Tujuan Promosi Menurut Tjiptono

Tujuan Promosi Menurut Tjiptono

Menurut Tjiptono pada hakekatnya promosi adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran. Adapun yang dimaksud dengan komunikasi pemasaran adalah aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi atau membujuk, dan/atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli, dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.



Selanjutnya Kotler menyatakan bahwa promosi adalah berbagai kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan yang menonjolkan keistimewaankeistimewaan produknya yang membujuk konsumen sasaran agar membelinya.

Pengertian promosi menurut Indriyo Giltosudarmo dalam Sunyoto promosi adalah kegiatan yang ditujukan untuk mempengaruhi konsumen agar mereka dapat menjadi kenal akan produk yang ditawarkan oleh perusahaan kepada mereka dan kemudian mereka menjadi senang lalu membeli produk tersebut. Adapun alat-alat yang dapat dipergunakan untuk mempromosikan suatu produk dapat dipilih beberapa cara, yaitu iklan, promosi penjualan, publisitas, personal selling yang disebut bauran promosi.



Tujuan Promosi Menurut Tjiptono

  1. Menumbuhkan persepsi pelanggan terhadap suatu kebutuhan (category need).
  2. Memperkenalkan danmemberikan pemahaman tentang suatu produk kepada konsumen (brand awareness).
  3. Mendorong pemilihan terhadap suatu produk (brand attitude).
  4. Membujuk pelanggan untuk membeli suatu produk (brand puchase intention).
  5. Mengimbangikelemahanunsur bauranpemasaranlain(puchase facilitation).
  6. Menanamkan citra produk dan perusahaan (positioning).

 

 

Pembahasan lainnya : 

  1. Manfaat Word Of Mouth
  2. Jenis Jenis Word Of Mouth
  3. Tujuan Promosi Menurut Basu Swastha
  4. Jenis-Jenis dan Tingkatan Word Of Mouth
  5. Indikator Promosi Menurut Tjiptono 2008
  6. Dimensi Word Of Mouth Menurut Para Ahli
  7. Faktor Yang Mempengaruhi Word Of Mouth
  8. Indikator Word Of Mouth Menurut Para Ahli
  9. Pengertian Word Of Mouth Menurut Para Ahli
  10. Proses Keputusan Pembelian Model Lima Tahap
  11. Karakteristik Word Of Mouth Menurut Para Ahli
  12. Hubungan Word Of Mouth dengan Keputusan Pembelian
  13. Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian
  14. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pelaksanaan Promosi
  15. Alat-Alat Yang Dapat Dipergunakan Untuk Mempromosikan Produk
  16. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen

 

 

 






 

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Manajemen Pemasaran