Dalam mempergunakan alat-alat promosi penjualan, perusahaan harus memperhitungkan jenis pasar, tujuan promosi, keadaan pesaing, dan efektivitas biaya untuk setiap alat. Menurut Abdurrahman dalam (Wulandari, 2016), Jenis-jenis alat promosi adalah sebagai berikut :
Alat-Alat Promosi Penjualan Menurut Ahli Abdurrahman
-
Sampel
Yaitu tawaran produk gratis atau percobaan gratis kepada konsumen dengan harapan mereka menyukai produk tersebut dan melakukan pembelian ulang.
-
Kupon
Yaitu semacam sertifikat yang memberikan hak kepada pemegangnya sehingga dapat menghemat pembelian produk tertentu.
-
Kemasan harga khusus atau paket harga
Yaitu potongan harga lebih rendah dari pada harga biasa kepada konsumen yang diterapkan pada label atau bungkus.
-
Premi
Yaitu barang dagangan yang ditawarkan dengan harga sangat rendah atau gratis sebagai insentif apabila orang membeli produk tersebut.
-
Tranding Stamp atau stiker dagang
Merupakan jenis premi khusus yang diterima konsumen yang membeli produk dan bisa menembus barang produk tersebut di pusat penembusan stiker barang.
-
Demonstrasi
Yaitu pertunjukan yang dilakukan untuk membuktikan ke efektifan atau cara penggunaan produk.
-
Tawaran uang kembali (Money-refuns offer)
Yaitu pengembalian uang kepada konsumen apabila terjadi ketidaksesuaian antara produk dan harga atau terjadi kerusakan produk yang dibeli berdasarkan perjanjian.
-
Promosi dagang
Merupakan penawaran tunjangan pembelian yaitu penawaran potongan harga pada setiap pembelian pada jangka waktu tertentu.
-
Pemajangan di tempat pembelian
Yaitu pemajangan di tempat pembelian untuk menarik pembeli.
-
Pameran dagang
Yaitu memamerkan produk-produk yang dihasilkan kepada pembeli untuk memberitahukan kepada pembeli tentang produk perusahaan tersebut.
-
Kontes
Yaitu dengan mengundang para konsumen untuk mengumpulkan sesuatu.
-
Undian
Yaitu mengajak konsumen untuk mengumpulkan nama mereka untuk diundi.
-
Permainan
Yaitu memberikan sesuatu kepada konsumen setiap kali mereka memberikan nomor bingo. Huruf yang hilang mungkin bisa membantu konsumen untuk memenangi hadiah.
Pembahasan lainnya :
- Faktor-Faktor Bauran Promosi
- Cara Melakukan Promosi Penjualan
- Alat-Alat Promosi Penjualan Menurut Ahli
- Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli
- Macam-Macam Media Promosi Menurut Ahli
- Kekuatan dan Kelemahan Promosi Penjualan
- Tujuan Promosi Penjualan Menurut Para Ahli
- Pengertian Promosi Penjualan Menurut Para Ahli