Pengertian Brand Identity Menurut Para Ahli

Pengertian Brand Identity Menurut Para Ahli

Identitas Merek (brand identity) menurut Kotler & Keller (2006) adalah seperangkat asosiasi merek yang unik yang diciptakan oleh para penyusun strategi merek. Asosiasi-asosiasi ini mencerminkan kedudukan suatu merek dan merupakan suatu janji kepada pelanggan dari anggota organisasi. Identitas merek akan membantu kemantapan hubungan diantara merek dan pelanggan melalui proposisi nilai yang melibatkan manfaat fungsional, manfaat emosional atau ekspresi diri.



Pengertian Brand Identity Menurut Para Ahli

  1. Menurut Helen Vaid maupun Alina Wheeler, brand identity merupakan sebuah strategi yang diterapkan oleh perusahaan pemilik brand untuk menanamkan suatu nilai yang akan diasosiasikan dengan merek ke dalam benak konsumen, dimana kosnumen dapat menilainya berdasarkan apa yang mereka lihat, mereka dengar, maupun mereka sentuh.
  2. Identitas merek (brand identity) menurut Aaker (2000) merupakan asosiasi merek yang unik yang menunjukkan janji kepada konsumen. Untuk menjadi efektif, identitas merek perlu beresonansi dengan konsumen, membedakan merek dengan pesaing, dan mewakili apa yang dilakukan perusahaan dari waktu ke waktu.
  3. Crainer dan Dearlove (2003) berpendapat bahwa, “Brand identity is a concept that has recently been brought to the forefront of brands theory”, artinya identitas merek adalah konsep dasar yang digunakan untuk berbagai teori tentang merek.



  4. Menurut Helen Vaid (2003) brand identity adalah kunci dalam membangun hubungan antara brand dengan konsumen dan mencerminkan esensi dari brand.
  5. Susanto dan Wijanarko (2004), brand identity dapat diartikan sebagai susunan kata-kata, kesan, dan sekumpulan bentukdan sejumlah persepsi konsumen tentang merek.
  6. Pengertian brand personality menurut Kotler & Keller (2006:172), adalah sebagai berikut: Brand personality as the specific mix of human traits that may be attributed to a particular brand.
  7. Brand identity merupakan asosiasi merek yang unik yang menunjukkan janji kepada konsumen. Agar menjadi efektif, identitas merek perlu beresonansi dengan konsumen, membedakan merek dari pesaing, dan mewakili apa organisasi dapat dan akan lakukan dari waktu ke waktu. (Aaker, 2008).
  8. Menurut Wheeler (2013) identitas merek (brand identity) itu nyata dan menarik bagi indera. Kita dapat melihatnya, menyentuhnya, memegangnya, mendengarnya, dan melihatnya bergerak. Identitas merek (brand identity) memicu pengakuan, memperkuat diferensiasi, dan membuat gagasan dan makna besar yang dapat diakses. Identitas merek (brand identity) juga mengambil elemen yang berbeda dan menyatukannya dalam keseluruhan system.

Berdasarkan pengertian dari identitas merek (brand identity) diatas dapat disimpulkan bahwa identitas merek yang dapat membedakan produk suatu perusahaan dengan produk perusahaan pesaing, yang akan memberikan kemudahan bagi konsumen untuk mengingat kembali merek dari produk tersebut. Brand identity atau identitas merek dapat diartikan juga sebagai value terhadap sebuah merek dari suatu perusahaan yang ingin disampaikan melalui pesan atau kesan kepada konsumen terhadap brand yang sudah dibuat. Merek dengan identitas yang kuat maka akan memberikan hasil diferensiasi yang kuat juga. Ini sangat penting bagi perusahaan untuk tetap memperkuat popularitas serta eksistensi merek itu sendiri dan hal ini dapat dilakukan dengan tujuan untuk membuat hubungan yang kuat antara merek dan pelanggan agar tetap terjaga.

 



 

 

Pembahasan lainnya : 

  1. Elemen Brand Identity
  2. Fungsi Loyalitas Merek
  3. Pengukuran Brand Image
  4. Tingkatan Loyalitas Merek
  5. 6 Tingkat Pengertian Merek
  6. Manfaat dari Atribut Produk
  7. Tahapan Loyalitas Pelanggan
  8. Alternatif Strategi Pemasaran
  9. Pengertian Kepercayaan Merek
  10. Manfaat-Manfaat Loyalitas Merek
  11. Strategi Pemasaran Produk Adalah
  12. Indikator-Indikator Kualitas Produk
  13. Pengertian Merek Menurut Para Ahli
  14. Tujuan Kualitas Produk Menurut Ahli
  15. Indikator Loyalitas Merek Menurut Ahli
  16. Alasan Memproduksi Produk Berkualitas
  17. Dimensi Kualitas Produk Menurut Garvin
  18. Tingkatan Brand Loyalty Loyalitas Merek
  19. Tingkatan Produk Ada Lima Menurut Ahli
  20. Faktor Faktor Pembentuk Identitas Merek
  21. Dimensi Kualitas Produk Menurut Tjiptono
  22. Pengertian Citra Merek Menurut Para Ahli
  23. Faktor Yang Mempengaruhi Brand Loyalty
  24. Manfaat Penggunaan Merek Bagi Produsen
  25. Indikator Brand Loyalty Menurut Para Ahli
  26. Pengertian Brand Image Menurut Para Ahli
  27. Pengertian Ekuitas Merek Menurut Para Ahli
  28. Unsur-Unsur Kualitas Produk dan Contohnya
  29. Pengaruh Brand Image Terhadap Brand Trust
  30. Pengertian Kualitas Produk Menurut Para Ahli
  31. Klasifikasi Produk Berdasarkan Keberwujudan
  32. Pengertian Loyalitas Merek Menurut Para Ahli
  33. Hubungan Brand Trust dengan Brand Loyalty
  34. Hubungan Brand Image dengan Brand Loyalty
  35. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Brand Trus
  36. Indikator Kepuasan Pelanggan Menurut Tjiptono
  37. Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Merek
  38. Pengertian Kepercayaan Merek Menurut Para Ahli
  39. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Produk
  40. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Merek
  41. Cara Membangun Kepercayaan Konsumen Pelanggan
  42. Faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan Terhadap Merek

 

 






 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Manajemen Pemasaran