Model Analisis SWOT dan Contohnya

Model Analisis SWOT dan Contohnya

Model analisis SWOT adalah dengan membandingkan antara faktor eksternal peluang dan ancaman dengan faktor internal kekuatan dan kelemahan. Faktor internal dimasukan kedalam matrik yang disebut matrik faktor strategi internal atau IFAS (Internal Strategic Factor Analisis Summary). Faktor eksternal dimasukkan kedalam matrik yang disebut matrik faktor strategi eksternal EFAS (Eksternal Strategic Factor Analisis Summary). Setelah matrik faktor strategi internal dan eksternal selesai disusun, kemudian hasilnya dimasukkan dalam model kuantitatif, yaitu matrik SWOT untuk merumuskan strategi kompetitif perusahaan.



Alat yang dipakai untuk menyusun faktor-faktor strategis perusahaan adalah matrik SWOT. Matrik ini dapat mengambarkan bagaimana peluang dan ancaman yang dihadapi perusahaan dapat disesuaikan dengan kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya. Matrik ini dapat menghasilkan 4 set kemungkinan alternatif strategis.

  1. Strategi SO (Strength – Opportunities) adalah strategi untuk memanfaatkan kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang sebesar-besarnya.
  2. Strategi ST (Strenghts – Threats) adalah strategi dalam menggunakan kekuatan yang dimiliki untuk mengatasi ancaman.
  3. Strategi WO (Weaknesses – Opportunities) adalah strategi untuk memanfaatan peluang dengan meminimalkan kelemahan.
  4. Strategi WT (Weaknesses – Threats) adalah strategi untuk meminimalkan kelemahan serta menghindari ancaman.

 

Menurut Rangkuti (2016:48) untuk menganalisis secara lebih dalam tentang SWOT, maka perlu dilihat faktor eksternal dan internal sebagai bagian penting dalam analisis SWOT. Menurut Rangkuti (2015:24), sebelum membuat matriks faktor strategi eksternal, kita perlu mengetahui terlebih dahulu Faktor Strategi Eksternal (EFAS). Berikut ini adalah cara-cara penentuan Faktor Strategi Eksternal :



Model Analisis SWOT dan Contohnya

  1. Susunlah dalam kolom 1 (5 sampai dengan 10 peluang dan ancaman).
  2. Beri bobot masing-masing faktor dalam kolom 2, mulai dari 1,0 (sangat penting) sampai dengan 0,0 (tidak penting). Faktorfaktor tersebut kemungkinan dapat memberikan dampak terhadap faktor strategis.
  3. Hitung rating (dalam kolom 3) untuk masing-masing faktor dengan memberikan skala mulai dari 4 (outstanding) sampai dengan 1 (poor) berdasarkan pengaruh faktor tersebut terhadap kondisi perusahaan yang bersangkutan. Pemberian nilai rating untuk faktor peluang bersifat positif (peluang yang semakin besar diberi rating +4, tetapi jika peluangnya kecil, diberi rating +1). Pemberian nilai rating ancaman adalah kebalikannya. Misalnya, jika nilai ancamannya sangat besar, ratingnya adalan 1. Sebaliknya, jika nilai ancamannya sedikit ratingnya 4.
  4. Kalikan bobot pada kolom 2 dengan rating pada kolom 3, untuk memperoleh faktor pembobotan dalam kolom 4. Hasilnya berupa skor pembobotan untuk masing-masing faktor yang nilainya bervariasi mulai dari 4,0 (outstanding) sampai dengan 1,0 (poor).
  5. Gunakan kolom 5 untuk memberikan komentar atau catatan mengapa faktor-faktor terentu dipilih dan bagaimana skor pembobotannya dihitung.
  6. Jumlahkanlah skor pembobotan (pada kolom 4), untuk memperoleh total skor pembobotan bagi perusahaan yang bersangkutan. Nilai total ini menunjukkan bagaimana perusahaan tertentu bereaksi terhadap faktor-faktor strategis eksternalnya. Total skor ini dapat digunakan untuk membandingkan perusahaan ini dengan perusahaan lainnya dalam kelompok industri yang sama.

 

 

Pembahasan terkait : 

  1. Fungsi Pemasaran
  2. 4 Variabel Marketing Mix
  3. Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam
  4. Komponen Strategi Pemasaran
  5. Keuntungan Pemasaran Online
  6. Kekurangan Pemasaran Online
  7. Tujuan Pemasaran Menurut Ahli
  8. 7P Menurut Kotler dan Amstrong
  9. 2 Jenis Saluran Pemasaran Online
  10. Fungsi Marketing Public Relations
  11. Strategi Marketing Public Relations
  12. Model Analisis SWOT dan Contohnya
  13. Konsep Pemasaran Menurut Para Ahli
  14. Pengertian Marketing Public Relations
  15. Jenis Strategi Pemasaran dan Contohnya
  16. Elemen Penting Dalam Konsep Pemasaran
  17. Konsep Strategi Pemasaran dan Contohnya
  18. Konsep Inti Pemasaran Menurut Sudaryono
  19. Proses Manajeman Pemasaran Menurut Ahli
  20. Pengertian Analisis SWOT Menurut Para Ahli
  21. Manfaat Strategi Pemasaran Bagi Perusahaan
  22. Dua Elemen Pokok Penyusun Konsep Pemasaran
  23. Pengertian Pemasaran Online Menurut Para Ahli
  24. Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli
  25. Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

 

 

 




How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Manajemen Pemasaran