Klasifikasi produk adalah suatu istilah pemasaran dan bisnis yang mengkategorikan produk berdasarkan bagaimana dan mengapa konsumen membelinya dan kriteria-kriteria produk tersebut, di mana klasifikasi produk ini dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai macam sudut pandang.
Menurut Kotler & Keller (2013:451) produk dapat diklasifikasikan menjadi beberapa kelompok diantaranya: Berdasarkan wujudnya, produk dapat diklasifikasikan ke dalam dua kelompok utama, yaitu :
Klasifikasi Produk Berdasarkan Keberwujudan (Tangibility)
- Barang
Barang merupakan produk yang berwujud fisik, sehingga bisa dilihat, diraba atau disentuh, dirasa, dipegang, disimpan, dipindahkan, dan perlakuan fisik lainnya. - Jasa
Jasa merupakan aktivitas, manfaat atau kepuasan yang ditawarkan untuk dijual (dikonsumsi pihak lain). Jasa merupakan produk-produk yang tidak berwujud, tidak dipisahkan dan mudah habis akibatnya. Produk ini biasanya memerlukan pengendalian mutu kredibilitas pemasok dan kemampuan penyesuaian yang lebih tinggi.
Pembahasan lainnya :
- Fungsi Loyalitas Merek
- Manfaat dari Atribut Produk
- Manfaat-Manfaat Loyalitas Merek
- Indikator-Indikator Kualitas Produk
- Tujuan Kualitas Produk Menurut Ahli
- Indikator Variabel Bauran Pemasaran
- Indikator Loyalitas Merek Menurut Ahli
- Alasan Memproduksi Produk Berkualitas
- Dimensi Kualitas Produk Menurut Garvin
- Tingkatan Brand Loyalty Loyalitas Merek
- Tingkatan Produk Ada Lima Menurut Ahli
- Dimensi Kualitas Produk Menurut Tjiptono
- Unsur-Unsur Kualitas Produk dan Contohnya
- Pengertian Kualitas Produk Menurut Para Ahli
- Indikator Kepuasan Pelanggan Menurut Tjiptono
- Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Produk