Indikator Brand Loyalty Menurut Para Ahli

Indikator Brand Loyalty Menurut Para Ahli

Menurut Schiffman dan Kanuk (2009), loyalitas merek adalah preferensi konsumen secara konsisten untuk melakukan pembelian pada merek yang sama pada produk yang spesifik atau kategori pelayanan tertentu. Loyalitas merek adalah sebuah komitmen yang kuat dalam berlangganan atau membeli suatu merek secara konsisten di masa yang akan datang. Menurut Sumarwan, (2009:292-294) indikator loyalitas merek dibagi menjadi empat elemen yaitu :



Indikator Brand Loyalty Menurut Para Ahli

  1. Biaya pergantian merek (Switching Cost)
    Konsumen sering kali menjadi loyal terhadap suatu merek karena konsumen telah mengenal dan merasa nyaman dengan merek tersebut, sehingga konsumen tidak mau mendapatkan resiko negatif dengan mengubah merek kepada merek yang tidak dikenalnya. Semakin tinggi resiko yang dipersepsikan konsumen jika berganti (artinya biaya pergantian merek semakin tinggi) maka semakin sulit konsumen bersedia berganti merek artinya konsumen semakin loyal.
  2. Kepuasan
    Kepuasan konsumen merupakan perasaan konsumen setelah mengkonsumsi suatu merek, kepuasan merupakan evaluasi konsumen terhadap suatu merek apakah telah berfungsi sebagaimana yang diharapkannya. Jika suatu merek telah berfungsi sebagaimana yang diharapkannya bahkan melebihi harapannya maka konsumen tersebut akan merasa puas. Konsumen yang puas terhadap suatu merek akan mendorong konsumen untuk membeli ulang merek tersebut bahkan akan mendorong konsumen untuk merekomendasikan merek tersebut kepada teman dan kerabatnya.



  3. Kesukaan terhadap merek
    Kesukaan konsumen terhadap suatu merek merupakan landasan untuk mendorong konsumen membeli dan menggunakan suatu merek, sehingga kesukaan akan menjadikan konsumen terus menerus membeli merek tersebut.
  4. Komitmen
    Komitmen adalah sikap konsumen yang positif terhadap suatu merek, komitmen akan menyebabkan konsumen setia terhadap suatu merek. Komitmen akan mendorong konsumen untuk bersedia mempengaruhi atau merekomendasikan merek tersebut kepada konsumen lain.

 

 



 

 

 

Pembahasan lainnya : 

  1. Fungsi Asosiasi Merek
  2. Elemen Brand Identity
  3. Fungsi Loyalitas Merek
  4. Pengukuran Brand Image
  5. Tingkatan Loyalitas Merek
  6. 6 Tingkat Pengertian Merek
  7. Manfaat dari Atribut Produk
  8. Tahapan Loyalitas Pelanggan
  9. Alternatif Strategi Pemasaran
  10. Pengertian Kepercayaan Merek
  11. Manfaat-Manfaat Loyalitas Merek
  12. Strategi Pemasaran Produk Adalah
  13. Indikator-Indikator Kualitas Produk
  14. Pengertian Merek Menurut Para Ahli
  15. Tujuan Kualitas Produk Menurut Ahli
  16. Komponen Citra Merek Menurut Ahli
  17. Dimensi Asosiasi Merek dan Contohnya
  18. Indikator Loyalitas Merek Menurut Ahli
  19. Alasan Memproduksi Produk Berkualitas
  20. Dimensi Kualitas Produk Menurut Garvin
  21. Tingkatan Brand Loyalty Loyalitas Merek
  22. Tingkatan Produk Ada Lima Menurut Ahli
  23. Faktor Faktor Pembentuk Identitas Merek
  24. Dimensi Kualitas Produk Menurut Tjiptono
  25. Pengertian Citra Merek Menurut Para Ahli
  26. Faktor Yang Mempengaruhi Brand Loyalty
  27. Manfaat Penggunaan Merek Bagi Produsen
  28. Indikator Brand Loyalty Menurut Para Ahli
  29. Pengertian Brand Image Menurut Para Ahli
  30. Pengertian Ekuitas Merek Menurut Para Ahli
  31. Unsur-Unsur Kualitas Produk dan Contohnya
  32. Pengertian Brand Identity Menurut Para Ahli
  33. Pengertian Asosiasi Merek Menurut Para Ahli
  34. Pengaruh Brand Image Terhadap Brand Trust
  35. Pengertian Kualitas Produk Menurut Para Ahli
  36. Klasifikasi Produk Berdasarkan Keberwujudan
  37. Pengertian Loyalitas Merek Menurut Para Ahli
  38. Hubungan Brand Trust dengan Brand Loyalty
  39. Hubungan Brand Image dengan Brand Loyalty
  40. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Brand Trus
  41. Indikator Kepuasan Pelanggan Menurut Tjiptono
  42. Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Merek
  43. Pengertian Kepercayaan Merek Menurut Para Ahli
  44. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Produk
  45. Unsur Utama Berdasarkan Pembagian Ekuitas Merk
  46. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Merek
  47. Cara Membangun Kepercayaan Konsumen Pelanggan
  48. Faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan Terhadap Merek

 

 






 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Manajemen Pemasaran