4 Karakteristik Pemasaran Syariah

4 Karakteristik Pemasaran Syariah

Dalam Islam pemasar Syariat merupakan strategi bisnis yang harus memayungi segala aktivitas dalam sebuah perusahaan, meliputi seluruh proses, menciptakan, menawarkan, pertukaran nilai, dari seorang produsen, atau satu perusahaan, atau perorangan, yang sesuai dengan ajaran islam. Karakter dari pemasar syariat terdiri dari beberapa unsur, yaitu :



4 Karakteristik Pemasaran Syariah

  1. Theistie (Rabbaniyah), yaitu satu keyakinan yang bulat. Bahwa semua gerak-gerik manusia selalu berada di bawah pengawasan Allah, Yang Maha Kuasa, Maha Pencipta, Maha Pengawas. Oleh sebab itu semua insan harus berperilaku sebaik mungkin, tidak berperilaku licik, tidak suka menipu, mencuri milik orang lain, dan suka memakan harta orang lain dengan cara yang batil. Seperti yang telah di jelaskan dalam Al- Qur’an dalam surat An-Nissa 29.
  2. Etis (Akhlaqiyah), dalam melakukan pemasaran syari’ah harus memelihara setiap tutur kata, perilaku yang baik dalam melakukan hubungan bisnis dengan siapa saja, baik konsumen, penyalur, toko, pemasok ataupun saingannya.
  3. Realistis (Al-Waqiiyah), Artinya sesuai dengan kenyataan, jangan mengada-ada apalagi yang menjurus kepada kebohongan. Semua transaksi harus sesuai dengan realita, tidak membeda-bedakan para konsumen. Semua tindakan dilakukan dengan kejujuran. Bahkan Rasulullah telah mengajarkan tentang sifat realitas, seperti jika ada penjual yang menjual barang ada yang cacat, maka katakan pada calon pembeli bahwa barang tersebut ada yang cacat.
  4. Humanitis (Al-Insaniyah), artinya berperilaku kemanusiaan, hormat menghormati sesame, pemasaran beusaha membuat kehidupan menjadi lebih baik. Jangan sampai dalam melakukan kegiatan pemasaran dapat menggangu atau merusak tatanan hidup bermasyarakat.

 

 

Pembahasan terkait : 

  1. Fungsi Pemasaran
  2. 4 Variabel Marketing Mix
  3. Kendala Pemasaran Online
  4. Sumber Informasi Konsumen
  5. Cara Kerja Pemasaran Online
  6. Komponen Pemasaran Online
  7. Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam
  8. Komponen Strategi Pemasaran
  9. Keuntungan Pemasaran Online
  10. Kekurangan Pemasaran Online
  11. Tujuan Pemasaran Menurut Ahli
  12. 7P Menurut Kotler dan Amstrong
  13. 2 Jenis Saluran Pemasaran Online
  14. Fungsi Marketing Public Relations
  15. Strategi Marketing Public Relations
  16. Model Analisis SWOT dan Contohnya
  17. Konsep Pemasaran Menurut Para Ahli
  18. Pengertian Marketing Public Relations
  19. Jenis Strategi Pemasaran dan Contohnya
  20. Indikator Pemasaran Online Menurut Ahli
  21. Elemen Penting Dalam Konsep Pemasaran
  22. Konsep Strategi Pemasaran dan Contohnya
  23. Konsep Inti Pemasaran Menurut Sudaryono
  24. Proses Manajeman Pemasaran Menurut Ahli
  25. Pengertian Analisis SWOT Menurut Para Ahli
  26. Manfaat Strategi Pemasaran Bagi Perusahaan
  27. Dua Elemen Pokok Penyusun Konsep Pemasaran
  28. Pengertian Pemasaran Online Menurut Para Ahli
  29. Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli
  30. Macam-Macam Media Promosi Pemasaran Produk
  31. Strategi Pemasaran Untuk Menarik Calon Pelanggan
  32. Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli
  33. Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Strategi Pemasaran
  34. Manfaat Pemasaran Online bagi Konsumen dan Perusahaan
  35. Tahap Tahap dalam Proses Keputusan Pembelian Konsumen

 

 




How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Manajemen Pemasaran