5 Tahapan Proses Keputusan Pembelian Konsumen

5 Tahapan Proses Keputusan Pembelian Konsumen

Proses keputusan pembelian merupakan bagian dari perilaku konsumen. Terdapat beberapa tahap yang dilakukan konsumen dalam melakukan proses keputusan pembelian. Tahap – tahap tersebut yang akan menghasilkan suatu keputusan untuk membeli atau tidak. Setelah membeli produk konsumen akan merasa puas atau tidak puas terhadap produk yang dibelinya. Jika konsumen merasa puas maka mereka akan melakukan pembelian ulang, sedangkan apabila konsumen merasa tidak puas maka akan beralih ke merek lain. Menurut (Kotler and Armstrong, 2016), seorang konsumen akan dihadapkan dengan tahap-tahap proses keputusan pembelian sebagai berikut :

Pengenalan Kebutuhan – Pencarian Informasi – Evaluas iAlternatif – Keputusan Pembelian – Perilaku Pasca Pembelian
*Tahap-tahap Proses Pengambilan Keputusuan Pembelian



5 Tahapan Proses Keputusan Pembelian Konsumen

  1. Pengenalan kebutuhan

    Pada tahap ini konsumen menyadari adanya suatu masalah atau adanya suatu kebutuhan yang harus dipenuhi. Kebutuhan konsumen ini dapat dipicu oleh pengaruh internal maupun eksternal seorang individu.

  2. Pencarian informasi

    Pada tahapan ini konsumen menginginkan suatu informasi berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan, sehingga konsumen melakukan pencarian informasi secara aktif terhadap suatu produk atau jasa tertentu yang dapat menjawab akan kebutuhan konsumen. Konsumen dapat memperoleh informasi dari beberapa sumber. Sumber-sumber ini meliputi sumber pribadi, sumber komersial, dan sumber pengalaman di masa lalu. Pada umumnya sumber-sumber komersial secara efektif dapat memberikan informasi kepada konsumen.

  3. Evaluasi alternatif

    Pada tahap ini konsumen menggunakan informasi mengenai produkproduk sejenis yang ada untuk kemudian dievaluasi oleh konsumen, evaluasi ini dilakukan agar konsumen dapat memilih beberapa alternatif produk yang ada sehingga menyisakan suatu alternatif produk dimana dianggap paling dapat memberikan nilai pemenuhan kebutuhan maksimal pada konsumen.

  4. Keputusan pembelian

    Dalam tahap evaluasi konsumen telah menentukan pemilihan produk dan membentuk niat pembelian. Setelah proses evaluasi yang dilakukan oleh konsumen dan memperhatikan pertimbangan-pertimbangan yang ada, konsumen kemudian melakukan suatu keputusan pembelian terhadap produk atau jasa tertentu yang dianggap memiliki nilai pemenuhan kebutuhan yang paling maksimal.

  5. Perilaku pasca pembelian

    Tahap terakhir tindakan konsumen selanjutnya setelah pembelian adalah menilai produk atau jasa yang telah digunakan dan menentukan kadar kepuasan atau ketidakpuasan konsumen terhadap produk atau jasa tersebut. Dari pengalaman konsumen tersebut dapat menimbulkan suatu tindakan pembelian berulang serta menciptakan suatu informasi serta referensi bagi konsumen lain yang memiliki kebutuhan sama.

 

Pembahasan terkait lainnya : 

 




 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Manajemen Pemasaran