Agar mencapai kualitas produk yang diinginkan maka harus diperlukan suatu standarisasi kualias. Hal ini bertujuan untuk menjaga agar produk yang dihasilkan bisa memenuhi sandar yang sudah ditetapkan sehingga konsumen tidak akan kehilangan kepercayaan terhadap produk yang bersangkutan. Pengalaman pelanggan dalam membeli produk yang baik atau buruk akan mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian Kembali atau tidak.
Oleh karena itu, pemain usaha harus mampu menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan selera konsumen. kebutuhan yan tidak dapat memenuhi harapan konsumen, haruslah cepat ditanggapi oleh perusahaan, yaitu dengan upaya pengembangan produk sesuai dengan harapan konsumen tersebut (Assauri, 2012:167).
Jadi dapat disimpulkan bahwa kualitas produk merupakan suatu kemampuan produk yang mampu memenuhi setiap kebutuhan konsumen sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Berikut ini merupakan pembahasan mengenai tujuan kualitas produk menurut para ahli
Tujuan Kualitas Produk Menurut Para Ahli
- Menurut Oentoro (2012:111), tujuan produk yang diproduksi untuk mencapai persaingan sebagai berikut :
- Fitur produk merupakan sebuah produk yang memiliki karakteristik sifat yang berbeda.
- Manfaat produk merupakan manfaat fitur produk bagi pelanggan.
- Desain produk merupakan fungsi produk yang mempunyai manfaat sesuai dengan kebutuhan, keinginan, serta harapan pelanggan.
- Kualitas produk merupakan spesifikasi produk yang sesuai dengan kinerja produk dan sesuai dengan kebutuhan, keinginan dan harapan
- Menurut Kotler dalam (Aisah, 2015) adapun tujuan kualitas produk adalah sebagai berikut :
- Mengusahakan agar barang hasil produksi dapat mencapai standar yang telah ditetapkan.
- Mengusahakan agar biaya inspeksi dapat menjadi sekecil mungkin.
- Mengusahan agar biaya desain dari produksi tertentu menjadi sekecil mungkin.
- Mengusahakan agar biaya produksi dapat menjadi serendah mungkin.
Pembahasan lainnya :
- Fungsi Loyalitas Merek
- Manfaat dari Atribut Produk
- Manfaat-Manfaat Loyalitas Merek
- Indikator-Indikator Kualitas Produk
- Indikator Loyalitas Merek Menurut Ahli
- Tingkatan Brand Loyalty Loyalitas Merek
- Tingkatan Produk Ada Lima Menurut Ahli
- Pengertian Kualitas Produk Menurut Para Ahli
- Klasifikasi Produk Berdasarkan Keberwujudan
- Indikator Kepuasan Pelanggan Menurut Tjiptono
- Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Produk