Definisi Teknologi Pendidikan Menurut AECT

Definisi Teknologi Pendidikan Menurut AECT

Definisi teknologi pendidikan menurut AECT

Ada beberapa pendapat tentang apa yang dimaksud dengan teknologi pendidikan. Istilah yang digunakan dalam bahasa Inggris adalah instructional technology atau educational technology. Definisi teknologi pendidikan selalu mengalami perubahan, baik itu rumusan yang diajukan oleh Association for Educational Communication and Technology (AECT) maupun para pakar lain. Pada rumusan teknologi pendidikan tahun 1977, AECT menghasilkan rumusan terpisah antara teknologi pendidikan dan teknologi pembelajaran (Prawiradilaga, 2012: 28). Perbedaannya adalah jika teknologi pendidikan cakupannya terletak pada proses belajar secara umum, sedangkan teknologi pembelajaran merujuk pada proses belajar yang terarah dan terpantau dalam cakupan yang lebih sempit atau khusus misalnya pada suatu kelas.



Rumusan tahun 1994, AECT merumuskan satu rumusan yaitu teknologi pembelajaran. AECT dalam Prawiradilaga (2012: 29) menyatakan bahwa :

“Instructional technology is the theory and practice of design, development, utilization, management, and evaluation of processes and resources for learning”

Definisi ini mengerucut dalam istilah yang digunakan yaitu teknologi pembelajaran kemunculan istilah teori dan praktik, bermakna mendalam. Teknologi pembelajaran menekankan adanya teori-teori yang memandu para praktisi untuk berkiprah lebih baik dengan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Selanjutnya masukan yang diperoleh dari lapangan diteliti agar apabila terjadi kekeliruan dalam teori yang telah ada dapat diperbaiki. Dengan demikian, landasan keilmuan teknologi pembelajaran menjadi lebih kukuh dan dinamis. Kemudian istilah proses menunjukkan bahwa teknologi pembelajaran bekerja sebagai suatu siklus dan berkesinambungan.



Selang sepuluh tahun kemudian yakni tahun 2004, AECT kemudian meluncurkan definisi terbarunya.

Educational technology is the study and ethical practice of facilitating learning and improving performace by creating, using, and managing appropriate technological processes and resources. (Januszewski dan Molenda dalam Prawiradilaga, 2012: 31)

Teknologi pendidikan adalah studi dan praktek etis memfasilitasi belajar dan meningkatkan kinerja dengan menciptakan, menggunakan, dan mengelola proses dan sumber teknologi yang tepat



Prawiradilaga (2012: 31), memaparkan beberapa keistimewaan definisi 2004 sebagai berikut :

  1. Belajar dan kinerja
    Upaya peningkatan mutu kemampuan seseorang (human development) melalui jalur pendidikan formal, yaitu sekolah atau belajar serta jalur pendidikan dalam organisasi atau profesi sebagai peningkatan kinerja (performance improvement).
  2. Proses teknologis dan sumber (technological processes and resources)
    Kemajuan teknologi yang pesat ini tidak hanya berdampak pada kemajuan industri dan gaya hidup seseorang diperkotaan. Pendidikan dan pembelajaran juga tidak luput terkena dampak pengaruh perubahan yang cepat karena kemunculan teknologi dan jaringan global. Untuk itu, teknologi pembelajaran mengadopsi dan mengadaptasikan temuan mutakhir ini dalam proses belajar.
  3. Mengindahkan etika dan estetika
    Dampak penggunaan teknologi dam jaringan yang berlebihan menyebabkan kurangnya interaksi secara fisik. Komunikasi yang terjadi biasanya terjadi karena interaksi maya. Oleh karena itu, teknologi pendidikan dan pembelajaran merasa perlu mengingatkan setiap teknolognya akan pentingnya mengindahkan hak orang lain. Selanjutnya, berdasarkan definisi teknologi pendidikan tahun 1977, 1994.

 

 

Pembahasan lainnya : 

  1. Karakteristik Media Gambar
  2. Prinsip-Prinsip dalam Belajar
  3. Karakteristik Siswa Kelas 4 SD
  4. Pengertian Media Visual Gambar
  5. Unsur dan Prinsip Desain Busana 
  6. Jenis-Jenis Karangan dan Contohnya
  7. Pengertian Belajar Menurut Para Ahli
  8. Pengertian Seni Kaligrafi dalam Islam
  9. Ciri-Ciri Kreativitas Menurut Para Ahli
  10. Kelebihan dan Kekurangan Media Visual
  11. Pengertian Kreativitas Menurut Para Ahli
  12. Manfaat dan Efek Bahaya Sinar Matahari
  13. Langkah Langkah Membuat Desain Busana
  14. Pengertian Hasil Belajar Menurut Para Ahli
  15. Pengertian Media Visual Menurut Para Ahli
  16. Definisi Teknologi Pendidikan Menurut AECT
  17. Teori Perkembangan Bahasa Menurut Vygotsky
  18. Pengertian Karangan Narasi Menurut Para Ahli
  19. Kelebihan dan Kekurangan Media Visual Gambar
  20. Pengertian Media Audio Visual Menurut Para Ahli
  21. Pemanfaatan Media Gambar dalam Pembelajaran
  22. Klasifikasi Hasil Belajar Menurut Benyamin Bloom
  23. Tujuan Pembelajaran IPA di SD Menurut Kurikulum
  24. Pengertian Keterampilan Menulis Menurut Para Ahli
  25. Faktor-Faktor yang mempengaruhi Hasil Belajar Siswa
  26. Penggolongan Busana Pesta Menurut Enny Zuhni Khayati

 

 




How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Pendidikan