Menurut Kotler (2012:101) menyatakan bahwa bauran pemasaran merupakan seperangkat alat pemasaran yang digunakan suatu perusahaan untuk terus menerus mencapai tujuan pemasarannya di pasar sasaran.
Berdasarkan definisi diatas dapat disimpulkan bahwa bauran pemasaran merupakan alat yang baik yang berada dalam suatu perusahaan, agar dapat mempengaruhi respon sasaran. Dalam bauran pemasaran terdapat seperangkat alat yang dikenaal dalam istilah 4P, yaitu product (produk), price (harga), place (tempat atau saluran distribusi), dan promotion (promosi), sedangkan dalam pemasaran jasa memiliki beberapa alat pemasaran tambahan seperti people (orang), physical evidence (fasilitas fisik), dan process (proses), sehingga dikenal dengan istilah 7P maka dapat disimpulkan bauran pemasaran yaitu product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process. Adapun pengertian 7P menurut Kotler dan Amstrong (2012:62) sebagai berikut :
7P Menurut Kotler dan Amstrong
-
Produk
Produk (product), adalah mengelola unsur produk termasuk perencaan dan pengembangan produk atau jasa yang tepat untuk dipasarkan dengan mengubah produk atau jasa yang ada dengan menambah dan mengambil tindakan yang lain yang mempengaruhi bermacam-macam produk atau jasa.
-
Harga
Harga (price), adalah suatu sistem menajemen perusahaan yang akan menentukan harga dasar yang tepat bagi produk atau jasa dan harus menentukan strategi yang menyangkut potongan harga, pembayaran ongkos angkut dan berbagai variabel yang bersangkutan.
-
Distribusi
Distribusi (place), yakni memilih dan mengelola saluran perdagangan yang dipakai untuk menyalurkan produk atau jasa dan juga untuk melayani pasar sasaran, serta mengembangkan sistem distribusi untuk pengiriman dan perniagaan produk secara fisik.
-
Promosi
Promosi (promotion), adalah salah satu unsur yang digunakan untuk memberitahukan dan membujuk pasar tentang produk atau jasa yang baru pada perusahaan melalui iklan, penjualan pribadi, promosi penjualan, maupun publikasi.
-
Sarana fisik
Sarana fisik (physical evidence), merupakan hal nyata yang turut mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Unsur yang termasuk dalam sarana fisik antara lain lingkungan atau bangunan fisik, peralatan, perlengkapan, logo, warna dan barang-barang lainnya.
-
Orang
Orang (people), adalah semua pelaku yang memainkan peranan penting dalam menyajikan jasa sehingga dapat mempengaruhi persepsi pembeli. Elemen dari orang adalah pegawai perusahaan, konsumen, dan konsumen lain. Semua sikap dan tindakan karyawan, cara berpakaian karyawan, dan penampilan karyawan memiliki pengaruh terhadap keberhasilan penyampaian jasa.
Pembahasan terkait :
- Fungsi Pemasaran
- 4 Variabel Marketing Mix
- Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam
- Komponen Strategi Pemasaran
- Keuntungan Pemasaran Online
- Kekurangan Pemasaran Online
- Tujuan Pemasaran Menurut Ahli
- 7P Menurut Kotler dan Amstrong
- 2 Jenis Saluran Pemasaran Online
- Fungsi Marketing Public Relations
- Strategi Marketing Public Relations
- Model Analisis SWOT dan Contohnya
- Konsep Pemasaran Menurut Para Ahli
- Pengertian Marketing Public Relations
- Jenis Strategi Pemasaran dan Contohnya
- Elemen Penting Dalam Konsep Pemasaran
- Konsep Strategi Pemasaran dan Contohnya
- Konsep Inti Pemasaran Menurut Sudaryono
- Proses Manajeman Pemasaran Menurut Ahli
- Pengertian Analisis SWOT Menurut Para Ahli
- Manfaat Strategi Pemasaran Bagi Perusahaan
- Dua Elemen Pokok Penyusun Konsep Pemasaran
- Pengertian Pemasaran Online Menurut Para Ahli
- Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli
- Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli