Proses Manajeman Pemasaran Menurut Ahli

Proses Manajeman Pemasaran Menurut Ahli

Proses Manajemen Pemasaran dibahas menurut tahap-tahapnya yang bermula dari analisis pasar sampai dengan pengendalian pemasaran. Secara spesifik strategi pemasaran diuraikan untuk memperjelas langkah-langkah penting yang harus dilakukan oleh seorang Manajer Pemasaran. Menurut (Sedjati, 2015:13) dalam (Ii & Ethnocentrism., 2016) proses manajemen pemasaran dapat dijelaskan sebagai berikut :



Proses Manajeman Pemasaran Menurut Ahli dan Contohnya

    1. Analisis Peluang Pemasaran
      Tahap analisis akan menghasilkan peluang pemasaran dan alternatif pasar sasaran, tahap perencanaan menghasilkan alternatif strategi pemasaran dan alternatif bauran pemasaran. Kemudian tahap pelaksanaan yaitu melaksanakan alokasi sumberdaya pemasaran, sedangkan tahap pengendalian mengevaluasi kinerja perusahaaan. Jadi, suatu kenyataan yang harus dihadapi oleh setiap organisasi atauperusahaan dimana mereka hidup dibawah tekanan perubahan. Perubahan yang diakibatkan oleh kemajuan dalam berbagai bidang kehidupan telah berimplikasi pada semakin beraneka ragamnya kebutuhan dan tuntutan hidup setiap individu.
    2. Penelitian dan Pemilihan Pasar Sasaran
      Selama ini terlihat gejala semakin banyak perusahaan memilih pasar sasaran yang akan dituju. Keadaan ini dikarenakan mereka menyadari bahwa pada dasarnya mereka tidak dapat melayani seluruh pelanggan dalam pasar tersebut. Terlalu banyaknya pelanggan sangat berpencar dan tersebar serta bervariatif dalam tuntutan kebutuhan dan keinginannya. Jadi, arti dari pasar sasaran adalah sebuah pasar terdiri dari pelanggan potensial dengan kebutuhan atau keinginan tertentu yang mungkin mampu untuk ambil bagian dalam jual beli, guna memuaskan kebutuhan atau keinginan tersebut.
    3. Perencanaan Strategi Pemasaran
      Perencanaan (manajemen) strategi adalah tugas strategi perencanaan untuk memandu keseluruhan perusahaan. Hal ini berati proses manajerial dari mengembangkan dan memelihara perpaduan antara sumberdaya organisasi dan kesempatan pasar yang ada. Tugas ini termasuk perencanaan untuk produksi, keuangan, sumber daya manusia dan lain-lain yang dilakukan oleh Manajemen Puncak. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Perencanaan Strategi Pemasaran adalah serangkaian tujuan dan sasaran, kebijakan serta aturan yang memberi arah kepada usaha-usaha pemasaran dari waktu ke waktu pada masing-masing tingkatan serta lokasinya.
    4. Perencanaan Program Pemasaran
      Rencana pemasaran adalah pernyataan tertulis dari strategi pemasaran dan bagian-bagian yang berhubungan dengan waktu untuk membuat strategi. Setelah pengembangan rencana pemasaran, manajer kemudian fokus dengan pelaksanaan. Pelaksanaan adalah melakukan rencana pemasaran kedalam operasi. Keputusan operasional yang merupakan keputusan jangka pendek untuk membantu pelaksanaan strategi akan dibutuhkan dalam pelaksanaan. Program pemasaran memadukan semua rencana-rencana perusahaan kedalam sebuah rencana besar. Program perusahaan akan bermanfaat bagi perusahaan jika dapat meningkatkan ekuitas pelanggan. Ekuitas Pelanggan adalah arus pendapatan yang diharapkan (keuntungan) dari pelanggan yang ada saat ini dan pelanggan yang prospektif bagi perusahaan selama beberapa periode waktu.
    5. Pengorganisasian dan Pelaksanaan Pemasaran
      Perusahaan-perusahaan harus mengorganisasikan berbagai macam fungsi yang melekat pada mereka sedemikian rupa, sehingga memungkinkan kerja sama tim yang berorientasi pada pasar sejak dini dalam proses pengembangan produk baru. Bukannya baru memperhitungkan pertimbangan-pertimbangan pemasaran setelah produk siap dijual. Namun demikian, berhasil tidaknyapelaksanaan kegiatan pemasaran suatu organisasi atau perusahaan sangat bergantung pada kemampuan pimpinan untuk mengarahkan mengendalikan semua kegiatan pelaksanaan di bidang pemasaran.
    6. Pengendalian Usaha Pemasaran
      Selama ini banyak yang kurang mengerti dengan pengendalian pemasaran, terutama pada perusahaan yang menggunakan profit maupun non profit. Hal ini sangatlah penting bagi perusahaan agar bisa lebih terorganisir dan memaksimalisasikan perencanaan sebelumnya. Pelaksanaan kegiatan perlu dikendalikan karena selalu ditemui adanya penyimpangan antara rencana atau target pemasaran dengan realisasi hasil atau prestasi di bidang pemasaran. Dalam pengendalian usaha pemasaran harus mengacu pada tujuan pengendalian pemasaran. Dimana tujuan pengendalian pemasaran adalah untuk dapat memaksimalisasikan kemungkinan perusahaan dalam mencapai tujuan dan sasaran jangka pendek maupun jangka panjang dalam sasaran pasar yang telah ditetapkan.

 

 

Pembahasan terkait lainnya : 

 




 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Manajemen Pemasaran