Perusahaan dalam usahanya untuk memenuhi dan memuaskan kebutuhan serta keinginan pasar sasaran hendaknya menjalankan suatu strategi yang dikenal dengan bauran pemasaran (marketing mix). Kotler & Keller (2013:24) mengklarifikasikan bauran pemasaran menjadi 4P (Product, Price, Promotion, Place). Variabel pemasaran khusus dalam setiap P.
Indikator Variabel Bauran Pemasaran 4P
- Produk (product)
Produk adalah merupakan keseluruhan konsep objek atau proses yang memberikan sejumlah nilai manfaat kepada konsumen. Yang perlu diperhatikan dalam produk adalah konsumen tidak hanya membeli fisik dari produk saja tetapi membeli manfaat dan kualitas (mutu) dari produk tersebut. - Harga (price)
Harga merupakan sejumlah uang yang harus konsumen keluarkan untuk memperoleh suatu produk. - Promosi (promotion)
Promosi merupakan berbagai kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mengkomunikasikan manfaat produknya dan meyakinkan konsumen sasaran agar melakukan tindakan pembelian. - Distribusi (place)
Distribusi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan agar produk dapat diperoleh dengan mudah dan tersedia bagi konsumen.
Pembahasan lainnya :
- Fungsi Loyalitas Merek
- Manfaat dari Atribut Produk
- Manfaat-Manfaat Loyalitas Merek
- Indikator-Indikator Kualitas Produk
- Tujuan Kualitas Produk Menurut Ahli
- Indikator Loyalitas Merek Menurut Ahli
- Alasan Memproduksi Produk Berkualitas
- Dimensi Kualitas Produk Menurut Garvin
- Tingkatan Brand Loyalty Loyalitas Merek
- Tingkatan Produk Ada Lima Menurut Ahli
- Dimensi Kualitas Produk Menurut Tjiptono
- Unsur-Unsur Kualitas Produk dan Contohnya
- Pengertian Kualitas Produk Menurut Para Ahli
- Klasifikasi Produk Berdasarkan Keberwujudan
- Indikator Kepuasan Pelanggan Menurut Tjiptono
- Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Produk