Klasifikasi Produk Berdasarkan Keberwujudan (Tangibility)

Klasifikasi Produk Berdasarkan Keberwujudan (Tangibility)

Klasifikasi produk adalah suatu istilah pemasaran dan bisnis yang mengkategorikan produk berdasarkan bagaimana dan mengapa konsumen membelinya dan kriteria-kriteria produk tersebut, di mana klasifikasi produk ini dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai macam sudut pandang.

Menurut Kotler & Keller (2013:451) produk dapat diklasifikasikan menjadi beberapa kelompok diantaranya: Berdasarkan wujudnya, produk dapat diklasifikasikan ke dalam dua kelompok utama, yaitu :



Klasifikasi Produk Berdasarkan Keberwujudan (Tangibility)

  1. Barang
    Barang merupakan produk yang berwujud fisik, sehingga bisa dilihat, diraba atau disentuh, dirasa, dipegang, disimpan, dipindahkan, dan perlakuan fisik lainnya.
  2. Jasa
    Jasa merupakan aktivitas, manfaat atau kepuasan yang ditawarkan untuk dijual (dikonsumsi pihak lain). Jasa merupakan produk-produk yang tidak berwujud, tidak dipisahkan dan mudah habis akibatnya. Produk ini biasanya memerlukan pengendalian mutu kredibilitas pemasok dan kemampuan penyesuaian yang lebih tinggi.

 

 



 

 

Pembahasan lainnya : 

  1. Fungsi Loyalitas Merek
  2. Manfaat dari Atribut Produk
  3. Manfaat-Manfaat Loyalitas Merek
  4. Indikator-Indikator Kualitas Produk
  5. Tujuan Kualitas Produk Menurut Ahli
  6. Indikator Variabel Bauran Pemasaran
  7. Indikator Loyalitas Merek Menurut Ahli
  8. Alasan Memproduksi Produk Berkualitas
  9. Dimensi Kualitas Produk Menurut Garvin
  10. Tingkatan Brand Loyalty Loyalitas Merek
  11. Tingkatan Produk Ada Lima Menurut Ahli
  12. Dimensi Kualitas Produk Menurut Tjiptono
  13. Unsur-Unsur Kualitas Produk dan Contohnya
  14. Pengertian Kualitas Produk Menurut Para Ahli
  15. Indikator Kepuasan Pelanggan Menurut Tjiptono
  16. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Produk

 

 






 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Manajemen Pemasaran