Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Word Of Mouth

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Word Of Mouth

Word of mouth (WOM) adalah pernyataan (secara personal atau non personal) yang disampaikan oleh orang lain selain organisasi (service provider) kepada konsumen (Tjiptono, 2008:29). Word of mouth ini biasanya cepat diterima oleh konsumen karena yang menyampaikannya adalah mereka yang dapat dipercayainya, seperti para ahli, teman, keluarga, dan publikasi media masa. Di samping itu, word of mouth juga cepat diterima sebagai referensi karena konsumen jasa biasanya sulit mengevaluasi jasa yang belum dibelinya atau belum dirasakannya sendiri. Berikut ini merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi word of mouth..



Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Word Of Mouth

  • Menurut Indrawijaya(2012) faktor-faktor yang mempengaruhi word of mouth :
    1. Personal

      Terdapat tiga faktor personal yang mempengaruhi efektifitas WOM yaitu kredibiltas dari pengirim pesan, keahlian khusus yang dimiliki perusahaan dan kedudukan sosial seorang pengirim pesan. Hal ini berhubungan dengan resiko yang akan dihadapi oleh konsumen setelah mengkonsumsi barang dan jasa yang di hasi lkan perusahaan.

    2. Interpersonal

      Kedekatan hubungan antara pengirim pesan dan penerima pesan, kesamaan persepsi,dan kesamaantingkatan/kedudukan sosial menjadi faktor yang menyebabkan WOM menjadi efektif.

    3. Situational

      WOM menjadi efektif apabila seseorang menemukan karakteristik produk yang sangat rumit dan kompleks, penerima pesan tidak memiliki banyak waktu untuk mencari alternatif dan keterbatasan informasi yang tersediamengenai barang dan jasa serta ketertarikan penerima pesan atas informasi yang disampaikan oleh pengirim pesan.

    4. Message characteristics

      Kejelasan pesan,kejelasanpengiriman pesan , komunikasi non- verbal dan cara penyamaian pesan termasuk ke dalam karakteristik pesan yang juga menjadi faktor efektif tidaknya WOM.



  • Menurut (Joesyiana, 2018) ada beberapa faktor yang dapat di jadikan dasar motivasi bagi konsumen untuk membicarakan sebuah produk yaitu sebagai berikut :
    1. Seseorang mungkin begitu terlibat dengan suatu produk tertentu atau aktivitastertentu dan bermaksud membricarakan mengenai hal itu dengan orang lainsehingga terjadi proses Word of Mouth.
    2. Seseorang mungkin banyak mengetahui mengenai produk dan menggunakanpercakapan sebagai cara untuk menginformasikan kepada orang lain. Dalam hal ini Word of Mouth dapat menjadi alat untuk menanamkan kesan kepada orang lain,bahwa kita mempunyai pengetahuan dan keahlian tertentu.
    3. Seseorang mungkin mengawali suatu diskusi dengan membicarakan sesuatu yang keluar dari perhatian utama diskusi. Dalam hal ini mungkin saja karena ada dorongan atau keinginan bahwa orang lain tidak boleh salah dalam memilih barang atau jasa dan jangan menghabiskan waktu untuk mencariinformasi mengenai suatu merek produk.
    4. Word of Mouth merupakan suatu cara untuk mengurangi ketidakpastian,karena dengan bertanya kepada teman, keluarga, tetangga, atau kerabat terdekat lain, informasinya lebih dapat dipercaya, sehingga akan mengurangi penelusuran dan evaluasi merek.

 

 

 

  1. Manfaat Word Of Mouth
  2. Jenis Jenis Word Of Mouth
  3. Tujuan Promosi Menurut Tjiptono
  4. Tujuan Promosi Menurut Basu Swastha
  5. Jenis-Jenis dan Tingkatan Word Of Mouth
  6. Indikator Promosi Menurut Tjiptono 2008
  7. Dimensi Word Of Mouth Menurut Para Ahli
  8. Indikator Word Of Mouth Menurut Para Ahli
  9. Pengertian Word Of Mouth Menurut Para Ahli
  10. Proses Keputusan Pembelian Model Lima Tahap
  11. Karakteristik Word Of Mouth Menurut Para Ahli
  12. Hubungan Word Of Mouth dengan Keputusan Pembelian
  13. Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian
  14. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pelaksanaan Promosi
  15. Alat-Alat Yang Dapat Dipergunakan Untuk Mempromosikan Produk
  16. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen

 

 

 

 






 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Manajemen Pemasaran