Ada empat karakteristik pokok pada jasa yang membedakan dengan barang. Keempat barang tersebut (Tjiptono, 2000.hal.15) meliputi :
Karakteristik Jasa dan Contohnya
- Tidak berwujud (Intangibility)
Jasa bersifat intangibel, artinya tidak dapat dilihat, dirasakan, diraba, dicium dan didengarkan sebelum dibeli. - Tidak dapat dipisahkan (Inseparability)
Jasa dihasilkan dan dikonsumsi secara bersamaan tidak seperti barang fisik yang diproduksi, disimpan dalam persediaan, didistribusikan melewati berbagai penjualan dan kemudian baru dikonsumsi. - Bervariasi (Variability)
Jasa bersifat variabel karena merupakan nonstandardized output, artinya banyak variasi bentuk, kualitas dan jenis, tergantung pada siapa, kapan dan dimana jasa tersebut dihasilkan. - Tidak Tahan Lama (Persihability)
Jasa merupakan komoditas yang tidak tahan lama dan tidak dapat disimpan. Kursi pesawat yang kosong, kamar hotel yang tidak dihuni atau jam tertentu tamu pasien ditempat praktek gigi atau hilang begitu saja karena tidak dapat disimpan.
Pembahasan lainnya :
- Fungsi Pemasaran
- 4 Variabel Marketing Mix
- Kendala Pemasaran Online
- Sumber Informasi Konsumen
- Cara Kerja Pemasaran Online
- Komponen Pemasaran Online
- Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam
- Komponen Strategi Pemasaran
- Keuntungan Pemasaran Online
- Kekurangan Pemasaran Online