Pemasaran online sering disebut Internet marketing atau online marketing merupakan berbagai macam cara yang dilakukan untuk melakukan upaya pemasaran suatu produk maupun jasa melalui atau menggunakan media jaringan Internet. Dalam online marketing, ada beberapa komponen yang dapat digunakan sebagai media untuk melakukan kegiatan pemasaran atau marketing. Saat ini pemasaran tidak hanya dilakukan secara langsung, namun kini sudah banyak masyarakat umum dan juga perusahaan yang menggunakan media online untuk memasarkan produk maupun jasa mereka. Pemasaran online dinilai lebih efektif dalam memperkenalkan sebuah produk, sebab jangkauan terhadap seluruh lapisan masyarakat lebih luas. Perubahan akibat perkembangan teknologi informasi yang terjadi beberapa dekat ini mempengaruhi pemasaran suatu produk. Saat ini solusi utama dari perubahan teknologi itu sendiri adalah internet. Internet saat ini sedang dihubungkan dengan pemasaran untuk mencapai era baru yang disebut dengan komunikasi pemasaran (marketing communication).
Pemasaran media online pada dasarnya adalah kegiatan komunikasi pemasaran dengan menggunakan media Internet. Pada awalnya menggunakan halaman yang bisa diakses oleh pengguna internet. Pemasaran media online mulai populer sejalan dengan makin populernya internet. Sebelum adanya pemasaran media online, kegiatan pemasaran membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Komponen pemasaran online (online marketing) pada kenyataannya tidak jauh berbeda dengan komponen pemasaran secara umum. Perkembangan pemasaran online yang semakin tidak terbendung membuat para pelaku pemasaran online yang efektif. Karena itulah, mengetahui dan memahami komponen – komponen mendasar dalam pemasaran online menjadi sebuah keharusan. Berikut ini adalah apa yang termasuk komponen pemasaran online :
Komponen Komponen Pemasaran Online Yang Bisa digunakan di Era Milenial Yaitu
- Content Marketing
Konten merupakan cara untuk menarik prospek dan pelanggan potensial ke website, toko online (ecommerce), dan blog. Bentuk dari konten dapat berupa artikel, blog, how-to, e-book, presentasi, video, dan audio. Konten berkualitas yang dibutuhkan atau bermanfaat bagi pembaca akan meningkatkan kepercayaan, mempererat hubungan antara pemilik konten dengan pembacanya serta meningkatkan rating pengunjung. - Search Engine Optimzation (SEO)
Mesin pencari merupakan tempat pertama pelanggan mencari informasi bisnis, produk atau jasa sebelum memutuskan membeli sesuatu. Google menjadi rujukan utama pencarian di internet, mencari informasi tentang perusahaan, produk, brand, atau kata-kata. Kunci penting terkait produk sebaiknya bisa merujuk ke informasi di website. - Search Engine Marketing (SEM)
Adalah suatu upaya pemasaran dengan pemasangan iklan pada mesin pencari. Dengan metode pembayaran pay per click dengan asumsi pemasang iklan hanya harus membayar ketika iklan yang ditayangkan tersebut diklik. Selain itu kombinasi harga yang lain adalah penempatan urutan iklan tersebut didasarkan pada pemasang iklan yang membayar lebih tinggi setiap kliknya. Harga per klik tersebut akan semakin tinggi jika keyword yang dipakai adalah keyword dengan intensitas yang tinggi. - Social Media Marketing
Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya dapat dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
Media sosial merupakan alat promosi bisnis yang efektif karena dapat diakses oleh siapa saja, sehingga jaringan promosi bisa lebih luas. Media sosial menjadi bagian yang sangat diperlukan oleh pemasaran bagi banyak perusahaan dan merupakan salah satu cara terbaik untuk menjangkau pelanggan dan klien. - Email Marketing
Email Marketing memilki fungsi untuk tetap menjaga hubungan baik dengan klien atau prospek bisnis Anda, sehingga anda tetap terlintas dipikiran mereka saat mereka membutuhkan sesuatu. Email Marketing umumnya dipahami sebagai email berisi materi promosi yang ditujukan kepada kelompok pengguna internet melaui email, untuk mempromosikan suatu produk atau jasa. - Online Advertising
Online advertising adalah metode periklanan dengan menggunakan internet dan World Wide Web dengan tujuan menyampaikan pesan pemasaran (promosi) untuk menarik pelanggan. Iklan online . Iklan umumnya memiliki 2 tujuan yaitu Branding dan Sales, atau sekaligus kedua-duanya. Setelah menentukan tujuan, maka bisa dipilih berbagai media sesuai profil target market dan juga budget yang sesuai. Berbagai media online, search engine (Seperti Google AdWords), dan Social Media bisa jadi sarana online advertising. - Website
Website merupakan media promosi yang paling popular. Website dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan hyperlink. Pada umumnya tujuan pembuatan website untuk mendatangkan pengunjung potensial sebanyakbanyaknya, dengan harapan semakin banyak orang yang dapat melihat informasi yang disediakan pada web tersebut, maka semakin banyak pula orang yang mengenal dan tertarik pada produk/jasa yang ditawarkan. - Conversion
Konversi adalah teknik memetakan kunjungan sebuah website atau toko online. Penjual harus mampu menganalisis komposisi kunjungan: berapa banyak pengunjung website, berapa persen pengunjung yang meng-klik tombol pembelian, dan berapa persen orang yang benar-benar membeli. - Online Public Relations
E-PR (electronic public relations), Cyber PR, Online PR, atau PR on the net, adalah kegiatan PR yang menggunakan internet sebagai media komunikasi.
Media internet dimanfaatkan oleh PR untuk membangun merk (brand) dan memelihara kepercayaan publik. Strategi online PR adalah membidik situs berita dan komunitas online yang berorientasi khusus.
Komponen pemasaran online adalah untuk menarik prospek dan pelanggan, untuk mencari informasi bisnis, produk atau jasa sebelum memutuskan membeli sesuatu dan tetap menjaga hubungan baik dengan klien.
Pembahasan terkait :
- Fungsi Pemasaran
- 4 Variabel Marketing Mix
- Kendala Pemasaran Online
- Sumber Informasi Konsumen
- Cara Kerja Pemasaran Online
- Komponen Pemasaran Online
- Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam
- Komponen Strategi Pemasaran
- Keuntungan Pemasaran Online
- Kekurangan Pemasaran Online
- Tujuan Pemasaran Menurut Ahli
- 7P Menurut Kotler dan Amstrong
- 2 Jenis Saluran Pemasaran Online
- Fungsi Marketing Public Relations
- Strategi Marketing Public Relations
- Model Analisis SWOT dan Contohnya
- Konsep Pemasaran Menurut Para Ahli
- Pengertian Marketing Public Relations
- Jenis Strategi Pemasaran dan Contohnya
- Indikator Pemasaran Online Menurut Ahli
- Elemen Penting Dalam Konsep Pemasaran
- Konsep Strategi Pemasaran dan Contohnya
- Konsep Inti Pemasaran Menurut Sudaryono
- Proses Manajeman Pemasaran Menurut Ahli
- Pengertian Analisis SWOT Menurut Para Ahli
- Manfaat Strategi Pemasaran Bagi Perusahaan
- Dua Elemen Pokok Penyusun Konsep Pemasaran
- Pengertian Pemasaran Online Menurut Para Ahli
- Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli
- Macam-Macam Media Promosi Pemasaran Produk
- Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli
- Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Strategi Pemasaran
- Manfaat Pemasaran Online bagi Konsumen dan Perusahaan
- Tahap Tahap dalam Proses Keputusan Pembelian Konsumen
# tag
komponen pemasaran online adalah komponen marketing online adalah apa yang termasuk komponen pemasaran online komponen pemasaran online yang bisa digunakan di era milenial yaitu komponen pemasaran online content sebutkan komponen pemasaran online jelaskan komponen pemasaran online jelaskan mengenai komponen pemasaran online brainly komponen komponen pemasaran online adalah sebutkan komponen-komponen pemasaran online