Pengertian Pemasaran Online Menurut Para Ahli

Pengertian Pemasaran Online Menurut Para Ahli

Internet adalah produk yang menyediakan berbagai macam layanan elektronik seperti ” home banking”. Internet dapat digunakan sebagai riset pasar, sarana iklan, sarana hubungan masyarakat, dan sarana penjualan. Salah satu manfaat kunci internet adalah peluang untuk mengakses informasi yang lebih cepat, dan lebih murah. Informasi persaingan juga siap tersedia di internet dengan meninjau halaman web, yang berisikan informasi produk baru, harga, daftar pelanggan dan klien, dan lokasi bisnis tanpa ada biaya.



Pemasaran online sering disebut Internet marketing, e-marketing atau online marketing merupakan segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media Internet atau jaringan www (World Wide Web). Kata e dalam e-pemasaran ini berarti elektronik (electronic) yang artinya kegiatan pemasaran yang dimaksud dilaksanakan secara elektronik lewat Internet atau jaringan cyber. Kegiatan pemasaran Internet umumnya meliputi atau berkisar pada hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan produk periklanan, pencarian prospek atau pembeli dan penulisan kalimat-kalimat pemasaran atau copywriting.



Pengertian Pemasaran Online Menurut Para Ahli

  1. Marwan (1991:15) menjelaskan bahwa pemasaran online adalah sebuah usaha perencanaan strategi penjualan. Usaha tersebut mengarah pada strategi pemuasan kebutuhan dan keinginan konsumen untuk menghasilkan laba penjualan. Oleh karena itu, prinsipnya hampir sama seperti strategi penjualan pada umumnya. Namun, pada pemasaran online kepuasan pelanggan lebih diperhitungkan lagi karena konsumen hanya mengetahui produk lewat gambar.
  2. Chaffey (2000) berpendapat bahwa pemasaran online adalah pendukung sebuah konsep pemasaran modern. Konsep tersebut berupa segala macam bentuk promosi dan penjualan produk atau jasa melalui internet. Pemanfaatan internet menjadi andalan dalam melakukan pemasaran online melalui media sosial, jasa pengiklanan, toko online, dan masih banyak lagi. Jadi pada intinya pemasaran online adalah usaha yang dilakukan untuk mempromosikan produk atau jasa dengan menggunakan internet.
  3. Strauss dan Frost (2001) mengemukakan pendapatnya tentang pemasaran online. Mereka berpendapat bahwa pemasaran online adalah penggunaan data dan aplikasi untuk merencanakan pelaksanaan konsep distribusi, promosi serta penetapan harga. Konsep tersebut bertujuan untuk menciptakan jual beli atau pertukaran dengan nilai kepuasan tersendiri bagi individu maupun organisasi. Jadi pada pendapat Strauss dan Frost ini pemasaran online lebih kepada penggunaan aplikasi elektronik dalam perencanaan konsep pemasaran online.
  4. Menurut David dan George (2001:20) dalam bukunya Marketing Research, kalau Pemasaran internet atau pemasaran online adalah penggunaan network untuk meraih pelanggan. Menyatukan suatu network pengguna dan sumbernya telah menghasilkan aktivitas baru dengan kemampuan yang lebih. Pemisahan tiap aktivitas dan perubahan yang sangat cepat muncul, merangkaikan para pemakai dengan komputer yang telah ditransformasikan menjadi sebuah alat komunikasi membawa ke suatu peluang bisnis baru, dan menghasilkan suatu industri baru.
  5. Menurut Kotler saluran online (emarketing) adalah saluran yang dapat dijangkau seseorang melalui komputer dan modem. Modem menghubungkan komputer dengan jaur telepon sehingga komputer menjangkau beragam layanan informasi online (Kotler, 2008). Brenda Kienan mengatakan bahwa E-marketing adalah melakukan bisnis online yang bentuknya paling jelas adalah menjual produk kepada konsumen secara online. Sederhananya adalah membuat, mengelola dan meluaskan hubungan komersial secara onlin (Kienan, 2001).
  6. Kotler (2002:34). Dijelaskan bahwa pemasaran online merupakan proses sosial dan manajerial bagi individu maupun kelompok. Proses tersebut mengatur individu dan kelompok tadi dalam memperoleh kebutuhan dan keinginan mereka dengan membuat, menawarkan, dan melakukan jual beli. Pada prinsipnya pemasaran online hampir sama dengan pemasaran pada umumnya hanya berbeda pada media pemasarannya.
  7. Amstrong dan Kottler memiliki pendapat yang hampir sama dengan Boone dan Kurtz mengenai pemasaran online. Mereka menyatakan bahwa pemasaran online merupakan bagian dari e-commerce. Dari pendapat tersebut Amstrong dan Kottler (2004:74) juga menambahkan bahwa pemasaran online merupakan sebuah bentuk kinerja perusahaan. Dimana kinerja perusahaan tersebut berupa promosi, penjualan barang atau jasa, serta mengkomunikasikannya melalui internet.
  8. Menurut Boone dan Kurtz (2005) pemasaran online merupakan komponen dalam e-commerce. Dimana e-commerce adalah sistem jual beli online. Pemasaran online sebagai komponen dalam e-commerce yakni sebagai strategi produksi, distribusi, penetapan harga, dan promosi melalui media digital. Dapat diartikan bahwa segala macam proses pemasaran dari sebuah produk atau jasa hingga ke tangan pembeli semua menggunakan media digital.
  9. Menurut Kotler & Armstrong (2006, p521), pemasaran online merupakan bagian dari e-commerce yaitu, perusahaan untuk berkomunikasi, promosi, dan menjual barang dan jasa melalui internet.
  10. Menurut Dianawati (2007) pemasaran online adalah kegiatan komunikasi dengan mengunakan media internet. Sesuai perkembangannya pemasaran online tidak hanya mengunakan media wedsite, tetapi juga email dan aplikasi-aplikasi lain yang berjalan di atas protokol internet seperti internet , ikalan internet (periklanan di internet) menjadi pilihan yag menarik bagi marketer khususnya dan dunia usaha umumnya.
  11. Mohammed (2008) internet marketing sebagai proses dalam membangun dan memepertahankan customer relationship melalui aktivitas online yang merupakan perukaran ide, produk, jasa yang dapat memenuhi kepuasan pelanggan. Berdasarkan definisi ini terlihat pada internet marketing terkandung aktivitas yang merupakan transaksi online,baik ide, produk maupun jasa yang ujung-ujungnya adalah kepuasan pelanggan. Definisi ini merupakan pengembangan dari definisi marketing sendiri yang mencakup hal-hal seperti proses, transaksi, produk, jasa dan kepuasan pelanggan.
  12. Menurut David dan George (2010) pemasaran online adalah pengunaan network untuk meraih pelanggan. Menyatukan suatu network pengguna dan sumbernya telah menghasilkan aktivitas baru dengan kemampuan lebih. Pemisah tiap aktivitas dan perubahan yang sangat cepat muncul, mengkaitkan para pemakai dengan computer yang telah ditransformasaikan menjadi sebuah alat komunikasi membawa peluang bisnis baru dan menghasilkan suatu indutri baru.
  13. Pemasaran online adalah segala usaha yang dilakukan untuk pemasaran suatu produk atau jasa melalui media internet. Internet merupakan salah satu penemuan mutakhir era globalisasi di bidang teknologi informasi yang sangat menguntungkan semua manusia di seluruh dunia untuk berbagi informasi dan berkomunikasi, termasuk berbagi informasi produk atau jasa yang dijual (Jati, 2017).
  14. Dalam pemasaran online atau e-comerce menggambarkan sistem penjualan barang dan jasa melalui internet, dengan berbagai macam sistem pembayaran seperti pembayaran transfer melalui ATM atau COD (Cash on delivery) dan dalam sistem pemasaran ini perlu adanya jaminan keamanan (Shiratina, Indika, Komariyah, Dewi Kania, & Solihin, 2020).
  15. Pemasaran online secara umum meliputi kegiatan seperti menggunakan banner, pembuatan desain web (web design), pemasaran asimilasi (assimilating marketing), advertensi interaktif (Interactive advertising), promosi melalui mesin pencari informasi (search engine), surat elektronik (e-mail), periklanan lewat surat elektronik (e-mail advertising), dan yang lainnya (Shiratina, Indika, Komariyah, Dewi Kania, et al., 2020).

 

 

Pembahasan terkait : 

  1. Fungsi Pemasaran
  2. 4 Variabel Marketing Mix
  3. Kendala Pemasaran Online
  4. Sumber Informasi Konsumen
  5. Cara Kerja Pemasaran Online
  6. Komponen Pemasaran Online
  7. Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam
  8. Komponen Strategi Pemasaran
  9. Keuntungan Pemasaran Online
  10. Kekurangan Pemasaran Online
  11. Tujuan Pemasaran Menurut Ahli
  12. 7P Menurut Kotler dan Amstrong
  13. 2 Jenis Saluran Pemasaran Online
  14. Fungsi Marketing Public Relations
  15. Strategi Marketing Public Relations
  16. Model Analisis SWOT dan Contohnya
  17. Konsep Pemasaran Menurut Para Ahli
  18. Pengertian Marketing Public Relations
  19. Jenis Strategi Pemasaran dan Contohnya
  20. Indikator Pemasaran Online Menurut Ahli
  21. Elemen Penting Dalam Konsep Pemasaran
  22. Konsep Strategi Pemasaran dan Contohnya
  23. Konsep Inti Pemasaran Menurut Sudaryono
  24. Proses Manajeman Pemasaran Menurut Ahli
  25. Pengertian Analisis SWOT Menurut Para Ahli
  26. Manfaat Strategi Pemasaran Bagi Perusahaan
  27. Dua Elemen Pokok Penyusun Konsep Pemasaran
  28. Pengertian Pemasaran Online Menurut Para Ahli
  29. Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli
  30. Macam-Macam Media Promosi Pemasaran Produk
  31. Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli
  32. Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Strategi Pemasaran
  33. Manfaat Pemasaran Online bagi Konsumen dan Perusahaan
  34. Tahap Tahap dalam Proses Keputusan Pembelian Konsumen

 

 




 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Manajemen Pemasaran