Dalam mengadakan periklanan, manajemen dihadapkan pada masalah pemilihan media yang akan dipakai. Masalah ini sangat penting karena tidak semua media yang ada selalu cocok digunakan.
Para pengiklan membelanjakan uang dalam jumlah yang besaPerr bagi media periklanan. Untuk mendapatkan hasil-hasil maksimum dari pengeluaran media, para pemasar harus mengembangkan rencana-rencana media yang efektif. Sebagian pemasar percaya bahwa media tradisional, seperti televisi, koran, radio, dan majalah, tidak seefektif masa lalu dalam menghasilkan penjualan karena pasar berubah dengan cepat dan para pengiklan harus lebih selektif dalam menggali prospek terbaik produknya.
Ada beberapa langkah penting dalam memilih media menurut Kotler dan Armstrong (2008 :161) yang akan dijelaskan sebagai berikut :
Faktor Faktor Pemilihan Media Periklanan
Memilih Jangkauan, Frekuensi, dan Dampak. Untuk memilih media, pemasang iklan harus memutuskan seberapa jauh jangkauan dan frekuensi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan periklanan.
-
- Jangkauan. Adalah ukuran presentase orang dalam pasar sasaran yang melihat dan/atau mendengar kampaye iklan dalam periode waktu tertentu.
- Frekuensi adalah ukuran berapa kali rata-rata orang dalam pasar sasaran melihat dan / atau mendengar pesan yang dimaksud.
- Dampak Media adalah nilai kualitatif dari penayangan pesan lewat media tertentu.
Dalam menetapkan media iklan, perusahaan dihadapkan pada masalah pemilihan media yang akan dipakai. Masalah ini sangat penting karena tidak semua media tersedia selalu cocok untuk dipergunakan dalam penyampaian informasi produk. Pemilihan media iklan sangat penting disebabkan banyaknya kegagalan iklan suatu produk karena kurang tepatnya memilih media yang digunakan. Menurut John dan Lee yang dialih bahasakan oleh Munandar dan Priatna (2007), perencanaan media adalah proses pengarahan pesan periklanan ke khalayak sasaran pada waktu dan tepat yang tepat serta menggunakan saluran yang tepat.
Menurut Kotler dan Keller yang dialih bahasakan oleh Benyamin Molan (2007) perencanaan media harus mengetahui kemampuan jenis-jenis media utama untuk menghasilkan jangkauan, frekuensi, dan dampak. Media iklan utama bersama biaya, keunggulan, dan keterbatasannya, dapat dilihat pada tabel dibawah ini.
Menurut Kotler dan Keller yang dialih bahsakan oleh Benyamin Molan (2007). Media Keunggulan Keterbatasan antara lain :
- Media Koran
Fleksibilitas; ketepatan waktu; jangkauan pasar lokal yang baik; penerimaan luas; tingkat kepercayaan tinggi Usia penggunaan pendek; mutu reproduksi jelek; audiens “terusan” kecil - Media Surat
Langsung (direct-mail) Audiens terpilih; fleksibilitas; tidak ada persaingan iklan dalam media yang sama; personalisasi Biaya relatif tinggi; citra “surat sampah” - Media Majalah
Pemilihan geografis dan demografis tinggi; kredibilitas dan gengsi; reproduksi bermutu tinggi; usia penggunaan panjang; penerusan pembacaan baik perencanaan pembelian iklan panjang; sebagian sirkulasi siasia; tidak ada jaminan posisi. - Media Televisi
Menggabungkan gambar, suara, dan gerakan; merangsang indera; perhatian tinggi; jangkauan tinggi Biaya absolut tinggi; kekacauan tinggi; paparan bergerak kilat; pemilihan audiens kurang. - Media Radio
Penggunaan massal; pemilihan geografis dan demografis tinggi; biaya rendah; hanya penyajian suara; perhatian lebih rendah dari pada televisi; struktur harga tidak standar; paparan bergerak kilat. - Media Reklame luar ruang
Fleksibilitas; penggunaan paparan tinggi; biaya rendah; persaingan rendah; pemilihan audiens terbatas; kreativitas terbatas yellow pages Liputan lokal sangat bagus; tingkat kepercayaan tinggi; jangkauan luas; biaya rendah Persaingan tinggi; perencanaan pembelian iklan panjang; kreativitas terbatas. - Media Berita berkala
Pemilihan audience sangat tinggi; terkontrol penuh; peluang interaktif; biaya relatif rendah Biaya dapat hilang sia-sia brosur fleksibilitas; terkendali penuh; dapat mendramatisir pesan Produksi berlebihan dapat menyebabkan biaya dapat hilang sia-sia - Media Telepon
Banyak pengguna; peluang memberikan sentuhan pribadi Biaya relatif tinggi kecuali jika digunakan sukarelawan internet pemilihan audiens tinggi; kemungkinan interaktif; biaya relatif rendah Media relatif baru dengan jumlah pengguna yang rendah di beberapa negara.
Pembahasan terkait lainnya :
- Tujuan Pemasaran Langsung
- Pengertian Penjualan Pribadi
- Manfaat Pemasaran Langsung
- Karakteristik Iklan Media Cetak
- Proses Kegiatan Personal Selling
- Tujuan Pemasaran Menurut Ahli
- Pengertian Pemasaran Langsung
- Contoh Media Pemasaran Langsung
- Pengertian Periklanan Menurut Ahli
- Bentuk Bentuk Pemasaran Langsung
- Tujuan Periklanan Menurut Para Ahli
- Periklanan Sebagai Proses Komunikasi
- Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli
- Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli
- Faktor Faktor Pemilihan Media Periklanan
- Fungsi-Fungsi Periklanan Beserta Contohnya
- Faktor Yang Mempengaruhi Kegiatan Penjualan