Strategi pemasaran online adalah sistem yang berbasiskan pada jaringan. Maksudnya sistem pemasaran ini bersifat online. Adapun manfaat dari sistem ini bisa dirasakan oleh kedua belah pihak yakni oleh penjual dan pembeli. Jual beli sejenis sama dengan jual beli akad salam. Akad salam adalah bentuk jual beli dengan pembayaran dimuka dan penyerahan barang dikemudian hari dengan harga, spesifikasi, jumlah kualitas, tanggal dan tempat yang jelas serta disepakati sebelumnya dalam perjanjian. Sedangkan sistem pemasaran offline yaitu proses transaksi penjualan barang dan jasa secara langsung yang di mana produsen dan konsumen bertemu dan terjadinya transaksi jual beli. Berikut ini adalah kekurangan atau kelemahan yang terdapat dalam pemasaran online adalah sebagai berikut :
Kelemahan yang terdapat pada pemasaran online yaitu
- Unable cash and carry
Barang yang dibeli melalui toko online biasanya tidak langsung sampai ke tangan si pelanggan karena harus menunggu beberapa jam atau beberapa hari tergantung letak toko online tersebut karena adanya proses pengiriman. Si pembeli juga cendrung merasa was was jika melakukan proses pembayaran terlebih dahulu dan juga kadang dibebani ongkos kirim. - Informasi tentang produk hanya berupa teks dan gambar
Toko online biasannya hanya memasang text (penjelasan) dan gambar saja atau kadang juga berupa animasi. Hal ini juga menjadi kekurangan toko online karena di toko konfensional kita bisa memperhatikan detail daripada produk yang dijual secara detail. - Pembeli terkadang bisa kurang percaya karena tidak bisa melihat produknya secara langsung.
- Hanya menjangkau kalangan yang tahu internet.
- Sering terjadi penipuan barang tidak dikirim setelah dilakukan pembayaran.
- Fisik dan kualitas barang terkadang tidak sesuai dengan yang diharapkan.
- Tidak dapat melihat dan mencoba secara barang yang dipesan.
- Butuh waktu agar barang sampai ditempat anda karena proses pengiriman.
Pembahasan terkait :
- Fungsi Pemasaran
- 4 Variabel Marketing Mix
- Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam
- Komponen Strategi Pemasaran
- Keuntungan Pemasaran Online
- Kekurangan Pemasaran Online
- Tujuan Pemasaran Menurut Ahli
- 7P Menurut Kotler dan Amstrong
- 2 Jenis Saluran Pemasaran Online
- Fungsi Marketing Public Relations
- Strategi Marketing Public Relations
- Model Analisis SWOT dan Contohnya
- Konsep Pemasaran Menurut Para Ahli
- Pengertian Marketing Public Relations
- Jenis Strategi Pemasaran dan Contohnya
- Elemen Penting Dalam Konsep Pemasaran
- Konsep Strategi Pemasaran dan Contohnya
- Konsep Inti Pemasaran Menurut Sudaryono
- Proses Manajeman Pemasaran Menurut Ahli
- Pengertian Analisis SWOT Menurut Para Ahli
- Manfaat Strategi Pemasaran Bagi Perusahaan
- Dua Elemen Pokok Penyusun Konsep Pemasaran
- Pengertian Pemasaran Online Menurut Para Ahli
- Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli
- Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli
# tag
kekurangan pemasaran online kekurangan pemasaran online adalah kekurangan dari pemasaran online adalah sebagai berikut kecuali jelaskan kekurangan pemasaran online kelemahan yang terdapat pada pemasaran online yaitu kelemahan yang terdapat dalam pemasaran online adalah