahli
  35. Klasifikasi Produk Berdasarkan Keberwujudan
  36. Pengertian Loyalitas Merek Menurut Para Ahli
  37. Hubungan Brand Trust dengan Brand Loyalty
  38. Hubungan Brand Image dengan Brand Loyalty
  39. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Brand Trus
  40. Indikator Kepuasan Pelanggan Menurut Tjiptono
  41. Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Merek
  42. Pengertian Kepercayaan Merek Menurut Para Ahli
  43. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Produk
  44. Unsur Utama Berdasarkan Pembagian Ekuitas Merk
  45. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Merek
  46. Cara Membangun Kepercayaan Konsumen Pelanggan
  47. Faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan Terhadap Merek

 

 

 






 

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Manajemen Pemasaran