Jelaskan Dua Elemen Pokok Penyusun Konsep Pemasaran

Jelaskan Dua Elemen Pokok Penyusun Konsep Pemasaran

Menurut Kotler & Armstrong (2006, p10), konsep pemasaran (marketing concept) merupakan falsafah manajemen yang menyatakan bahwa untuk mencapai tujuan organisasi tergantung pada penentuan dan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran (target market) dan memuaskan pelanggan secara lebih efektif dan efisien daripada yang dilakukan pesaing. Menurut Swastha dalam Hartono (2012:885), terdapat 2 elemen pokok yang menyusun konsep pemasaran, dua elemen pokok penyusun konsep pemasaran yaitu :



Jelaskan Dua Elemen Pokok Penyusun Konsep Pemasaran

  1. Volume Penjualan yang Menguntungkan
    Salah satu ujuan utama perusahaan adalah untuk mendapatkan laba atau profit. Dengan adanya laba tersebut dapat meningkatkan dan mengembangkan perusahaan, serta dapat memperkuat kondisi perekonomian secara keseluruhan. Adapun cara yang dapat dilakukan perusahaan antara lain, memberikan kenyamanan dan ketentraman kepada karyawannya dan memberikan perlindungan. Hal ini dilakukan agar atasan dan karyawan dapat berhubungan dengan baik dan bekerja sama untuk meningkatkan laba perusahaan.
  2. Koordinasi dan integrasi seluruh kegiatan pemasaran
    Suatu perusahaan harus mampu memberika kepuasan terhadap konsumennya. Perusahaan juga harus mampu mengetahui apa yang diperlukan oleh konsumen. Perusahaan juga harus menghindari masalah yang akan ditimbulkan, tentunya harus ada orang yang bertanggung jawab dalam hal ini yaitu seorang manager.

Konsep pemasaran merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam meningkatkan laba dan koordinasi dan integrasi dalam perusahaan. Perusahaan harus mampu mengetahui apa yang dibutuhkan oleh konsumen dan tidak bertentangan dengan apa yang dibutuhkan oleh pasar. Hal ini dapat diatasi oleh orang yang bertanggung jawab seperti manager agar dapat memberikan kepuasan bagi konsumen serta dapat meningkatkan laba atau profit bagi perusahaan apabila perusahaan mampu memberikan apa yang dibutuhkan oleh konsumen.

 

 

Pembahasan terkait : 

  1. Fungsi Pemasaran
  2. 4 Variabel Marketing Mix
  3. Kendala Pemasaran Online
  4. Sumber Informasi Konsumen
  5. Cara Kerja Pemasaran Online
  6. Komponen Pemasaran Online
  7. Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam
  8. Komponen Strategi Pemasaran
  9. Keuntungan Pemasaran Online
  10. Kekurangan Pemasaran Online
  11. Tujuan Pemasaran Menurut Ahli
  12. 7P Menurut Kotler dan Amstrong
  13. 2 Jenis Saluran Pemasaran Online
  14. Fungsi Marketing Public Relations
  15. Strategi Marketing Public Relations
  16. Model Analisis SWOT dan Contohnya
  17. Konsep Pemasaran Menurut Para Ahli
  18. Pengertian Marketing Public Relations
  19. Jenis Strategi Pemasaran dan Contohnya
  20. Indikator Pemasaran Online Menurut Ahli
  21. Elemen Penting Dalam Konsep Pemasaran
  22. Konsep Strategi Pemasaran dan Contohnya
  23. Konsep Inti Pemasaran Menurut Sudaryono
  24. Proses Manajeman Pemasaran Menurut Ahli
  25. Pengertian Analisis SWOT Menurut Para Ahli
  26. Manfaat Strategi Pemasaran Bagi Perusahaan
  27. Dua Elemen Pokok Penyusun Konsep Pemasaran
  28. Pengertian Pemasaran Online Menurut Para Ahli
  29. Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli
  30. Macam-Macam Media Promosi Pemasaran Produk
  31. Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli
  32. Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Strategi Pemasaran
  33. Manfaat Pemasaran Online bagi Konsumen dan Perusahaan
  34. Tahap Tahap dalam Proses Keputusan Pembelian Konsumen

 

 



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Manajemen Pemasaran