Karakteristik Jasa Menurut Fandy Tjiptono dan Contohnya

Karakteristik Jasa Menurut Fandy Tjiptono dan Contohnya

Farida Jasfar (2007:15) mendefinsikan jasa sebagai setiap tindakan atau aktivitas dan bukan benda yang dapat ditawarkan oleh suatu pihak kepada pihak lain yang pada dasarnya bersifat intangible (tidak berwujud fisik) dan tidak dapat menghasilkam kepemilikan sesuatu. Oleh sebab itu, jasa memiliki beberapa karakteristik untik yang membedakan dari barang dan berdampak pada cara memasarkannya.



Menurut Fandi Tjipto (2012:4) jasa adalah suatu sistem yang terdiri atas dua komponen utama, yaitu travel operation yang kerap kali tidak tampak atau tidak diketahui keberadaanya oleh pelanggan dan travel delivery yang biasanya tampak visible atau diketahui keberadaanya oleh pelanggan yang sering disebut juga Frontoffice. Yang output nya bukan produk dikonsumsi bersamaa dengan waktu produksi dan memberikan nilai tambah seperti kenikmatan, hiburan, santai bersifat tidak wujud.



Karakteristik Jasa Menurut Fandy Tjiptono dan Contohnya

Ada empat karakteristik pokok pada jasa yang membedakannya dengan barang, keempat karakteristik tersebut meliputi : intangibility, inserparability, variability, parishability Fandy Tjipto (2012,p.28-46) :

    1. Intangibility
      Jasa berbeda dengan barang fisik. Bila barang merupakan suatu objek, alat atau benda maka jasa adalah pembuatan, tindakan, proses, kinerja atau usaha. Hal tersebut membuat jasa tidak dapat dilihat, dicium, dirasa, diraba dan didengar sebelum dibeli dan dikonsumsi.
    2. Inserparability
      Barang biasanya diproduksi kemudian dijual terlebih dahulu, baru kemudian diproduksi dan dikonsumsi pada waktu dan tempat yang sama.
    3. Variability
      Variasi bentuk,kwalitas dan jenis tergantung kepada kapan dan dimana jasa itu diproduksi.
    4. Parishability
      Yaitu jasa/layanan adalah bnetuk komoditas yang tidak tahan lama dan tidak dapat disimpan untuk pemakaian ulang waktu datang (dijual kembali, atau dikembalikan).

 

 

 

 






 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Uncategorized