Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Produk

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Produk

Kualitas produk adalah kemampuan suatu barang untuk memberikan hasil yang sesuai kemungkinan bisa melebihi dari apa yang diinginkan pelanggan (Hakim & Saragih, 2019). Kualitas produk yang baik merupakan sebuah harapan konsumen yang harus dipenuhi oleh perusahaan, karena kualitas produk yang baik merupakan kunci perkembangan produktivitas perusahaan. Kualitas produk merupakan bagaimana suatu produk tersebut memiliki nilai yang dapat memuaskan konsumen baik secara fisik maupun secara psikologis yang menunjuk pada sifat-sifat yang terdapat dalam suatu barang atau hasil (Ong & Sugiharto, 2013). Demikian konsumen dalam membeli suatu produk, konsumen selalu berharap agar barang yang dibelinya dapat memuaskan segala keinginan dan kebutuhannya. Sehingga perusahaan harus memenuhi keinginan konsumen, sehingga perusahaan dapat menciptakan suatu produk yang sesuai dengan harapan konsumen (Hakim & Saragih, 2019). Berikut ini adalah faktor faktor yang mempengaruhi kualitas produk adalah sebagai berikut.



Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Produk Adalah

  1. Keputusan Pembelian
    Keputusan pembelian adalah suatu pendekatan penyelesaian masalah pada kegiatan manusia untuk membeli suatu produk guna memenuhi keinginan dan kebutuhan. Adapun hal- hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian yaitu proses dan aktivitas ketika seseorang (konsumen) berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan (Sihotang, 2020).
  2. Kepuasan Konsumen
    Menurut Adji dan Sopiah dalam Aditia, Wadud, and Kurniawan (2020) menjelaskan kepuasan atau ketidakpuasan yaitu perasaan senang atau kecewa seseorang yang timubul berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja produk yang real atau actual dengan kinerja produk yang diharapkan.
  3. Loyalitas Pelanggan
    Menurut Griffin dalam Juniardi, Haerani, and Munir (2018) loyalitas pelanggan (customer loyalty) merupakan bagian penting dalam meraih loyalitas pelanggan yang diharapkan. Loyalitas pelanggan (customer loyalty) dibangun oleh tiga dimensi meliputi pembelian ulang, membeli produk lain dari produsen yang sama dan referensi produk.
  4. Niat Beli Ulang
    Menurut Blackwell et al dalam Palma and Andjarwati (2016) niat pembelian ulang adalah “Repurchase intentions reflects wether we anticipate buying the sam ebrand again” yang artinya niat beli ulang mencerminkan apakah pelanggan akan membeli suatu merek yang akan sama dimasa yang akan datang.

 

 

Pembahasan terkait : 

  1. Fungsi Pemasaran
  2. 4 Variabel Marketing Mix
  3. Kendala Pemasaran Online
  4. Sumber Informasi Konsumen
  5. Cara Kerja Pemasaran Online
  6. Komponen Pemasaran Online
  7. Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam
  8. Komponen Strategi Pemasaran
  9. Keuntungan Pemasaran Online
  10. Kekurangan Pemasaran Online
  11. Tujuan Pemasaran Menurut Ahli
  12. 7P Menurut Kotler dan Amstrong
  13. Karakteristik Jasa dan Contohnya
  14. 2 Jenis Saluran Pemasaran Online
  15. Fungsi Marketing Public Relations
  16. Strategi Marketing Public Relations
  17. Model Analisis SWOT dan Contohnya
  18. Konsep Pemasaran Menurut Para Ahli
  19. Pengertian Marketing Public Relations
  20. Jenis Strategi Pemasaran dan Contohnya
  21. Indikator Pemasaran Online Menurut Ahli
  22. Elemen Penting Dalam Konsep Pemasaran
  23. Konsep Strategi Pemasaran dan Contohnya
  24. Konsep Inti Pemasaran Menurut Sudaryono
  25. Proses Manajeman Pemasaran Menurut Ahli
  26. Pengertian Analisis SWOT Menurut Para Ahli
  27. Dimensi Kualitas Pelayanan Menurut Tjiptono
  28. Manfaat Strategi Pemasaran Bagi Perusahaan
  29. Dua Elemen Pokok Penyusun Konsep Pemasaran
  30. Pengertian Pemasaran Online Menurut Para Ahli
  31. Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli
  32. Macam-Macam Media Promosi Pemasaran Produk
  33. Pengertian Kepuasan Pelanggan Menurut Para Ahli
  34. Strategi Pemasaran Untuk Menarik Calon Pelanggan
  35. Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli
  36. Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Strategi Pemasaran
  37. Manfaat Pemasaran Online bagi Konsumen dan Perusahaan
  38. Tahap Tahap dalam Proses Keputusan Pembelian Konsumen

 

 




 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Manajemen Pemasaran