Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen

Keputusan pembelian konsumen dipengaruhi oleh banyak faktor. Diantara nya ialah faktor budaya, sosial, pribadi. Berikut penjelasan nya menurut Kotler & Keller (2009:166) :



Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen

  1. Faktor Budaya

    Budaya (culture) adalah determinan dasar keinginan dan perilaku seseorang. Setiap budaya terdiri dari beberapa sub-budaya (sub-culture) yang memberikan identifikasi sosialisasi yang lebih spesifik untuk anggota mereka. Sub-budaya meliputi kebangsaan, agama, kelompok ras, dan wilayah geografis. Ketika sub-budaya tumbuh besar dan cukup kaya, perusahaan sering merancang program pemasaran untuk melayani mereka. Hampir seluruh manusia mengalami stratifikasi sosial, sering kali dalam bentuk kelas sosial. Salah satu gambaran klasik tentang kelas sosial di Amerika Serikat mendefinisikan tujuh tingkat dari bawah ke atas, sebagai berikut: (1) bawah rendah, (2) bawah tinggi, (3) kelas pekerja, (4) kelas menengah, (5) menengah atas, (6) atas rendah, (7) atas tinggi.

  2. Faktor Sosial

    Faktor sosial terdiri dari kelompok referensi, keluarga, serta peran sosial dan status. Kelompok referensi (reference group) seseorang adalah semua kelompok yang mempunyai pengaruh langsung (tata muka) atau tidak langsung terhadap sikap atau perilaku orang tersebut. Kelompok yang mempunyai pengaruh langsung disebut kelompok keanggotaan (membership group). Beberapa dari kelompok ini merupaka kelompok primer (primary group), dengan siapa seseorang berinteraksi dengan apa adanya secara terus menerus dan tidak resmi, seperti keluarga, teman, tetangga, rekan kerja. Masyarakat juga menjadi kelompok sekunder (secondary group), seperti agama, profesi, dan kelompok persatuan perdagangan, yang cenderung lebih resmi dan interaksi yang diperlukan tidak berkelanjutan. Seseorang juga dipengaruhi oleh kelompok di luar kelompok nya, seperti kelompok aspirasional (aspirational group) yang merupakan kelompok yang ingin dia ikuti, kelompok disosiatif (dissoviative) yang merupakan kelompok yang nilai dan perilakunya ditolak oleh seseorang tersebut. Keluarga adalah organisasi pembelian yang paling penting di masyarakat, dan anggota keluarga merepresentasikan kelompok referensi utama yang paling berpengaruh. Keluarga orientasi (family of orientation) terdiri dari orang tua dan saudara kandung. Keluarga prokreasi (family of procreation) terdiri dari pasangan dan anak-anak. Selain itu, peran dan status juga berpengaruh terhadap keputusan pembelian, peran (role) terdiri dari kegiatan yang diharapkan dapat dilakukan oleh seseorang. Setiap peran menyandang status.

  3. Faktor Pribadi

    Keputusan pembelian juga dipengaruhi oleh karakteristik pribadi. Faktor pribadi meliputi usia dan tahap dalam siklus hidup pembeli, pekerjaan dan keadaan ekonomi, kepribadian dan konsep diri serta gaya hidup dan nilai. Karena banyaknya karakteristik yang mempunyai dampak yang sangat langsung terhadap perilaku konsumen, penting bagi pemasar untuk mengikuti mereka secara seksama. Selera dalam makanan, pakaian, perabot, dan rekreasi sering berhubungan dengan usia. Konsumsi juga dibentuk oleh siklus hidup keluarga dan jumlah, usia, serta jenis kelamin seseorang dalam rumah tangga pada satu waktu tertentu. Pekerjaan juga mempengaruhi pola konsumsi. Pemasar harus mengidentifikasi kelompok pekerjaan yang mempunyai minat di atas rata-rata terhadap produk mereka dan bahkan menghantarkan produk khusus untuk kelompok pekerjaan tertentu. Pilihan produk juga sangat dipengaruhi oleh keadaan ekonomi: penghasilan yang dapat dibelanjakan (tingkat, stabilitas, dan pola waktu), tabungan dan aset (termasuk presentasi aset likuid), utang, kekuatan pinjaman, dan sikap terhadap pengeluaran dan tabungan. Setiap orang memiliki karakteristik pribadi yang mempengaruhi keputusan pembelian nya. Yang dimaksud dengan kepribadian (personality) adalah sekumpulan sifat psikologis manusia yang menyebabkan respon yang relatif konsisten dan tahan lama terhadap rangsangan lingkungan (termasuk perilaku pembelian). Orang-orang dari sub-budaya, kelas sosial, dan pekerjaan yang sama, mungkin mempunyai gaya hidup yang cukup berbeda. Gaya hidup atau lifestyle adalah pola hidup seseorang di dunia yang tercermin dalam kegiatan, minat, serta pendapat.

 

 

Pembahasan terkait lainnya : 

 



 

# tag 

faktor faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen menurut beberapa ahli faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan membeli konsumen faktor faktor yang mempengaruhi proses keputusan pembelian konsumen skripsi analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan membeli konsumen faktor mempengaruhi keputusan pembelian konsumen faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian produk

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Manajemen Pemasaran