Menurut Hasan dalam Ardiansyah (2013:154), penjualan merupakan pemberian sesuatu (barang / jasa) dari satu pihak kepada pihak lainnya dengan mendapatkan ganti uang dari pihak tersebut. Pihak yang memberi di sebut sebagai penjual dan pihak yang menerima disebut pembeli. Jadi, pejualan hanya meliputi pemindahan hak atas sesuatu produk dari penjual kepada pembeli.
Faktor Yang Mempengaruhi Kegiatan Penjualan
Menurut Swastha dalam Ardiansya (2013:155), terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kegiatan kegiatan penjualan, adalah sebagai berikut :
- Kemampuan penjualan
Transaksi jual beli secara komersial atas barang dan jasa pada prinsipnya melibatkan dua orang pihak yaitu penjual sebagai perantara dan pembeli sebagai pihak kedua. Peranan penjual adalah meyakinkan kepada konsumen agar dapat berhasil mencapai sasaran penjualan yang diharapkan. - Kondisi pasar
Pasar sebagai kelompok pembeli atau pihak yang menjadi sasaran dalam penjualan dapat mempengaruhi kegiatan penjualan. Dalam hal ini faktor yang perlu diperhatikan adalah :- Jenis pasar, apakah itu pasar konsumen, pasar industri, pasar penjual, pasar internasional, pasar internasional dan lain-lain.
- Kelompok pembeli atau segmen pasarnya.
- Daya belinya.
- Frekuensi pembelinya.
- Keinginan dan kebutuhannya.
- Modal
Dilihat akan lebih sulit bagi penjual untuk menjual barangnya apabila lokasi pembelian jauh dari tempat penjualan. Keadaan seperti ini penjual harus memperhatikan dulu atau membawa barangnya ke tempat pembeli. Untuk melaksanakan maksud tersebut diperlukan adanya sarana serta usaha sepertialat transportasi, tempat peragaan, dan usaha promosi yang semuanya mengarah pada bentuk adanya pengadaan modal yang cukup. - Faktor-faktor lain
Faktor-faktor lain seperti periklanan, peragaan, pemberian hadiah sering mempengaruhi tingkat pembelian yang dilakukan oleh konsumen. Pelaksanaanya dipe rlukan dana yang tidak sedikit. Bagi perusahaan besar kegiatan tersebut secara rutin dapat dilakukan sedangkan untuk perusahaan kecil hal ini jarang dilakukan.
Menurut Swasta dan Irwan (2010:9) kegiatan penjualan dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaiu sebagai berikut :
- Kondisi dan kemampuan penjual, transaksi jual-beli atau pemindahan hak milik secara komersial atas barang dan jasa itu pada prinsipnya melibatkan dua pihak, yaitu penjual sebagai pihak pertama dan pembeli sebagai pihak kedua. Disini penjual harus dapat menyakinkan pembelinya agar dapat berhasil mencapai sasaran penjualan yang diharapkan, maka penjual harus memahami beberapa masalah penting yang sangat berkaitan, yakni :
- Jenis dan karakteristik barang yang ditawarkan.
- Harga produk.
- Syarat penjualan seperti: pembayaran, penghantaran, pelayanan sesudah penjualan, garansi dan sebagainya.
- Kondisi pasar, pasar sebagai kelompok pembeli atau pihak yang menjadi sasaran dalam penjualan, dapat pula mempengaruhi kegiatan penjualannya. Adapun faktor-faktor kondisi pasar yang perlu diperhatikan adalah :
- Jenis pasarnya
- Kelompok pembeli atau segmen pasarnya
- Daya belinya
- Frekuensi pembelian
- Keinginan dan kebutuhan
Pembahasan terkait lainnya :
- Tujuan Pemasaran Langsung
- Pengertian Penjualan Pribadi
- Manfaat Pemasaran Langsung
- Karakteristik Iklan Media Cetak
- Proses Kegiatan Personal Selling
- Tujuan Pemasaran Menurut Ahli
- Pengertian Pemasaran Langsung
- Cara Melakukan Promosi Penjualan
- Contoh Media Pemasaran Langsung
- Pengertian Periklanan Menurut Ahli
- Bentuk Bentuk Pemasaran Langsung
- Tujuan Periklanan Menurut Para Ahli
- Periklanan Sebagai Proses Komunikasi
- Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli
- Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli
- Faktor Faktor Pemilihan Media Periklanan
- Alat-Alat Promosi Penjualan Menurut Ahli
- Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli
- Macam-Macam Media Promosi Menurut Ahli
- Kekuatan dan Kelemahan Promosi Penjualan
- Tujuan Promosi Penjualan Menurut Para Ahli
- Fungsi-Fungsi Periklanan Beserta Contohnya
- Faktor Yang Mempengaruhi Kegiatan Penjualan
- Pengertian Promosi Penjualan Menurut Para Ahli