Tujuan perusahaan adalah untuk mempelajari bagaimana prilaku konsumen agar dapat memahami apa yang menjadi keinginan konsumen. Keinginan manusia yang beraneka ragam akan menimbulkan berbagai macam prilaku untuk mengabulkannya. Menurut Kotler dan Keller (2016:156) kualitas produk merupakan salah satu kunci persaingan diantara pelaku usaha yang ditawarkan kepada konsumen. Menurut Kotler dan Keller dikembangkan oleh Veronica (2016:21) minat beli konsumen adalah perilaku konsumen dimana konsumen memiliki keinginan dalam memilih dan mengkonsumsi suatu produk.Sebuah perusahaan harus mampu mempalajari prilaku konsumen agar dapat memahami apa yang diinginkan konsumen. Hal tersebut dapat diartikan bahwa kualitas produk mempengaruhi minat beli.
Kualitas produk terhadap minat beli sangat penting yang berarti perusahaan harus bisa memahami agar menjadi pertimbangan bagi setiap pelaku usaha (toko rabbani khusunya) untuk lebih memanfaatkannya guna meningkatkan daya saing pasar.