Fungsi Loyalitas Merek

Fungsi Loyalitas Merek

Loyalitas merek (brand loyalty) merupakan suatu konsep yang sangat penting dalam strategi pemasaran. Keberadaan konsumen yang loyal pada merek sangat diperlukan agar perusahaan dapat bertahan hidup. Brown (1952) (Abraheem: 2012) adalah salah satu pelopor yang menyelidiki bidang loyalitas, ia telah menunjukkan dalam studinya tentang loyalitas bahwa loyalitas adalah urutan (pengulangan) atau pemilihan (pembelian) dari merek yang sama dalam semua kasus pembelian (pemilihan). Loyalitas dapat diartikan sebagai suatu komitmen yang mendalam untuk melakukan pembelian ulang produk atau jasa yang menjadi preferensinya secara konsisten pada masa yang akan datang dengan cara membeli ulang merek yang sama meskipun ada pengaruh situasional dan usaha pemasaran yang dapat menimbulkan perilaku peralihan.



Pembicaraan tentang konsistensi perilaku ini membutuhkan pemahaman tentang prinsip-prinsip pembelajaran konsumen (consumer learning) karena teori pembelajaran memfokuskan pada kondisi yang menghasilkan adanya konsistensi perilaku sepanjang waktu.

Penjelasan tersebut memberikan gambaran bahwa pembelajaran, kebiasaan, dan loyalitas merupakan konsep yang saling berhubungan. Loyalitas merupakan hasil dari pembelajaran konsumen pada suatu entitas tertentu (merek, produk, jasa, atau toko) yang dapat memuaskan kebutuhannya (Assael, 1998 dalam Rully Arlan T: 2006). Nancy Giddens (2002) menyatakan bahwa loyalitas merek (brand loyalty) adalah pilihan yang dilakukan konsumen untuk membeli merek tertentu dibandingkan merek lain dalam satu kategori produk.



Fungsi Loyalitas Merek Menurut Durianto

Dengan pengelolaan dan pemanfaatan yang benar, brand loyalty dapat menjadi aset strategis bagi perusahaan. Berikut ini adalah beberapa potensi yang dapat diberikan oleh brand loyalty kepada perusahaan: (Durianto, ddk, 2001 : 127).

  1. Reduced marketing cost (mengurangi biaya pemasaran) dalam kaitanya dengan biaya pemasaran, akan lebih murah mempertahankan pelanggan dibandingkan dengan upaya untuk mempertahankan pelanggan baru, jadi biaya pemasaran akan mengecil jika brand loyalty meningkat. Ciri yang paling nampak dari jenis pelanggan ini adalah mereka membeli suatu produk karena harganya murah.
  2. Trade leverage (meningkatkan perdagangan) loyalitas yang kuat terhadap suatu merek akan menghasilkan peningkatan perdagangan dan memperkuat keyakinan perantara pemasaran. Dapat disimpulkan bahwa pembeli ini akan membeli suatu merek didasarkan atas kebiasaan mereka selama ini.



  3. Attracting new customers (menarik minat pelanggan baru) dengan banyaknya pelanggan suatu merek yang merasa puas dan suka pada merek tersebut akan menimbulkan perasaan yakni bagi calon pelanggan untuk mengkonsumsi merek tersebut terutama jika pembelian yang mereka lakukan mengandung resiko tinggi. Disamping itu, pelanggan yang puas umumnya akan merekomendasikan merek tersebut kepada orang yang dekat dengannya sehingga akan menarik pelanggan baru.
  4. Provide time to respond to competitive threats (memberi waktu untuk merespon ancaman persaingan) Brand loyalty akan memberikan waktu pada sebuah perusahaan untuk merespon gerakan pesaing. Jika salah satu pesaing mengembangkan produk yang unggul, pelanggan yang loyal akan memberikan waktu pada perusahaan tersebut untuk memperbaharui produknya dengan cara menyesuaikan atau menetralisirkan.

 

 



 

 

Pembahasan lainnya : 

  1. Manfaat Word Of Mouth
  2. Jenis Jenis Word Of Mouth
  3. Tujuan Promosi Menurut Tjiptono
  4. Elemen Program Kepuasan Pelanggan
  5. Tujuan Promosi Menurut Basu Swastha
  6. Indikator Loyalitas Merek Menurut Ahli
  7. Jenis-Jenis dan Tingkatan Word Of Mouth
  8. Indikator Promosi Menurut Tjiptono 2008
  9. Dimensi Word Of Mouth Menurut Para Ahli
  10. Tugas Manajemen Pemasaran Menurut Ahli
  11. Cara Untuk Mengukur Kepuasan Pelanggan
  12. Faktor Yang Mempengaruhi Word Of Mouth
  13. Indikator Word Of Mouth Menurut Para Ahli
  14. Pengertian Word Of Mouth Menurut Para Ahli
  15. Klasifikasi Produk Berdasarkan Keberwujudan
  16. Proses Keputusan Pembelian Model Lima Tahap
  17. Karakteristik Word Of Mouth Menurut Para Ahli
  18. Indikator Kepuasan Pelanggan Menurut Tjiptono
  19. Indikator Minat Beli Konsumen Menurut Ahli Kotler
  20. Indikator Kualitas Pelayanan Menurut Fandy Tjiptono
  21. Hubungan Word Of Mouth dengan Keputusan Pembelian
  22. Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian
  23. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pelaksanaan Promosi
  24. Metode Pengukuran Kepuasan Pelanggan Menurut Tjiptono
  25. Alat-Alat Yang Dapat Dipergunakan Untuk Mempromosikan Produk
  26. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen
  27. Cara Sederhana Yang Digunakan Untuk Mengukur Kepuasan Pelanggan

 

 






 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Manajemen Pemasaran